7 Skincare Alami untuk Hilangkan Bekas Jerawat, Bikin Muka Auto Glowing Abis!

Reporter : Arifina
Senin, 7 Agustus 2023 20:17
7 Skincare Alami untuk Hilangkan Bekas Jerawat, Bikin Muka Auto Glowing Abis!
Bahan-bahan alami di rumah bisa banget buat menghilangkan bekas jerawat dengan mudah lho!

Permasalahan jerawat di wajah membuat banyak orang kurang percaya diri. Mereka akan merasa penampilannya kurang indah dipandang karena kemunculan jerawat ini.

Jerawat dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti genetik, hormon, dan lingkungan. Kemunculannya kadang juga meninggalkan bekas yang mengganggu penampilan, seperti bekas luka, hiperpigmentasi, dan bekas kemerahan.

Biasanya, penyembuhan bekas jearawat ini juga memakan waktu. Tapi, banyak cara bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat. Salah satu yang paling efektif menggunakan skincare yang tepat.

1 dari 8 halaman

skincare untuk menghilangkan bekas jerawat © Diadona

Namun, penggunaan skincare buatan terkadang tidak semua orang dapat menggunakannya. Kulit yang kurang cocok menjadikan mereka tak memanfaatkan produk-produk skincare.

Tapi, jangan khawatir, buat kamu yang memiliki kulit sensitif atau alergi terhadap produk-produk skincare di pasaran bisa menggunakan bahan-bahan alami nih untuk menghilangkan bekas jerawat membandel. Berikut diadaona.id rangkumkan dari berbagai sumber apa saja skincare alami yang bisa untuk menghilangkan bekas jearwat!

2 dari 8 halaman

1. Madu

Madu, bisa menjadi salah satu bahan alami untuk menghilangkan bekas jearwat. Madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan.

Nah, penggunannya mudah, kamu bisa menjadikan sebagai masker madu. Oleskan madu ke area wjah yang timbul bekas jerawat, diamkan selama 15 - 20 menit dan bilas dengan air.

3 dari 8 halaman

2. Lidah Buaya atau Aloe Vera

Aloe vera memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan melembabkan yang dapat membantu mengurangi peradangan, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan melembabkan kulit. Aloe vera juga dapat membantu menyamarkan bekas jerawat.

kamu cukup mengoleskan gel pada lidah buaya segar secara langsung ke wajah. Biarkan meresap kurang lebih selama 20-30 menit, dan bersihkan dengan air.

4 dari 8 halaman

3. Air Lemon

lemon © Diadona

Lemon memiliki sifat astringen yang dapat membantu mengencangkan pori-pori dan menyamarkan bekas jerawat. Namun, lemon juga dapat bersifat asam, sehingga tidak boleh digunakan pada kulit yang sensitif.

Kamu bisa memanfaatkan air lemon sebagai toner dengan kapas dan tempelkan pada area bekas jerawat. Disarankan hindari paparan sinar matahari secara langsung setelah penggunaan ya!

Hal ini karena kandungan lemon yang mudah meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar UV. Sebaiknya, saat perawatan dilakukan di malam hari, agar prosesnya lebih maksimal.

5 dari 8 halaman

4. Teh Hijau

Jenis teh hijau dipercaya dapat melawan radikal bebas dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

Untuk menghilangkan bekas jerawat, kamu bisa menggunakannya dengan cara meminum langsung sebagai perawatan dari dalam. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan teh hijau bekas yang sudah direndam dalam air dingin, lalu kompres pada bekas jerawat selama beberapa menit untuk mengurangi peradangan dan kemerahan pada wajah.

6 dari 8 halaman

5. Minyak Biji Mawar (Rosehip Oil)

Minyak biji mawar dikenal karena kemampuannya merangsang regenerasi kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Minyak ini juga mengandung vitamin A dan C, yang baik untuk kulit dan ampuh menghilangkan bekas jerawat.

Cara pemakaiannya cukup teteskan minyak biji mawar pada kapas dan usapkan pada bekas jerawat setiap malam sebelum tidur.

 

7 dari 8 halaman

6. Minyak Kelapa

Ilustrasi Minyak Kelapa dan Lemon © Diadona

Salah satu bahan alami lainnya untuk menghilangkan bekas jerawat adalah minyak kelapa. Hal ini karena minyak kelapa merupakan pelembabab alami.

Gunakan dengan mengoleskan minyak kelapa pada bekas jerawat dan pijat lembut untuk membantu penyerapan di wajah. Tunggu beberapa menit, dan bersihkan dengan air hangat.

8 dari 8 halaman

7. Pasta Baking Soda

Baking soda memiliki sifat eksfoliasi ringan yang membantu mengangkat sel kulit mati dan meratakan tekstur kulit, dan ampuh mengatasi bekas jerawat. Untuk perawatan pada wajah kamu bisa menjadikannya sebagai pasta.

Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga menjadi pasta, lalu gosokkan pasta tersebut pada bekas jerawat dengan gerakan melingkar. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air ya!

Beri Komentar