Unik, Danau di Indonesia ini Hanya Muncul saat Musim Hujan Tiba

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 7 Juli 2020 16:20
Unik, Danau di Indonesia ini Hanya Muncul saat Musim Hujan Tiba
Danau Sentarum yang berada di Kalimantan ini menjadi destinasi wisata Indonesia karena keunikannya.

Indonesia memang mempunyai ribuan tempat unik yang mungkin belum kamu kunjungi. Terdiri dari 17 ribu lebih pulau menjadikan Indonesia punya berbagai surga dunia yang unik dan indah.

Salah satu tempat unik itu adalah Danau Sentarum. Bagaimana tidak, Danau ini hanya muncul ketika hujan tiba saja. Seperti apa Danau Sentarum ini? Yuk kita lihat!

1 dari 3 halaman

Danau Sentarum

Danau Sentarum © Diadona

Dilansir dari berbagai sumber, Taman Nasional Danau Sentarum ini berada di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Taman Nasional ini membentang bagaikan membelah Pulau Kalimantan.

Fungsinya yang vital yakni sebagai penadah hujan ketika musim hujan menjadikan tempat ini salah satu situs lahan basah atau Situs Ramsar u7ntuk melindungi konservasi alam.

Ketika kemarau datang, tempat ini bisa menjadi pengisi kekurangan debit air di Sungai Kapuas hingga menjadi lapangan kering.

Danau ini memiliki warna hitam kemerahan karena mengandung tanning yang berasal dari hutan gambut dan berasal dari pohon dan daun yang membusuk dalam air.

Selain indah, Danau ini juga menjadi rumah bagi 265 jenis ikan air tawar, 675 spesies tanaman, 147 mamalia, 311 burung, 64 reptil dan ampibi dan 154 anggrek alam.

2 dari 3 halaman

Menjadi Destinasi Wisata

Danau Sentarum © Diadona

Karena keunikannya ini, tempat ini dijadikan destinasi wisata untuk para traveler pecinta wisata alam. Jika kamu berkunjung, kamu mungkin bisa mencoba untuk merasakan tidur di atas kapal bandong.

Tapi, jika kamu tidak ingin, kamu bisa menginap di salah satu rumah warga yang terkenal akan keramahannya.

Saat menjelajahi tempat ini, kamu bisa saja beruntung dan bertemu dengan satwa langka seperti Siamang, Orangutan, Tupai besar, Beruang Madu, Macan Pohon, Enggang Gading, Rangkong, Elang Kepala Putih dan berbagai macam satwa lainnya.

Beri Komentar