15 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Mengelupas pada Wajah dan Kulit Kepala secara Tradisional

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 17 Januari 2020 19:38
15 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Mengelupas pada Wajah dan Kulit Kepala secara Tradisional
Nggak cuman sekedar pelmebba, ada banyak cara mengatasi kulit kering untuk membuatnya tetap terhidrasi.

Setiap tipe kulit wajah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-maing. Kalau wajah berminyak bikin mudah jerawata, tipe kulit kering cenderung bikin wajah terlihat kusam karena kurangnya produksi minyak alami di wajah. Ditambah, kulit kering mempromosikan penuaan dini yang lebih cepat dan garis halus yang mudah terlihat.

Kulit kering pada wajah umunya terjadi karena beberapa faktor, diantaranya cuaca, kondisi kulit, atau karena penggunaan sabun wajah yang tidka sesuai. Meski begitu, kulit kering ini sangat mudah ditakhlukkan kok. Ada banyak cara mengatasi kulit kering yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, atau cukup dengan mengubah metode perawatan wajah yang kamu lakukan.

1 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

Ilustrasi Wanita Cuci MukaIlustrasi Wanita Cuci Muka © 2019 https://www.diadona.id

Kulit kering biasanya disertai dengan kusam karena minimnya produksi minyak di wajah. Kulit wajah yang kering juga rentan pada terjadinya penuaan dini melalui munculnya garis-garis halus di wajah.

Cuci Muka dengan Lembut

Fase membersihkan wajah merupkan hal yang sangat penting bila berhadapan dengan kulit kering. Terlebih saat sedang berjerawat, metode pembersihan yang salah akan membuat luka di kulit sehingga bakteri bisa masuk dan membuat jerawat makin parah.

Untuk kamu yang berkulit wajah kering, usahakan mencuci wajah dengan lembut dan hati-hati. Hindari penggunaan scrub yang terlalu keras. Setelah mencuci wajah, usahakan untuk menggunakan toner sebagai penyeimbang alami kulit. Cara mengatasi kulit kering dengan cuci muka ini termasuk langkah yang sederhana sekaligus sangat penting.

Jangan Mandi Air Hangat

Air hangat bisa membuat kulit kamu kering dengan menghilangkan minyak yang secara alami sudah ada di dalam kulit kamu. Kalau perlu, persingkat waktu mandi kamu. Ini bisa menjadi cara mengatasi kulit kering karena bisa menghindari dari paparan air yang tidak perlu.

Oleskan Pelembab

Kulit kamu pasti akan terasa sangat kering setelah mandi. Cara mengatasi kulit kering tersebut bisa dengan mengoleskan pelembab atau lotion. Ini penting untuk mempertahankan kelembaban alami kulit kamu. Yang penting, hindarkan dari kandungan alkohol dan aroma yang kemungkinan beresiko membuat kulit kamu jadi teriritasi

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

Ilustrasi yogurtIlustrasi yogurt © rd.com

Kondisi kulit kering hingga parah biasanya tidak jarang membuat bagian luar jadi terkelupas. Nggak cuman itu, kadang juga disertai dengan ruam dan rasa perih pada kulit. 

Petroleum Jelly

Petroleum jelly telah dikenal dan digunakan sejak lama sebagai pelembab. Nggak cuman untuk kulit saja, petroleum jelly digunakan sebagai pelumas pada peralatan laboratorium. Cara mengatasi kulit kering dengan petroleum jelly ini dibuktikan dengan penelitian di tahun 2017, di mana petroleum jelly juga bisa merawat kulit kering akibat penuaan.

Perawatan dengan Yogurt

Yogurt plain memasuki tingkat kepopulerannya akhir-akhir ini karena manfaatnya bagi kesehatan. Di waktu yang sama, yogurt juga masuk dalam rutinitas perawatan kulit. Banyak klaim yang digemborkan oleh banyak orang mengenai manfaat yogurt namnun hanya beberapa yang telah teruji secara ilmiah, termasuk dalam cara mengatasi kulit kering.

Nggak cuman dijadiin masker, konsumsi yogourt juga telah teruji dapat meningkatkan kerapatan celah di kulit yang kering secara signifikan.

Masker Avokad

Selain vitamin E, avokad mengandung kalium, lesitin dan banyak nutrisi lain yang menyehatkan, melembabkan dan bisa sebagai cara mengatasi kulit kering. Ini karena lapisan terluat kulit mudah menyerap nutrisi ini sekaligus membantu membentuk sel kulit baru.

Susu

Susu bisa sebagai cara mengatasi kulit kering, tapi bukan dengan diminum, lho! Dalam sebuah uji pada tikus menyebut kalau susu yang ditambahkan pada makanan dapat meningkatkan kelembaban kulit. Sayangnya, masih harus dilakukan uji lebih lanjut tentang keampuhannya

Gunakan Pembersih Wajah Khusus Kulit Kering

Kalau kamu memiliki wajah kering, pilih gunakan sabun atau pembersih yang nggak mengandung bahan-bahan keras seperti alkohol, retinoid atau asam alfa hidroksi. Karena bahan-bahan ini bisa bikin kulit kamu makin kering dan menyebabkan iritasi atau peradangan.

Madu

Berbagai penelitian telah menyebut kalau madu bisa jadi cara merawat kulit kering yang ideal, dan bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah dan murah. Gunakan sebagai masker di wajah atau seluruh tubuh sebelum mandi, lalu bilas hingga bersih.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Wajah Kering secara Tradisional

Ilustrasi Minyak Kelapa dan LemonIlustrasi Minyak Kelapa dan Lemon © 2020 https://www.diadona.id

Cara mengatasi kulit kering bisa kamu lkukan dengan bahan-bahan tradisional yang sejak dulu dikenal memberi kelembaban pada kulit.

Minyak Kelapa

Sebuah studi di tahun 2014 lalu menyatakan kalau minyak kelapa bisa menjadi cara mengatasi kulit kering dengan efektifitas yang sama dengan petroleum jelly. Ini karena minyak kelapa bisa meningkatkan hidrasi kulit serta meningkatkan jumlah lemak pada permukaan kulit. Selain itu, minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang punya sifat sebagai pelembab dengan mengisi celah di kulit yang kering.

Minyak Biji Bunga Matahari

Dikutip dari healtline (17/01), cara mengatasi kulit kering bisa dilakukan dengan minyak biji bunga matahari. Sebuah penelitian di tahun 2013 lalu membuktikan kalau minyak ini bisa meningkatkan hidrasi pada kulit kering.

Penelitian ini juga sekaligus menegaskan kalau minyak zaitun tidak baik untuk kulit kering karena secara signifikan bisa merusak kulit. 

Lidah Buaya

Gel lidah buaya sudah terbukti punya manfaat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit, salah satunya sebagai cara mengatasi kulit kering. Gel lidah buaya mengandung kadar air tinggi sehingga membantu hidrasi pada kulit kering.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering

Ilustrasi Rambut RusakIlustrasi Rambut Rusak © 2019 https://www.diadona.id/@epiphanydermatology

Mengapa kulit kepala bisa kering? Ini terjadi saat kulit kepala nggak cukup punya minyak untuk melumasi kulit. Seperti halnya dengan kulit badan, kondisi ini bisa mengakibatkan gatal dan iritasi. Dan ini biasanya juga terjadi pada mereka yang punya kulit badan kering.

Tea Tree Oil

Cara mengatasi kulit kering bisa dilakukan dengan minyak yang satu ini karena tea tree oil punya manfaat sebagai antiseptik, antifungal dan antibiotik yang kuat. Masalah ketombe yang sering terjadi pada kulit kepala kering juga bisa diatasi dengan minyak ini lho.

Kamu bisa mengambil manfaat tea tree oil langsung dalam bentuk minyak atau dari shampoo dengan kandungan minyak ini.

Pisang

Kamu mungkin pernah membaca kalau pisang bisa digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering. Uniknya, manfaat yang sama dari buah pisang ini bisa kamu terapkan untuk kulit kepala kamu. Untuk menggunakannya, hancurkan pisang lalu aplikasikan di kulit kepala kamu. Pijat sebentar lalu diamkan 10 - 15 menit.

Kombinasi Yogurt dan Telur

Keduanya bisa jadi kombinasi unik untuk menu sarapan sehat, sekaligus bisa sebaagi cara mengatasi kulit kering pada kepala. Yogurt bisa menyejukkan kulit yang terkelupas, sedangkan kandungan lemak dan protein telur bisa mencegah sel kulit kepala mengalami kerusakan.

Beri Komentar