Tips Traveling Aman dan Nyaman saat Puasa, Dijamin Tetap Seru dan Asyik

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 13 April 2022 15:00
Tips Traveling Aman dan Nyaman saat Puasa, Dijamin Tetap Seru dan Asyik
Bulan Ramadan gak bisa liburan? Siapa bilang? Yuk simak tips berikut agar puasa lancar, liburan tetap jalan.

Traveling di bulan Ramadan menjadi salah satu pengalaman wisata yang bisa kamu lakukan bersama keluarga atau kerabat. Namun, karena dilakukan saat sedang berpuasa, tentu ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar liburan tetap terasa aman dan nyaman.

Nah, gimana sih agar liburan tetap aman dan nyaman meskipun dalam keadaan berpuasa. Berikut beberapa tips yang sudah diadona.id rangkum:

1 dari 8 halaman

1. Pilih Destinasi yang Tepat

Ilustrasi Menentukan Destinasi WisataIlustrasi Menentukan Destinasi Wisata © unsplash.com/Element5 Digital

Hal yang pertama yang perlu kamu perhatikan saat akan traveling di bulan Ramadan adalah memilih destinasi yang tepat, apalagi saat bulan Ramadan.

Sebaiknya, pilih destinasi dengan cuaca yang sejuk agar tak mudah lelah dan haus. Pilih wisata yang menyajikan pemandangan hijau yang menyejukkan ataupun destinasi wisata air yang menyegarkan. Wisata curug atau air terjun bisa jadi pilihan wisata saat puasa.

2 dari 8 halaman

2. Pilih Hari dengan Cuaca yang Bersahabat

Ilustrasi Cuaca BagusIlustrasi Cuaca Bagus © unsplash.com/Kayra Sercan

Sebelum melakukan perjalanan, kamu bisa cek kondisi cuaca pada hari keberangkatan di situs BMKG. Pilih cuaca yang cerah berawan agar tak terlalu panas saat perjalanan.

Dengan menyesuaikan cuaca, kamu bisa menyiapkan perlengkapan yang tepat saat traveling, seperti payung, kacamata hitam, ataupun jas hujan saat turun hujan.

3 dari 8 halaman

3. Membuat Daftar Perjalanan

Sangat penting untuk membuat daftar perjalanan saat hendak traveling, apalagi di bulan Ramadan ini. Daftar perjalanan tersebut berisi waktu dan destinasi yang akan dikunjungi. Dengan begitu kamu bisa mengetahui pukul berapa kamu bisa sampai ke tujuan wisata.

Dengan membuat daftar perjalanan, kamu bisa memperkirakan waktu berbuka puasa sehingga kamu bisa sampai di tempat makan yang ingin dikunjungi untuk berbuka dengan tepat waktu.

4 dari 8 halaman

4. Bawa Makanan atau Minuman Ringan untuk Takjil Buka Puasa

Ilustrasi Takjil Berbuka PuasaIlustrasi Takjil Berbuka Puasa © unsplash.com/Rachael Gorjestani

Meskipun sudah menyiapkan daftar perjalanan, kamu tetap harus berjaga-jaga dengan membawa makanan atau minuman ringan. Makanan atau minuman ringan ini bisa jadi alternatif berbuka puasa sementara saat perjalanan.

5 dari 8 halaman

4. Siapkan Budget

Ilustrasi Menentukan BudgetIlustrasi Menentukan Budget © unsplash.com/Sharon McCutcheon

Hal yang penting berikutnya tentu saja menyiapkan budget liburan. Siapkan anggaran dana agar tidak boros dan menghabiskan biaya berlebihan.

Beberapa pengeluaran yang perlu kamu catat adalah biaya transportasi, biaya penginapan (jika perjalan jarak jauh yang memang butuh penginapan, jumlah anggota yang melakukan perjalanan, biaya tiket destinasi wisata, biaya makan atau berbuka puasa.

6 dari 8 halaman

5. Sahur

Ilustrasi Makan SahurIlustrasi Makan Sahur © freepik.com/KamranAydinov

Jangan lupa sahur! Sebelum melakukan perjalanan kamu perlu tenaga untuk sampai tujuan dengan selamat. Sahur dengan makan makanan bergizi wajib kamu lakukan sebelum melakukan perjalanan jauh.

7 dari 8 halaman

7. Membawa Perlengkapan Ibadah Pribadi

Ilustrasi Perlengkapan IbadahIlustrasi Perlengkapan Ibadah © unsplash.com/Abdullah Arif

Bawa perlengkapan ibadah pribadi saat melakukan perjalanan. Hal ini akan mempermudah kamu untuk beribadah di manapun tempat atau destinasi yang sedang dikunjungi.

Pasalnya, tak semua tempat menyediakan fasilitas ibadah yang lengkap dan nyaman. Apalagi di masa pandemi, akan lebih aman jika menggunakan peralatan ibadah sendiri untuk meminimalisir kontak dengan orang lain.

Beri Komentar