Uniknya Devil's Kettle, Air Terjun Tanpa Muara yang Masih Jadi Misteri!

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 30 September 2020 14:20
Uniknya Devil's Kettle, Air Terjun Tanpa Muara yang Masih Jadi Misteri!
Bahkan, belum ada yang membuktikan ke mana ujung aliran air terjun ini.

Air Terjun adalah salah satu tempat yang digemari para wisatawan. Selain jauh dari kota, suara air terjun dan juga pepohonan di sekitarnya membuat kita sejenak lupa dengan hiruk pikuk kota.

Air terjun sendiri adalah fenomena alam yang cukup umum terjadi. Biasanya, air terjun memiliki muara yang mengalir ke sungai ataupun laut. Namun, hal ini nggak akan kamu temukan di salah satu air terjun di Amerika Serikat ini.

Ya, Devil's Kettle adalah air terjun yang tak bermuara. Inilah yang menjadikannya unik dan berbeda dengan air terjun lain. Lalu, mengapa fenomena ini bisa terjadi? Yuk kita jalan-jalan!

1 dari 2 halaman

Devil's Kettle © Diadona

Melansir dari MPR News, Devil's Kettle terletak di Taman Nasional Judge Magney, di Grand Marais, Minnesota, Amerika Serikat. Yang menjadikan air terjun ini unik adalah karena air terjun ini tidak memiliki muara. Air terjun itu berada di atas Danau Superior sekitar 1,6 kilometer, ke pedalaman di Sungai Brule di Judge CR Magney State Park.

Air terjun ini terdiri dari dua air terjun yang terbelah oleh satu bongkahan batu besar. Anehnya, salah satu air terjun itu disebut-sebut tak memiliki muara.

Satu air terjun mengalir ke sungai dan air terjun lainnya mengalir ke lubang yang kini tak ditemukan ujungnya. Inilah yang membuat masyarkakat menyebutnya Devil's Kettle.

2 dari 2 halaman

Devil's Kettle © Diadona

Para warga telah mencoba membuktikan di mana muara air terjun ini berakhir, dengan menaruh tongkat, bola pingpong, rambu jalan, hingga GPS. Namun, hasilnya barang-barang tersebut justru nggak kembali.

Petter Mott, selaku manajer taman nasional menjelaskan jika warga meyakini air terjun bermuara ke Kanada atau ke Sungai Mississippi.

Penelitian lain mengungkapkan jika tidak ada aliran air yang benar-benar jatuh ke sungai. Hal ini diukur dari mengukur debit air di hulu dan hilir. Inilah yang membuat Devil's Kettle tetap menjadi misteri.

Terlepas dari itu semua, Devil's Kettle tetap menawarkan pemandangan yang indah. Bahkan, pengunjung kerap mengabadikan keindahan Devil's Kettle ini. Tertarik untuk membuktikan sendiri?

Beri Komentar