12 Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Alami dan Cepat dalam 3 Hari

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Minggu, 29 Desember 2019 08:32
12 Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Alami dan Cepat dalam 3 Hari
Mata hitam sering muncul akibat kurang tidur. Meski nggak ada efek buruknya buat kesehatan, tapi keberadaannya sangat mengganggu penampilan.

Tampilan kulit bersih dan terawat kayaknya bakalan berkurang kalo kamu punya kantong mata hitam segeda gaban. Meskipun kamu dalam kondisi segar, kantong mata membuat kamu keliatan capek dan stres. Yang lebih gawat, kamu bisa kelihatan lebih tua beberapa tahun dari umur kamu yang sebenarnya.

Kantong mata memang bisa ditutup dengan make up, tapi nggak bisa seperti itu terus kan? Kamu harus mulai menghilangkan kantung mata biar kamu tetap flawless meski tanpa make up. Untuk kamu, kami sudah merangkum 12 cara menghilangkan kantung mata dari beragam sumber (17/12).

1 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami dan Cepat

Ilustrasi Teh © Diadona

Kulit di bagian sekitar mata emang tipis banget dan penuh dengan pembuluh darah yang sensitif. Maka dari itu, kantung mata bisa muncul dengan berbagai faktor penyebab. Biasanya kondisi ini akan hilang selama beberapa waktu. Berikut cara menghilangkan kantung mata secara alami dan cepat yang bisa kamu tangani dengan perawatan sendiri di rumah.

Kantong Teh

Jangan buang kantong teh yang sudah selesai diseduh. Kafein yang ada di dalam teh mengandung antioksidan kuat dan dapat meningkatkan aliran darah di kulit bawah mata dan secara lebih lanjut dapats ebagai cara menghilangkan kantung mata kamu. Teh juga disebut bisa melindungi terhadap sinar UV yang punya peran penting dalam proses penuaan kulit.

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat dengan kantong teh :
- Rendam dua kantong teh selama 3 sampai 5 menit
- Simpan kantong teh di kulkas selama 20 menit.
- Peras cairan di kantong teh dan oleskan di bagian bawah mata kamu
- Letakkan kantong teh di bawah mata selama 15 sampai 30 menit

Kompres dengan Suhu Dingin

Mengompres dengan air dingin sudah jadi cara menghilangkan kantung mata yang banyak dikenal orang. Hasilnya cukup signifikan lho, walaupun dilakukan di waktu yang singkat. Kamu bisa menggunakan apapun yang dingin, misalnya air es dingin, es batu, krim mata yang sudah ditaruh di kulkas, atau masker dingin.

Mentimun

Mungkin kamu sering melihat orang menggunakan irisan mentimun di matanya. Mentimun memang sudah dikenal efektif untuk masalah mata hitam dan bengkak, dan untuk cara menghilangkan kantung mata. Efek menenangkan yang dimiliki mentimun bisa banget untuk memberikan rasa dan tampilan segar di kulit kamu.

Vitamin C pada timun bisa 'membangunkan kulit' dan merangsang pembentukan sel baru. Sementara asam folat pada mentimun akan menstimulus antioksidan dan melawan racun penyebab mata bengkak di mata kamu. Kandungan airnya yang tinggi bisa membuat lembab mata kamu.

Dalam keadaan berbaring, letakkan irisan mentimun di setiap mata kamu sebagai cara menghilangkan kantung mata. Cobalah untuk rileks selagi kandungan alaminya meresap di kulit. Kalau kamu sudah merasa mentimunmu hangat, balik posisinya dan nikmati sensasi dingin lagi.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam

Avokad © Diadona

Nggak banget kan kalau kulit kamu yang cantik harus bersanding dengan mata hitam ala panda? Memang sih mata hitam bisa kamu tutup dengan produk concealer, kalau keadaan sudah sangat mendesak. Tapi, tetap saja kamu membutuhkan cara menghilangkan kantung mata hitam biar make up kamu makin cetar.

Avokad

Avokad mengandung banyak zat yang baik buat kulitmu. Koretenoid dalam avokad sebagai antioksidan yang bisa menghilangkan bengkak di mata. Sementara vitamin C dan E punya peran penting dalam menangkal keriput yang munculdi wajah, sekaligus sebagai cara menghilangkan kantung mata. Asam lemak di avokad bekerja untuk membuat lembut dan lembab kulit kamu.

Cara menghilangkan kantung mata dengan avokad yaitu :
- Haluskan daging buah avokad hingga berbentuk pasta
- Oleskan di bawha mata dan diamkan selama 10 menit
- bilas dengan air hangat

Oleskan Krim Pencerah Wajah

Krim pencerah wajah biasanya mengandung senyawa hidroquinon . Senyawa ini berkaitan dengan produksi melanian di kulit yang jadi penyebab mata hitam. Makanya, pengaplikasian hidroquinon bisa jadi cara menghilangkan kantung mata yang hitam.

Minyak Zaitun

Selain untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit, minyak zaitun juga bisa untuk menghilangkankan kantung mata kamu. Kandungan antioksidan di dalamnya bisa memabntu mencerahkan area bawah mata yang gelap. Oleskan minyak zaitun sebelum tidur, lalu pijat perlahan. Untuk hasil yang lebih optimal, lakukan rutin setiap hari.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kantung Mata dalam 3 Hari

Kentang © Diadona

Kantung besar di bawah mata bikin kamu terlihat cakep dan lelah. Sayangnya, kondisi ini nggak bisa sepenuhnya kamu tutupi dengan bantuan make up. Berikut cara menghilangkan kantung mata secara cepat dalam 3 hari. Cocok untuk kamu yang udah kebvuru harus tampil oke tanpa kantung mata.

Krim Retinol

Kandungan retinol sering digunakan pada produk kecantikan karena dapat mengatasi masalah jerawat, penuaan, dan kanker tertentu. Bentuknya bisa berupa gel, cairan, atau krim. Lalu, gimana retinol bisa masuk dalam cara menghilangkan kantung mata?

Saat diaplikasikan pada kantung mata, maka retinol bisa meningkatkan kekurangan kolagen. Kolagen ini punya peran penting untuk dalam elastisitas kulit kamu. Aplikasikan krim retinol satu kali dalam satu hari sekitar 1.5 jam setelah mencuci muka.

Kurangi Konsumsi Garam

Dalam jumlah yang besar, garam bisa menahan cairan di dalam tubuh. Hal ini juga lho yang bisa bikin mata kamu berkantung. Jadi untuk cara menghilangkan kantung mata dan menghindari kantung mata karena retensi air, segera kurangi asupan garam kamu.

Irisan kentang

Kentang punya kandungan enzim katekolase yang berfungsi sebagai anti-inflamantory dan dapat mengurangi hitam di bawah mata kamu. Asam sitrat dan asam fosfat bermanfaat untuk mengurangi radang dan menjaga kelenturan kulit kamu. Untuk mengaplikasikannya dalam cara menghilangkan kantung mata, kamu cukup menempelkan irisan kentang di mata kamu seperti mentimun.

4 dari 4 halaman

Cara menghilangkan Kantung Mata yang Kendur

tidur © Diadona

Kamu bisa menutupi bekas jerawat dengan foundation tebal-tebal, tapi gimana mengatasi kantung mata yang kendur? Padahal tampilan mata bisa jadi kunci untuk keseluruhan tata rias kamu lho. Nah,make up saja emang nggak cukup. Kamu beneran butuh cara menghilangkan kantung mata yang mengganggu itu.

Makan Makanan untuk Produksi Kolagen

Semakin bertambahnya umur kamu, otot dan jaringan di bawah mata kamu bakalan mengendur. Kulit kamu mulai melorot, termasuk lemak yang biasanya ada di bawah mata kamu. Namun hal ini bisa dicegah mengkonsumsi makanan tinggi vitamin C. Kok bisa? Karena vitamin C bakal membantu produksi kolagen di dalam tubuh kamu, yang secara lebih lanjut dapat sebagai cara menghilangkan kantung mata.

Kolagen juga bisa kamu temukan langsung di makanan. Contohnya, dengan mengkonsumsi kaldu ayam seminggu sekali. Dari sayuran dan buah, bisa kamu temukan di bayam, bawang, atau jamur. Yang lebih simple dan sederhana, kolagen bisa kamu dapatkan dalam bentuk suplemen dan dijual di pasaran dan bisa jadi cara menghilangkan kantung mata dengan mudah.

Tidur Cukup

Saat kurang tidur, kulit kamu nggak bakalan punya cukup waktu untuk memperbaiki dirinya sendiri. Bahkan satu malam saja kamu tidur larut nih, kantung mata bakalan nongol keesokan harinya. Maka yang termudah dalam cara menghilangkan kantung mata adalah dengan tidur cukup.

Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya bisa kamu ambil untuk hampir seluruh perawatan tubuh kamu, tidak terkecuali untuk kantung mata. Vitamin A, E, dan C pada gel lidah buaya dapat menutrisi dan memperbaiaki kondisi kulit kamu. Sebagai cara menghilangkan kantung mata, oleskan gel lidah buaya dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Beri Komentar