Jangan Buru-Buru Dipotong, Kamu Bisa lho Memperbaiki Rambut Bercabang dengan Cara Ini!

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 11 Juni 2020 20:30
Jangan Buru-Buru Dipotong, Kamu Bisa lho Memperbaiki Rambut Bercabang dengan Cara Ini!
Yuk, intip alternatif lainnya untuk mengatasi rambut bercabang!

Rambut bercabang kadang suka bikin kesel ya. Gimana nggak, ujung rambut yang bercabang memang bisa buat penampilan kita jadi kurang oke. Nggak mau kan?

Saat ujung rambut bercabang, kebanyakan dari kita langsung kepikiran untuk memotongnya ya. Memang hal ini jadi salah satu cara yang kerap dilakukan.

Tapi, bila kamu masih nggak ingin untuk merubah gaya rambut, kamu bisa lho gunakan alternatif lainnya dengan cara memperbaiki rambut yang bercabang. Gimana caranya? Simak yuk sederet tipsnya dari Jonathan Colombini, penata rambut para selebriti Paris yang dilansir dari Makeup.

1 dari 6 halaman

Gunakan Sampo dan Kondisioner untuk Rambut Bercabang

Ilustrasi keramas © Diadona

Saat mulai muncul ujung-ujung rambut yang bercabang, saatnya nih kamu buat mengganti sampo dan kondisioner yang memang khusus untuk mengatasi masalah rambut ini.

Colombini menyarankan untuk memakai sampo dan kondisioner yang berfungsi memperbaiki ujung rambut.

" Gunakan sampo dan kondisioner yang menargetkan ujung rambut yang bercabang dan memperbaikinya dengan mengembalikan kelembaban ke folikel rambut," kata Colombini.

2 dari 6 halaman

Hindari Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut

Ilustrasi menyisir rambut © Diadona

Kadang kita suka nggak sadar ya melakukan berbagai hal yang bikin rambut kita jadi patah dan meninggalkan ujung rambut yang kusut. Misalnya, mengikat rambut kuat-kuat atau menyisir rambut dengan kasar.

" Perawatan rambut dasar bisa membantu mencegah kerusakan," kata Colombini.

Ia juga menyerankan nih buat kamu yang ska mengikat rambut, sebaiknya agar menggunakan ikatan rambut yang lembut.

" Gunakan ikatan rambut yang lembut dan jaga agar ujung rambut tetap lembab untuk mencegah melemahnya rambut."

3 dari 6 halaman

Gunakan Masker Rambut

Ilustrasi Pemakaian Masker Rambut © Diadona

Untuk merawat rambut yang sedang bermasalah, kamu juga bisa menggunakan masker rambut yang melembapkan, cukup sekali seminggu.

Kamu bisa mengaplikasikan masker rambut favoritmu sehabis keramas. Setelah mengaplikasikan, kamu bisa mendiamkan rambut sejenak sembari kamu menyelesaikan mandi. Baru deh setelahnya bilas hingga bersih.

4 dari 6 halaman

Hindari Menggunakan Catok

Ilustrasi memakai catok © Diadona

Meski sulit, menghindari menggunakan catok saat rambut bermasalah sangat direkomendasikan lho. Hal ini untuk menjaga agar helai rambutmu tumbuh dengan sehat.

Apalagi bila kamu suka nih memakai catok dengan suhu yang tinggi. Melansir dari laman Elle, rambut mencapai tingkat kemampuan optimalnya pada suhu 180 derajat, jadi apabila melebihi itu bisa mengakibatkan rambut jadi rusak.

Suhu yang tinggi ini bisa merusak keratin rambut yang berkontribusi dalam memberikan kilau, kekuatan, dan kelembutan pada rambut.

5 dari 6 halaman

Pergi ke Salon

Ilustrasi Perawatan Rambut di Salon © Diadona

Terlepas dari semua upaya yang sudah kamu lakukan dan ternyata belum juga berhasil, kadang memotong rambut memang jadi solusi akhir.

Dikutip dari Elle, pemilik sekaligus direktur kreatif dari salon Hare & Bone yang berbasis di London Sam Burnett mengatakan saat rambut bercabang tanpa adanya perawatan, rambut akan terus patah dan pecah sepanjang batang rambut.

 

6 dari 6 halaman

Apalagi bila kamu sedang bosan dengan gaya rambutmu yang sekarang, pas banget kan kamu bisa ganti gaya rambut baru yang lebih fresh.

Tapi, bila kamu nggak ingin mengubah gaya rambut, kamu bisa kok meminta hairstylist di salon untuk hanya memangkas seminimal mungkin agar tetap menjaga panjang potongan rambutmu.

Nah, itu dia sederet cara yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan rambut bercabang. Kalau kamu, biasanya apa nih yang kamu lakuin saat rambut bercabang? Share di kolom komentar ya.

Beri Komentar