Gak Bakal Kesasar, Ini Rute Menuju Sirkuit Mandalika dari Pelabuhan Gili Mas

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 17 Maret 2022 14:36
Gak Bakal Kesasar, Ini Rute Menuju Sirkuit Mandalika dari Pelabuhan Gili Mas
Rute ini bisa gunakan ketika naik kendaraan pribadi menuju Sirkuit Mandalika. Dijamin gak bakal kesasar.

Sirkuit Mandalika menjadi primadona wisata baru di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pasalnya, Sirkuit ini menjadi venue gelaran ajang balap MotoGP 2022 setelah sebelumnya sukses menjadi seri penutup ajang balap World Superbike.

Para traveler tentu juga ingin merasakan bagaimana atmosfer ketika berada di Sirkuit Mandalika. Nah, bagi yang belum pernah ke sana tentu kamu perlu tahu rute untuk bisa ke Sirkuit Mandalika tanpa kesasar jika kamu berangkat dari Pelabuhan Gili Mas.

1 dari 4 halaman

Rute Menuju Sirkuit Mandalika

Pelabuhan Gili MasPelabuhan Gili Mas © instagram.com/andi.nila1

Pelabuhan Gili Mas berada di Labuan Tereng, Lembar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Sedangkan Sirkuit Mandalika berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Jarak dari Pelabuhan Gili Mas ke Sirkuit Mandalika sekitar 57 kilometer.

Untuk bisa ke Sirkuit Mandalika dari Pelabuhan Gili Mas, kamu bisa menggunakan berbagai kendaraan. Jika menggunakan kendaraan pribadi, rute pertama yang perlu kamu tempuh adalah Pelabuhan Gili Mas-Giri Menang Square di Gerung, Lombok Barat.

Jarak dari Gili Mas ke Giri Menang Square sekitar 17 kilometer. Kendaraan roda dua diperlukan waktu tempuh kurang lebih 26 menit, sedangkan mobil atau angkutan umum bisa lebih.

2 dari 4 halaman

Giri Menang Square atau GMS merupakan simpang lima yang menghubungkan Lombok Barat dengan Kota Mataram dan Lombok Tengah. Jadi, sesampainya di GMS, kamu bisa mengambil jalur ke arah timur atau belok ke kanan sambil mengitari bundaran.

Jalur ini melewati Jalan Bypass BIL I yang akan membawa kamu melewati Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM). Setelah sampai ujung Jalan Bypass BIL 1 atau BIZAM, kamu bisa langsung mengambil rute Jalan Bypass Mandalika.

Jalan Bypass Mandalika ini menghubungkan BIZAM dengan Sirkuit Mandalika, tepatnya area parkir Timur. Setelah memarkirkan kendaraan, para penonton bisa berganti moda transportasi khusus shuttle bus sesuai dengan tribun atau jenis tiket yang Diazens pegang.

3 dari 4 halaman

Bus Gratis

Nah, gimana kalau Diazens yang ingin nonton MotoGP tapi gak bawa kendaraan pribadi? Tenang aja, sejumlah bus gratis siap untuk antar jemput penonton MotoGP.

Kemenhub menyediakan fasilitas bus gratis untuk memudahkan penonton menuju Sirkuit Mandalika. Ada sekitar enam rute yang wajib diketahui untuk bisa memanfaatkan fasilitas bus gratis tersebut.

6 rute bus gratis tersebut antara lain:

1. Sirkuit Mandalika - Pelabuhan Bangsal

2. Sirkuit Mandalika - Pusat Kota Mataram

3. Sirkuit Mandalika, Pelabuhan Lembar

4. Sirkuit Mandalika - Pelabuhan Gilimas

5. Sirkuit Mandalika - Bandara BIZAM

6. Sirkuit Mandalika - Pelabuhan Kahyangan

4 dari 4 halaman

Selain itu, Kemenhub juga bakal membangun empat unit halte bus di Kawasan Ekonomi Khusus yang disebar di beberapa titik mulai dari Parkir Sentral Timur, Gate 1, Gate 2, dan Gate 3 Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Jadi, gak perlu bingung masalah transportasi saat ingin menyaksikan secara langsung gelaran MotoGP. Semoga bermanfaat ya Diazens.

Beri Komentar