5 Tips untuk Penumpang yang Baru Pertama Kali Naik Bus AKAP

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 27 Januari 2022 08:07
5 Tips untuk Penumpang yang Baru Pertama Kali Naik Bus AKAP
Baru pertama kali naik bus AKAP? Simak tips berikut agar perjalananmu aman dan nyaman!

Bus menjadi salah satu alat transportasi umum yang hingga saat ini jadi pilihan masyarakat ketika hendak bertolak ke kota lain dengan jarak yang cukup jauh. Harga tiketnya yang terjangkau dan waktunya yang fleksibel membuat bus tetap menjadi pilihan masyarakat ketika hendak mudik atau ke luar kota menggunakan transportasi umum.

Untuk perjalanan jarak jauh, wisatawan bisa menggunakan bus AKAP atau antarkota antarprovinsi. Penumpang bisa memilih tipe bus yang ingin ditumpangi untuk mendapat fasilitas yang diinginkan.

Namun, bagi kamu yang baru pertama kali naik bus AKAP, ada beberapa hal yang harus kalian pahami ya, diazens. Menlansir dari akun isntagram @damriindonesia, beriktu 5 tips naik bus AKAP agar lebih aman dan nyaman.

1 dari 6 halaman

1. Waspada

Salah satu yang harus kamu lakukan ketika naik bus AKAP pertama kali adalah tetap waspada. Jangan pernah memasang muka bingung ketika naik bus AKAP. Jika kamu terlihat bingung, hal ini bisa jadi kesempatan para pelaku kejahatan untuk bertindak. Momen ini juga bisa dimanfaatkan oleh para calo untuk menawarkan jasa yang gak sesuai dengan tujuan kamu.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu harus tetap tenang menuju ke lokasi yang ramai seperti warung, kerumunan orang, atau mencari petugas yang memang berwenang.

2 dari 6 halaman

2. Bawa Barang Secukupnya

Ilustrasi Bus AKAPIlustrasi Bus AKAP © instagram.com/agen_bus_salaman

Bawa barang-barang yang akan dibawa secukupnya saja. Jika terlalu banyak bawa barang saat bepergian ke luar kota ataupun ke luar provinsi hal ini justru akan merepotkan kita sendiri.

Selain itu, membawa barang bawaan yang terlalu banyak juga mengundang tindak kejahatan dalam terminal. Bawa barang secukupnya, dan awasi selalu barang bawaan yang ditaruh di bagasi atas.

3 dari 6 halaman

3. Ketahui Lokasi Loket Bus dari PO yang akan Digunakan

Kamu wajib mengetahui loket bus atau Perusahaan Otobus (PO) yang akan digunakan. Gak ada salahnya untuk melakukan riset kecil-kecilan mengenai PO atau jadwal keberangkatan bus tujuan.

Ini akan memudahkan perjalananmu, dengan begitu, kamu gak akan bingung saat menuju terminal bus.

4 dari 6 halaman

4. Berbaur dan Bergabung dengan Penumpang Lain

Ilustrasi Bus AKAPIlustrasi Bus AKAP © instagram.com/agen_bus_salaman

Setelah membeli tiket, hal yang perlu kamu lakukan adalah berbaur dengan penumpang lainnya. Hal ini agar kamu bisa terhindar dari kejahatan dan tetap merasa aman.

5 dari 6 halaman

5. Pilih Tempat Duduk yang Sesuai

Agar perjalananmu aman dan nyaman adalah memilih tempat duduk yang sesuai dan nyaman. Hal ini mungkin sangat sepele, tetapi, jika kamu duduk di tempat yang gak sesuai, maka kamu akan merasa gak nyaman selama perjalanan yang cukup jauh.

Beri Komentar