Kenali Sebelum Membeli, Ini Perbedaan AHA dan BHA pada Skincare

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 23 April 2021 16:15
Kenali Sebelum Membeli, Ini Perbedaan AHA dan BHA pada Skincare
Keduanya punya fungsi dan kandungan yang berbeda loh!

Belakangan ini makin banyak bermunculan skincare yang memiliki kandungan AHA dan BHA. Bisa dibilang, 2 kandungan ini populer banget dan banyak dicari masyarakat.

Meski terlihat serupa, AHA dan BHA punya fungsi dan kandungan yang berbeda loh.. Daripada salah membeli, yuk cari tahu perbedaan keduanya lewat ulasan singkat berikut ini.

1 dari 6 halaman

Perbedaan AHA dan BHA

Ilustrasi Kulit Kering © Diadona

AHA merupakan singkatan dari Alpha Hydroxy Acid. Terdiri dari beberapa senyawa berupa asam glikolat (dari tebu), asam laktat (dari susu), asam malat (dari apel), serta asa sitrat (dari jeruk). AHA tergolong sebagai zat asam yang mudah larut dalam air.

Biasanya, AHA terkandung dalam produk anti-aging yang diformulasikan untuk meningkatkan jumlah kolagen dalam kulit. AHA juga mampu menghempaskan lapisan kulit paling luar, sekaligus merangsang pertumbuhan kulit baru.

2 dari 6 halaman

Kandungan AHA bekerja dengan melelehkan lem antar sel, sehingga sel-sel yang sudah mati bisa terlepas secara alami. Oleh karena itu, AHA dipercaya bisa mengeksfoliasi permukaan kulit dan meningkatkan kadar kelembapan pada kulit.

Dengan berbagai fungsi tersebut, AHA sebaiknya diaplikasikan pada jenis kulit yang normal dan kering. Sebab, AHA bisa membantu mengembalikan kelembapan sekaligus meremajakan kulit.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Kulit Berminyak © Diadona

BHA merupakan singkatan dari Beta Hydroxy Acid, dan hanya terdiri dari satu senyawa yakni asam salisilat atau salicylic acid. Sebagai turunan dari salicylic acid, BHA diperoleh dari willow bark tree dan buah-buah sitrus.

BHA tidak larut dalam air, tapi justru dalam minyak atau lemak. BHA bisa menembus pori-pori lebih dalam untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk dan menyumbat.

4 dari 6 halaman

Selain itu, BHA juga memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti bakteri. Kandungan tersebut membuat BHA bisa mengatasi kelebihan minyak pada wajah, mengatasi jerawat, serta komedo.

Dengan formula demikian, BHA tentunya lebih cocok diaplikasikan pada jenis kulit berminyak bahkan kombinasi. Penggunaan BHA bisa membantu mengatasi pori-pori yang tersumbat dan mencegah timbulnya jerawat.

5 dari 6 halaman

Bisakah AHA dan BHA digunakan bersamaan?

Ilustrasi Skincare yang mengandung AHA BHA © Diadona

Dengan kandungan yang berbeda, AHA dan BHA tetap bisa digunakan secara bersamaan. Apalagi jika kamu ingin mengatasi kulit berjerawat sekaligus merawat kulit agar awet muda.

Namun sebaiknya, penggunaan AHA dan BHA jangan dalam satu waktu. Kamu bisa menggunakan secara bergantian. Misalnya, gunakan AHA saat pagi hari sedangkan BHA di malam hari. Atau bisa juga hari ini menggunakan AHA, kemudian BHA di keesokan harinya.

Beri Komentar