Ternyata Indonesia Miliki Suku Manusia Bermata Biru, Gimana Ceritanya ya?

Reporter : Nasa
Rabu, 30 September 2020 10:11
Ternyata Indonesia Miliki Suku Manusia Bermata Biru, Gimana Ceritanya ya?
Jangan-jangan keturunan Eropa?

Di kawasan pedalaman Pulau Siompu Desa Kaimbulawa, Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, tinggalah satu suku yang masyarakatnya bermata biru. Tak seperti masyarakat Indonesia pada umumnya yang bermata coklat, masyarakat suku tersebut terlihat begitu mencolok.

Mereka adalah suku Lingon. Lokasi mereka tinggal sekitar 40 dari Pelabuahn Topa dengan menggunakan perahu cepat. Tak hanya bermata biru, perawakan mereka juga disebut mirip dengan 'orang Eropa'.

Menurut info dari laman Archipelago Indonesia, masyarakat suku Lingi bermata biru rasnya memang berbeda dengan ras orang Indonesia pada umumnya. Ras mereka adalah Kaukasoid seperti orang-orang Eropa.

1 dari 2 halaman

Keturunan Portugis

Suku Lingon masyarakat asli Indonesia bermata biru © Diadona

Kabarnya, pada abad 16 pulau Siompu kedatangan Portugis. Untuk menjalin hubungan persahabatan, pemimpin portugis mempersunting gadis setempat bernama Waidawula yang merupakan bangsawan Wollo.

Namun ada juga yang menyebut bahwa suku Lingon adalah peranakan bangsa Portugis yang tersisa saat masa perang. Mereka disebut lari ke pedalaman hutan sebelum Indonesia akhirnya merdeka.

2 dari 2 halaman

Masyarakat Bermata Biru di Indonesia

Suku Lingon masyarakat asli Indonesia bermata biru © Diadona

Sementara itu, selain di Sulawesi Tenggara, masyarakat Indonesia bermata biru juga ditemui di sejumlah daerah lain. Salah satuya adalah di Lamno Aceh Barat. Namun masyarakat bermata biru di sana sudah berkurang jauh semenjak tsunami 2004.

Kemudian juga ada suku Lingon di Halmahera Timur yang memiliki perawakan sama dengan masyarakat suku Lingon di Sulawesi Tenggara. Yakni dengan mata biru yang indah. Wah keren ya, semoga populasi mereka tak lagi menurun.

Beri Komentar