Bumil Lagi Puasa Ya? Perhatikan Nutrisi Ini saat Berbuka

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 9 Mei 2020 18:17
Bumil Lagi Puasa Ya? Perhatikan Nutrisi Ini saat Berbuka
Bila memilih untuk berpuasa, bumil tentu harus memperhatikan nutrisi saat berbuka puasa.

Saat hamil memang ada kelonggaran untuk tidak menjalankan ibadah puasa. Namun, bagi Moms yang ingin tetap berpuasa saat hamil pun tak apa asalkan sudah dikonsultasikan dengan dokter dan diperbolehkan untuk melaksanakan puasa.

Namun, Moms juga perlu memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi saat berbuka puasa. Dilansir dari akun Instagram @hallobumil_id, ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk menu berbuka dan ada pula beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari dulu selama masih berpuasa dalam kondisi hamil.

1 dari 2 halaman

Berbuka bisa Moms awali dengan memakan kurma atau bisa juga dengan sup bening. Kemudian, akan lebih baik jika kamu mengonsumsi nasi merah dibandingkan nasi putih karena kandungan di dalamnya baik untuk Moms dan janin.

Untuk lauk pauknya Moms dianjurkan untuk memilih bahan makanan yang mengandung protein dan zat besi yang tinggi seperti ayam, daging, telur dan juga ikan. Ditambah dengan makanan yang mengandung vitamin dan serat seperti sayur-sayuran.

2 dari 2 halaman

Sebaliknya, Moms, juga perlu menghindari beberapa makanan seperti yang terlalu manis misalnya terang bulan, cake yang sangat manis dan makanan sejenisnya. Hindari pula makan fast food seperti hamburger, kentang goreng ayam goreng serta makanan instan seperti mie instan, bubur instan dan lain-lain.

Bumil juga perlu menghindari makanan pemicu asam lambung seperti nanas, durian dan nangka. Hindari pula minum kopi dan makan gorengan saat berbuka dan juga hidangan yang mengandung zat pewarna seperti es dawet, es cendol dan yang serupa.

Nah itulah beberapa makanan yang dianjurkan dan perlu dihindari selama puasa dalan keadaan hamil. Semoga Moms dan dedek bayi di dalam kandungan sehat-sehat terus ya. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga diberikan kelancaran.

Beri Komentar