12 Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat, Bye Bintik Hitam!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 21 September 2023 23:42
12 Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat, Bye Bintik Hitam!
Skincare penghilnag bekas jerawat umumnya mengandung bahan-bahan yang menghambat produksi melanin. Selain bintik hitam hilang, dapat bonus wajah cerah glowing deh!

Skincare penghilang bekas jerawat adalah kunci mendapat kulit bersih, glowing, dan mulus. Memang sih bekas jerawat bisa ditutupi oleh concealer, namun tetap saja tak pede bila kamu ingin tampil minim make up.

Bekas jerawat menjadi masalah besar bagi sebagian orang dan menghilangkan bekas jerawat adalah hal yang sulit. Meski bukan yang hal mudah, menghilangkan bekas jerawat dapat dilakukan dengan skincare yang tepat. 

Selain mengganggu, bekas jerawat juga memperburuk kondisi kulit dan membuat warna kulit tidak merata. Jika tidak diatasi dengan segera, bekas jerawat hitam dan membandel akan hilang dalam waktu yang lama bahkan permanen. 

Jerawat yang muncul di kulit merupakan suatu bentuk peradangan. Dan saat jerawat ini hilang, sel-sel baru bakalan dibentuk. Tapi sayagnya, sel baru ini mungkin aja mengandung zat melanin, pemberi warna pada kulit.

Nah, bila satu titik di kulit mengandung lebih banyak melanin ketimbang lainya, inilah yag disebut dengan dark spot atau bekas jerawat. Dark spot atau bekas jerawat nggak selalu muncul, tapi potensinya lebih tinggi bila jerawat kamu lama hilang atau kamu memencet jerawat. 

1 dari 4 halaman

Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat © Diadona

Skincare apa yang bisa menghilangkan bekas jerawat?

Produk skincare penghilang bekas jerawat biasanya memiliki kandungan bahan-bahan berikut ini :

Niacinamide

Niacinamide juga dikenal sebagai Vitamin B3, berfungsi membantu mengurangi perpindahan pigmen dari melanosit ke keratinosit di sekitarnya, sehingga dapat mengurangi munculnya pigmentasi tidak merata dan bintik hitam.

Vitamin C

Skincare dengan kandungan vitamin C bisa mencerahkan bintik hitam bekas jerawat dengan cara menghambat produksi melanin. Dengan pemakaian teratur, vitamin C nggak cuman memudarkan bintik hitam tapi juga membuat tampilan kulit kmau jadi lebih cerah.

AHA

AHA atau asam alfa hidroksi membantu mengeksfoliasi kulit dan menembus jauh ke dalam pori-pori untuk menghilangkan lapisan atas sel kulit mati. Nah, proses inilah yang dibutuhkan untuk memudarkan bintik hitam.

skincare untuk menghilangkan bekas jerawat © Diadona

Selain menggunakan skincare penghilang bekas jerawat, ada beberapa cara alami dan efektif lainnya untuk menyamarkannya:

Eksfoliasi secara teratur

Gunakan scrub lembut dengan bahan alami seperti oatmeal untuk membantu mengangkat sel kulit mati secara alami.

Gunakan Masker Wajah

Carilah masker dengan bahan anti inflamasi seperti kunyit dan madu, yang kaya dengan sifat antibakteri untuk membantu melawan bakteri

Gunakan Tabir Surya

Paparan sinar matahari dalam waktu lama adalah salah satu penyebab utama hiperpigmentasi, jadi pastikan untuk melindungi kulit kamu dari sinar UV dengan menggunakan suncreen ya!

2 dari 4 halaman

Berikut adalah rekomendasi skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah kulitmu.

Oh iya perlu diketahui kalau urutan rekomendasi produk di bawah ini nggak berdasarkan ranking ya!

1. N’Pure Spot Treatment Dark Spot (Rp 65.550 - Rp. 75.050)

Skincare Penghilang Bekas Jerawat - N’Pure Spot Treatment Dark Spot © Diadona

Dilansir melalui offical website N’Pure, kombinasi Vitamin C, Vitamin E, dan Ferulic Acid yang optimal dalam N’Pure Spot Treatment Acne Spot/Dark Spot dapat memudarkan noda hitam bekas jerawat serta flek yang diakibatkan sinar UV.

Kamu bisa gunakan produk pada pagi dan malam hari pada area noda hitam di wajahmu untuk hasil maksimal.

2. Implora Dark Spot Treatment (Rp 29.000)

Skincare Penghilang Bekas Jerawat -Implora © Diadona

Tenang aja, Diazens, murah nggak selalu berarti murahan, loh!

Dengan harga yang terjangkau, kami bisa mendapatkan dark spot treatment dengan kandungan Niacinamide, Licorice Extract, hingga Kakadu Plum Extract yang efektif membantu memudarkan hiperpigmentasi akibat jerawat pada kulit. Produk ini juga membantu mengurangi pembentukan melanin, serta memberikan efek mencerahkan alami. 

3. SKINTIFIC SymWhite 377 Dark Spot Serum (Rp 135.000)

Skincare Penghilang Bekas Jerawat - SKINTIFIC SymWhite 377 Dark Spot Serum © Diadona

Mengandung SymWhite 377, Niacinamide, Tranexamic Acid, SKINTIFIC SymWhite 377 Dark Spot Serum dapat mencerahkan kulit dan memudarkan noda hitam. Kandungan SymWhite 377 juga dapat meminimalisir produksi melanin pada kulit. Tranexamic Acid pada serum ini berfungsi meratakan warna kulit dan menyamarkan pori-pori wajah. 

3 dari 4 halaman

4. Y.O.U Acne Plus Triple Action Spot Care (Rp 30.960)

Skincare Penghilang Bekas Jerawat - Y.O.U Acne Plus Triple Action Spot Care © Diadona

Skincare untuk menghilangkan bekas jerawat identik dengan spot care atau obat totol. Y.O.U Acne Plus Triple Action Spot Care mengandung Centella Asiatica dan Herbal Fusion Active di mana menurut penelitian, kandungan ekstrak methanol pada Centella Asiatica teruji melawan aktifitas bakteri pada kulit.

Centella Asiatica yang terdapat pada skincarei juga dapat meredakan peradangan dan meratakan warna kulit, khususnya noda hitam bekas jerawat. Dengan harga yang terjangkau, spot care milik Y.O.U ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang masih remaja. 

5. Whitelab A-Dose+ Glowing Serum (Rp 76.000)

Whitelab A-Dose+ Glowing Serum © Diadona

Diformulasikan dengan kandungan utama Alpha Arbutin yang dapat membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Dilansir melalui official website Whitelab, serum ini menjadi salah satu skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang efektif.

Ini karena kandungan Arbutin 2%, ChromeBright Molecule, dan Hyalu Complex-10 yang berfungsi mencerahkan kulit, merawat kelembapan, menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat di wajah.

6. Somethinc Dark Spot Reducer Ampoule (Rp 139.000)

Skincare Penghilang Bekas Jerawat - Somethinc Dark Spot Reducer Ampoule © Diadona

Dapat menyamarkan flek hitam dalam 4 minggu, Somethinc Dark Spot Reducer Ampoule juga bisa jadi salah satu rekomendasi skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu coba.

Dengan 2x Powerful Brightening Combo, serta kandungan Tranexamoryl Dipeptide-25, Pro Vitamin B5, dan Oligopeptide-2, serum ini dapat menyamarkan noda hitam, meremajakan dan menjaga elastisitas kulit, hingga menyamarkan bekas jerawat PIE PIH.

7. AXIS-Y Dark Spot Correcting Glow Serum 50 ml (Rp 199.000)

Skincare Penghilang Bekas Jerawat - AXIS-Y Dark Spot Correcting Glow Serum 50 ml © Diadona

Serum dengan kandungan utama Niacinamide 5% ini dapat membantu memudarkan noda hitam dan meratakan warna kulit. Selain itu, AXIS-Y Dark Spot Correcting Glow Serum mengandung Squalane, Sea Buckthorn, Allantonin, Papaya, Rice Bran, dan Calendula yang mengurangi flek dan noda hitam bekas jerawat, serta menghaluskan tekstur kulit. 

Untuk harga yang cukup mahal, kamu bisa mengivestasikan uangmu melalui skincare untuk menghilangkan bekas jerawat ala Korea Selatan yang diformulasi dengan kandungan natural dan efisien menutrisi kulit wajahmu.

4 dari 4 halaman

8. Lacoco Darkspot Essence (Rp 198.000)

Skincare Penghilang Bekas Jerawat - Lacoco Darkspot Essence © Diadona

Untuk memperbaiki kondisi kulit akibat bekas jerawat, skincare untuk menghilangkan bekas jerawat satu ini bisa kamu gunakan di malam hari. Lacoco Darkspot Essence diformulasi dengan zat yang telah teruji untuk memudarkan flek hitam, mengangkat sel kulit mati, hingga membersihkan kulit mati dengan kandungan Propylene glicol, Glycolic Acid, Niacinamide, Tranexamic, dan lain-lain.

9. MS Glow Dark Spot Serum (RP100.000)

Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat -MS Glow Dark Spot Serum © Diadona

Serum ini diformulasikan khusus untuk memudarkan bintak hitam akibat hiperpigmentasi. Produk ini merupakan spot treatment yang dilengkapi 3 kandungan yaitu Melazora, Niacinamide, DNaura. MS Glow Dark Spot Serum juga disebut bisa mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

10. Trueve Luminous Dark Spot Brightening Serum (Rp182.000)

Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Trueve Luminous Dark Spot Brightening Serum © Diadona

Komponen utama serum penghilang bekas jerawat ini adalah Niacinamide 10% dan juga 6 jenis Ceramide. Karena komposisi itulah, Trueve Luminous Dark Spot Brightening Serum nggak cuman menghilangkan bekas jerawat tapi juga merawat, melindungu dan memperkuat skin barrier kamu.

Nah, skin barier yang terjaga ini membuat kulit kamu nggak gampang terkena berbagai macam masalah kulit.

11. Rivera Acne & Dark Spot Corrector Serum

Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Rivera Acne & Dark Spot Corrector Serum © Diadona

Tranexamic Acid 3% & Niacinamide 10% di dalamnya mampu menenangkan jerawat yang meradang, membantu mencerahkan dan menghidrasi kulit. Agar kulit kamu nampak lembab dan sehat, produk ini dilengkapi dengan kandungan Centella Asiatica 2%. Oh iya, Rivera Acne & Dark Spot Corrector Serum juga diklaim bisa mengecilkan pori-pori yang terbuka akibat jerawat lho!

Sebelum menentukan pilihan, kamu perlu ingat bahwa menghilangkan bekas jerawat memerlukan waktu dan kesabaran. Jika kamu menggunakan skincare untuk menghilangkan bekas jerawat yang tepat secara rutin dan konsisten, kamu akan mencapai kulit yang bersih dan bebas dari bekas jerawat.

Jangan lupa untuk menggunakan produk pendukung lainnya seperti sunscreen dan masker wajah untuk mendukung perawatan bekas jerawatmu. Goodluck, Diazens!

Penulis : Fishella W

 

Beri Komentar