Keramas Setiap Hari Bikin Rambut Rusak, Terus Gimana Dong?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Rabu, 5 Februari 2020 15:46
Keramas Setiap Hari Bikin Rambut Rusak, Terus Gimana Dong?
Seberapa sering kamu keramas? Tiga hari sekali? Dua Hari sekali? atau justru setiap hari?

Sensasi segar dan fresh yang kita rasain sehabis keramas emang bikin kita yang capek jadi semangat lagi. Karena ini juga kan sebagian dari kita bahkan keramas rambut setiap hari.

Nggak ada salahnya memang, tapi kamu tahu nggak sih kalau ternyata jenis rambut tertentu jika dikeramas setiap hari justru dapat merusak rambut lho.

Meski tujuan dari keramas itu membersihkan rambut, tapi keramas setiap hari bisa bikin rambutmu kusam, kusut dan kering. Ada kalanya kamu perlu membiarkan rambutmu memberitahumu "hey, ayo keramas!" dengan cara-cara alaminya.

Jadi kamu perlu tahu jenis apa rambutmu dan berapa kali ia membutuhkan untuk keramas. Dilansir dari Boldsky.com ini, cari tahu yuk!

1 dari 5 halaman

1. Rambut Berminyak - Minimal Seminggu Sekali

Ilustrasi Rambut © Diadona


Rambut berminyak emang bikin gemes, akhirnya kamu keramas rambut tiap hari?
Nah itu dia, rambut yang berminyak memang memiliki produksi minyak yang lebih banyak dari lainnya. Tapi jika kamu keramas rambut setiap hari, rambutmu justru akan makin memproduksi minyak lebih banyak. Karena pada tiap keramas kamu membersihkan minyak-minyak itu.

Jadi, lebih baik jika kamu mencuci rambutmu beberapa hari sekali. Kamu perlu melihat kondisi rambutmu kembali, jika minyak yang dihasilkan belum terlalu banyak, maka kamu perlu menunda keramasmu.

2 dari 5 halaman

2. Rambut Kering - Dua Kali Seminggu

Ilustrasi Rambut © Diadona


Rambut kering mnandakan jika kamu tidak memiliki produksi minyak yang cukup. Shampo memiliki kandungan yang dapat menghilangkan minyak rambut. Nah jika rambutmu sendiri tidak memproduksi minyak yang cukup, keramas rambut yang sering judtru membuat rambutmu makin kering. Karena itu kamu dapat mencuci rambutmu 2-3 hari sekali.

Tips: Kamu dapat mengoleskan minyak rambut pada rambutmu semalam sebelum kamu mencucinya di besok paginya. Dan jangan lupa, pakai conditioner ya!

3 dari 5 halaman

3. Rambut Normal - Tiga Hari Sekali

Ilustrasi Rambut Panjang © Diadona


Selamat kamu tidak memiliki rambut yang susah di atur. Iya, rambut normal itu rambut yang tidak terlalu tebal, tidak terlalu kering, tidak terlalu berminyak. Simplenya, rambut yang mudah diatur.

Secara normal kamu bisa mencuci rambutmu tiga hari sekali, agar kotoran tidak menumpuk di kulit rambut.

4 dari 5 halaman

4. Rambut Tebal - Seminggu Sekali

Ilustrasi Rambut © Diadona


Mencuci rambut yang tebal memang cukup males ya. Karena kamu harus membersihkan dengan lebih ekstra tenaga.

Tapi rambut tebal bermanfaat untuk mencegah adanya penumpukan minyak lho. Rambut jenis ini juga bermanfaat menyalurkan minyak ke seluruh bagian rambut. Jadi, rambut tebal membuat rambutmu lebih lama kotor dan lebih kuat.

Karena itu untuk aktivitas yang normal, kamu bahkan bisa mencuci rambutmu sekali dalam seminggu.

5 dari 5 halaman

5. Rambut Rusak - Setiap Tiga Hari

Ilustrasi Rambut © Diadona

Ada banyak alasan yang menyebabkan rambutmu rusak, karena itu jangan sampai membuatnya makin rusak lagi.

Karena itu kamu perlu memastikan kalau kamu tidak keramas sebelum rambutmu terlihat kotor atau memproduksi binyak yang berlebih. Sehingga minyak alami yang dihasilkan rambut tidak akan memperparah kerusakan rambut.

Tips: Jangan lupa lakukan hairmask sendiri di rumah dan tambahkan conditioner saat kamu keramas.

Itu dia lima jenis rambut dan kapan kamu harus mencucinya. Merawat rambut memang tidak mudah, tapi seperti kata pribahasa " rambutmu adalah mahkotamu" .

Jadi jangan bosan merawat rambut ya!

Beri Komentar