Pesona Menawan Deretan Sungai di Indonesia yang Mulai Jadi Destinasi Favorit Wisatawan Domestik

Reporter : Nasa
Minggu, 27 September 2020 15:13
Pesona Menawan Deretan Sungai di Indonesia yang Mulai Jadi Destinasi Favorit Wisatawan Domestik
Stereo type sungai dari lokasi kotor penuh sampah kini sudah mulai bergeser.

Pada awal tahun 2000-an, banyak sekali sungai-sungai di Indonesia yang tercemar. Baik itu oleh limbah rumah tangga, maupun limbah pabrik dengan skala pencemaran ekstream. Namun belakangan, nampaknya stereo type tersebut sudah mulai bergeser.

Seiring dengan tren wisata domestik yang semakin meningkat, sungai-sungai di Indonesia mulai dipoles sehingga bisa memancarkan pesonanya yang menawan. Tak pelak jika belakangan sungai-sungai Indonesia menjadi jujugan hiburan bagi wisatawan domestik.

Menyulap kawasan sungai menjadi destinasi wisata ternyata menjadi salah satu cara ampuh untuk menyulap sungai kumuh dan tercemar, menjadi bersih dan ramah bagi lingkungan sekitar. Tren tersebut belakangan menjamur di berbagai kawasan Indonesia.

1 dari 2 halaman

Mempersolek Sungai Butuh Waktu Panjang

Kali Blandon Kendal Purwokerto yang dulunya kumuh, kini jadi destinasi wisata menawan © Diadona

Menurut info dari laman Liputan6 (27/9/2020), proses pengembangan wisata sungai bukan hal sederhana. Itu artinya, mempersolek sungai untuk jadi kawasan wisata masih membutuhkan jalan panjang.

Hal tersebut disampaikan oleh Dosen Fakultas Pariwisata Universitas Udayana, Nyoman Sukma Arida. " Masih banyakproblem di sungai kita," ujarnya seperti dikutip dari laman Liputan6 (27/9/2020).

Sejauh ini sungai di Indonesia belum bisa menjadi kawasan membanggakan sehingga layak untuk dipertontonkan. Sedang pariwisata memang harus identik dengan kelebihan atau keunikan suatu kawasan.

Untuk itu, sungai harus dipugar lebih dulu sehingga ekosistemnya bisa kembali hijau, bersih, dan alami. " Dan itu akan lama," tandasnya.

Lebih lanjut, Nyoman juga menyebut bahwa sungai bisa 'dijual' dengan pendekatan berbeda yakni dengan mengemas secara apa adanya. Kemudian berupaya memancing tumbuhnya eco volunteer tourusm seperti yang sudah dilakukan di sungai Tukad Bandung.

" Selama tur, turis diajak melakukan aksi memberishkan plastik dan berinteraksi dengan warga sekitar sungai. Dengan hadirnya turis sebagai relawan, diharapkan masyarakat bantaran kali akan malu membuang sampah ke sungai. Berikutnya mereka mau terjun jadi relawan lingkungan menyelamatkan sungai," jelasnya kemudian.

2 dari 2 halaman

Deretan Sungai Indonesia yang Mulai Pikat Wisatawan Domestik

Tukad Badung Bali river walk cantik di tengah kota Denpasar Bali © Diadona

Sementara itu, sejauh ini sudah mulai bermunculan kawasan sungai populer di Indonesia yang jadi favorit wisatawan domestik. Mulai dari kawasan wisata Kali Besar Besar di Kota Tua Jakarta Barat yang pernah diresmikan oleh Pemprov DKI Jakarta pada 2018.

Kabarnya pesedestrian Kali Besar tersebut terinspirasi dari penataan sungai Cheonggyecheon di Korea Selatan. Selain Kali Besar di Kota Tua, juga banyak loh kawasan sungai di Indonesia yang dulunya kumuh tapi kini jadi kawasan wisata favorit.

Mulai dari Kali Bladon di Purwokerto, sungai Tukad Bindu di Bali, Tukad Badung Bali, Sungai Sekanak Palembang, Sungai Cikapundung Bandung, hingga Sungai Kalimas di Surabaya.

Nah buat kamu yang tertarik untuk berwisata di kawasan sungai-sungai menawan tersebut jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan loh ya. Mulai dari berjaga jarak satu sama lain hingga selalu mengenakan masker. Stay safe guys!

Beri Komentar