Sering Pakai Topi Bisa Bikin Rambut Rontok, Beneran Nggak ya?

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 6 Juni 2020 17:30
Sering Pakai Topi Bisa Bikin Rambut Rontok, Beneran Nggak ya?
Bener nggak ya? Cek ulasannya di bawah yuk!

Sama seperti bandana atau aksesoris lainnya, topi jadi salah satu pemanis yang biasa kita pakai untuk melengkapi penampilan. Apalagi buat cowok ya, topi sepertinya jadi style tersendiri.

Tapi, pernah denger nggak sih bahwa topi bisa bikin rambut kita jadi rontok? Kali ini, kita bakal ulas nih beneran nggak ya hal ini atau itu cuma sekadar mitos. Penasaran? Let's check it out.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Memakai Topi © Diadona

Dikutip dari Time, menurut ahli bedah plastik spesialisasi pemulihan rambut sekaligus asisten profesor klinis di Mount Sinai Medical Center, Kota New York, Michael Wolfed, rambut rontok karena pakai topi bisa saja terjadi bila kamu memakainya terlalu ketat.

" Saya pikir jika seseorang mengenakan topi yang sangat ketat dan untuk jangka waktu yang lama seperti setiap hari, berbulan-bulan atau bertahun-tahun berturut-turut, itu bisa menyebabkan kerusakan pada rambut,” kata Wolfed yang dikutip dari Time.

Tapi, kebanyakan orang nggak akan memakai topi sekencang itu kok yang bisa menyebabkan rambut rontok.

2 dari 4 halaman

Dampak Memakai Topi Terlalu Ketat

Melansir dari Keeps, bila kamu memakai topi secara ketat dan terus menerus, kamu bisa mengalami traction alopecia atau kerontokan rambut secara bertahap akibat penarikan berulang atau ketegangan rambut. Berita bagusnya, peluang untuk mengalami hal ini sangat tipis.

Dermatologis lainnnya, dr. Hayley Goldbach mengatakan topi yang terlalu ketat mungkin bisa menyebabkan iritasi atau peradangan pada folikel rambut.

Meski begitu, itu bukan menjadi penyebab utama kerontokan dan kebotakan rambut. Hanya salah satu penyebabnya saja.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi wanita memakai topi © Diadona

Seperti bila kita menarik rambut ke belakang, misalnya saat menguncir rambut model ponytail, hal ini bisa menyebabkan tekanan yang menarik folikel rambut kita.

Bila melakukannya dalam jangka waktu yang lama, tekanan ini bisa menyebabkan rambut jadi rontok. Menurut penelitian, faktor genetika malah jauh lebih berperan dalam menyebabkan kerontokan bahkan kebotakan rambut.

Sayangnya, harus diakui bahwa bahan yang digunakan dalam topi seperti pewarna atau jenis kain juga bisa ikut berperan lho dalam masalah rambut ini.

4 dari 4 halaman

Tapi jangan khawatir, menurut ahli secara umum topi punya kemungkinan yang kecil kok dalam menyebabkan kerontokan rambut. Justru topi bisa melindungi kulit kepala dan wajahmu dari sinar UV yang berbahaya.

So, nggak usah khawatir ya. Tapi tetap pastikan kamu nggak memakai topi dengan ketat.

Beri Komentar