22 Manfaat Minum Kopi Hitam Pahit Tanpa Gula di Pagi Hari

Reporter : Sofi
Kamis, 16 Januari 2020 14:46
22 Manfaat Minum Kopi Hitam Pahit Tanpa Gula di Pagi Hari
Taukah kamu jika meminum kopi dapat memperlancar dietmu? Berikut adalah manfaat kopi yang harus kamu ketahui.

Kopi adalah salah satu minuman yang populer di dunia. Hal ini karena tingginya tingkat antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat, juga menyehatkan. Kopi mengandung beberaa nutrisi penting, termasuk
riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, magnesium, dan niasin.

Penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah dari penyakit serius. Berikut adalah manfaat minum kopi yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Manfaat Minum Kopi Pahit

Ilustrasi Minum Kopi © Diadona

Kebanyakan orang suka kopinya untuk terasa pahit. Tahukah kamu dari kopi pahit tersebut terdapat manfaat yang bisa kamu dapat? Berikut adalah manfaat minum kopi pahit yang harus kamu ketahui.

1. Mendukung kesehatan tulang

Manfaat minum kopi yang pertama adalah mendukung kesehatan tulang. Kekurangan kalsium menjadi salah satu hal yang paling sering menyebabkan penyakit tulang. Penyakit ini lebih sering terjadi pada orang tua terutama wanita yang sudah mengalami menopause.

Hal ini disebabkan karena masa kalsium dalam tubuh tidak bisa diserap oleh tulang dengan baik. Kalsium yang terkandung dalam kopi bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah semua jenis keluhan pada tulang baik untuk wanita dan pria.

2. Membantu fungsi kognitif otak

Manfaat minum kopi selnjutnya adalah membantu fungsi kognitif otak. Kafein adalah stimulan psikoaktif yang bereaksi dengan tubuh dan dapat meningkatkan suasana hati, energi, dan fungsi kognitif seseorang. Dengan demikian, membuat kamu relatif pintar selama periode waktu tertentu.

3. Memperpanjang umur

Pernah ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur, dua hingga empat cangkir tiap harinya memiliki resiko kematian yang lebih rendah, dibandingkan orang-orang yang jarang mengonsumsi kopi tiap harinya. Jadi tidak ada salahnya untuk kalian mencoba meminum kopi setiap hari, meskipun rasanya sedikit pahit, namun memiliki khasiat yang luar biasa.

4. Menjaga mood

Salah satu manfaat minum kopi pahit untuk kesehatan terbaik adalah dapat membantu menjaga pikiran dan tubuh tetap muda. Minum minuman ini dua kali sehari, bisa mencegah penyakit Parkinson. Karena kafein meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh.

Dopamin juga dapat secara efektif meningkatkan suasana hati kamu. Ini juga merupakan obat terbaik untuk mencegah depresi.

5. Meredakan sakit kepala

Salah satu manfaat minum kopi pahit adalah mengatasi sakit kepala. Kopi hitam dapat menenangkan pikiran sehingga menjadi aman. Namun ingat untuk tidak mengonsumsi kopi hitam dalam jumlah yang berlebih. Konsumsilah sebatas yang kamu butuhkan saja.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minum Kopi Hitam

Ilustrasi Kopi © Diadona

Manfaat minum kopi bisa di dapat ketika kamu meminumnya dalam bentuk kopi hitam. Berikut adalah manfaat minum kopi hitam yang harus kamu ketahui.

1. Mencegah kanker kulit

Manfaat minum kopi hitam ini bisa untuk mencegah kanker kulit. Orang yang minum sedikitnya empat gelas kopi sehari memiliki risiko 20% lebih rendah terserang kanker kulit melanoma (jenis kanker yang berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin) dibandingkan bukan peminum kopi. Tentu saja bukan berarti kita hanya harus minum kopi setiap harinya untuk terhindar dari kanker kulit.

Kafein yang terkandung di dalam kopi diyakini bisa bermanfaat membantu menekan sel-sel tubuh yang berpotensi menjadi kanker saat terkena matahari. Selain itu, zat yang terkandung di dalam kopi juga diklaim bisa menangkis stres oksidatif pada kulit. Stres yang dimaksud adalah kondisi di mana kulit tubuh mengalami stres akibat terlalu banyak terpapar sinar UV, seperti kulit memerah, muncul bintik-bintik hitam, terbakar, kerusakan DNA, hingga penuaan dini.

2. Kandungan alami antioksidan

Antioksidan merupakan zat alami yang di produksi langsung oleh tubuh dari dalam. Namun terkadang jumlah antioksidan tidak mencukupi sehingga diperlukan tambahan dari luar tubuh seperti mengonsumsi buah buahan dan sayuran yang kaya akan antioksidan alami. Antioksidan memiliki fungsi untuk menangkal serangan radikal bebas yang membuat penuaan dini pada kulit. Adapun sumber antioksidan alami selain dari buah adalah dengan mengonsumsi kopi hitam.

3. Membantu daya ingat

Manfaat minum kopi hitam juga untuk pikiran. Ini membantu otak untuk tetap aktif, yang membantu meningkatkan daya memori. Secara bersamaan, ini juga membantu menjaga saraf tetap aktif, dan karenanya mencegah demensia.

3. Membantu mengurangi berat badan

Salah satu manfaat minum kopi untuk kesehatan terbaik dari kopi hitam tanpa gula adalah membantu menurunkan berat badan yang cepat. Minuman ini membantu meningkatkan metabolisme hingga 50%, yang membuat kamu lebih banyak berolahraga di gym. Kopi hitam juga membantu membakar lemak di perut.

5. Membuat otak lebih cerdas

Universitas Harvard pernah melakukan penelitian tentang kopi, dan membenarkan pernyatan tentang kopi yang bisa mencerdaskan otak. Kafein yang terkandung di dalam kopi ternyata mambu membuat otak berfungsi dengan baik, dan bisa mengingat informasi lebih lama. Jadi kopi sangat cocok untuk teman belajar kalian dikala kalian sedang merasa suntuk.

6. Menambah nutrisi dalam tubuh

Bagi sebagian besar orang pasti masih meragukan adanya informasi ini. Namun ada hal yang perlu kalian ketahui bahwa orang yang meminum kopi lebih dari satu gelas setiap harinya, kesehatan tubuhnya akan semakin meningkat. Pasalnya selain mengandung kafein, kopi juga mengandung sebuah zat-zat seperti Riboflavin, Pantothenic Acid, Manganese and Potassium, Magnesium and Niacin.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

Ilustrasi Kopi © Diadona

Dengan kebiasaan meminum kopi di pagi hari adalah sesuatu yang baik untuk memulai harimu. Karena ada manfaat dari minum kopi di pagi hari jika kamu rutin melakukannya.

1. Meningkatkan stamina dan performa

Kafein yang terkandung dalam kopi ternyata bisa membantu tubuh untuk menyimpan energi saat sedang berolahraga. Jadi sebelum berolahraga, sebaiknya mengonsumsi kopi terlebih dahulu. Jadi pada saat olahraga, kalian memiliki stamina dan performa yang stabil, sehingga tidak mudah lelah.

2. Mengurangi risiko diabetes

Minum kopi hitam mengurangi risiko diabetes tipe 2. Ini adalah minuman yang ampuh untuk mengatur insulin yang kelewat batas pada calon penderita diabetes, apalagi jika penyakit itu menurun dalam keluarga.

3. Membantu mencegah penyakit jantung

Ketika kamu minum kopi hitam tanpa gula, itu menguntungkan jantung. Kopi mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh. Dengan demikian mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Meningkatkan produktivitas

Kopi memang bahan yang sangat baik untuk membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh dan bisa meningkatkan produktifitas. Kafein juga bisa mengirimkan efek stimulan pada saraf pusat sehingga bisa meningkatkan proses oksidasi lemak dan melancarkan proses metabolisme.

5. Membantu membersihkan saluran pencernaan

Kopi adalah minuman diuretik yang membuat kamu ingin sering 'ke belakang'. Karena itu, dengan manfaat minum kopi hitam tanpa gula, racun dan bakteri dapat dengan mudah ikut terbawa bersama feses yang dibuang.

4 dari 4 halaman

Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula

Ilustrasi Kopi © Diadona

Manfaat minum kopi untuk kesehatan akan dapat kamu peroleh jika kamu mengonsumsinya dengan tanpa gula. Berikut adalah manfaat minum kopi tanpa gula.

1. Menguatkan antioksidan dalam tubuh

Kopi hitam diklaim memiliki efek antioksidan. Secangkir kopi bisa mengandung vitamin B2, B3, B5, zat mangan, magnesium, dan potasium.

2. Memperlancar metabolisme tubuh

Agar metabolisme tubuh menjadi lancar dan kinerja organ terjaga, kopi hitam dapat memberikan manfaat tersebut. Manfaat minum kopi hitam yang satu ini cukup menjanjikan karena sudah memiliki banyak bukti.

3. Terhindar dari penyakit stroke

Pernah ada penelitian yang menyatakan jika seseorang mengonsumsi kopi secara rutin setiap harinya, 20% lebih rendah terserang penyakit stroke. Meskipun banyak yang berasumsi bahwa kopi bisa meningkatkan tekanan darah, sebenarnya efeknya terbilang sangat rendah. Itu hanya akan berefek pada seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi.

4. Memperlancar diet

Siapa sangka ternyata kopi hitam juga baik untuk diet anda. Bagi wanita memiliki berat badan yang ideal merupakan salah satu kebahagiaan tersendiri dalam hidup. Berat yang ideal membuat kamu tampil lebih percaya diri untuk mengambil peran di depan publik. Tidak usah repot-repot dengan mengonsumsi berbagai obat diet karena dengan mengonsumsi kopi hitam dapat membantumu menurunkan berat badan.

5. Membantu mencegah kanker

Dengan minum dua cangkir kopi hitam tanpa gula, kamu dapat mencegah penyakit kanker. Minuman ini mengandung sifat anti-kanker yang membantu menurunkan risiko kanker kolorektal, dan karenanya dapat menurunkan risiko kanker hati hingga 40%.

6. Melindungi hati

Mengonsumsi kopi sebanyak empat cangkir sehari bisa terhindar dari penyakit sirosis hati. Jadi asumsi tentang kopi yang memiliki efek buruk bagi kesehatan itu tidaklah benar. Jika kita mengonsumsi kopi dengan takaran yang tepat, maka kopi memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Tapi ingat, meski kopi sangat baik dan bermanfaat sehat buat fisik juga psikis. Para ahli menyarankan agar konsumsi kopi tidak dilakukan secara berlebihan. Konsumsi kopi juga harus dilakukan dengan baik dan benar. Kopi yang menyehatkan dan menurunkan berbagai risiko penyakit adalah kopi yang dikonsumsi tanpa campuran pemanis buatan atau sejenisnya. Kopi, akan lebih sehat jika ia dikonsumsi secara murni atau menggunakan gula jawa dan dinikmati setelah cukup hangat.

Masih ragu untuk meminum kopi setiap hari setelah mengetahui manfaatnya? Berikan pendapatmu mengenai manfaat kopi ini di kolom komentar ya!

Beri Komentar