Melihat dari Dekat Keunikan Wat Mahathat, Patung Kepala Buddha yang Berada di dalam Pohon

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 18 Juni 2020 16:20
Melihat dari Dekat Keunikan Wat Mahathat, Patung Kepala Buddha yang Berada di dalam Pohon
Patung Kepala Buddha ini berada di sela-sela akar pohon bodhi.

Thailand memang terkenal dengan wisata yang memiliki banyak patung Budha. Salah satu kota yang terkenal dengan banyaknya kuil kuno dengan stupa-stupa dan pagoda adalah Ayutthaya

Dari sekian banyak kuil yang ada di Kota ini, yang paling banyak menyita perhatian adalah Wat Mahathat. Tempat ini ikonik karena keberadaan patung kepala Buddha yang berada di antara akar-akar pohon bodhi. Seperti apa keunikan tempat ini? Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Sejarah

      View this post on Instagram      

A post shared by Intan Lovita (@intanlovita) on

 

Wat Mahathat ini dibangun sejak masa Raja Borommaracha I pada tahun 1374 dan dirampungkan pada masa Raja Ramesuan. Wat Mahathat dulunya adalah tempat dilangsungkannya upacara-upacara kerajaan.

Untuk keberadaan patung Buddha yang terjepit di akar-akar pohon bodhi ini masih menjadi misteri bagaimana patung Buddha bisa berada di tempat itu. Dilansir dari berbagai sumber, ada yang banyak yang mengatakan kemungkinan karena terjadinya banjir dan perusakan besar-besaran saat invasi Burma ke Thailand dan pertumbuhan tanaman yang sangat cepat setelahnya.

Versi lain menyebutkan, dahulu ada dua putra mahkota yang bertarung meperebutkan tahta. Sang pemenang, Raja RamathibodiI kemudian membangun istana dengan banyak Buddha di tempat ini untuk mengenang saudaranya itu.

Kepala Buddha yang berada di sela batang pohon itu, dipercaya sebagai salah stau patung yang ada di istana tersebut. Ada juga versi lain yang menyebutkan jika kpela itu adalah patung dari putra mahkota yang kalah.

2 dari 2 halaman

Wat Mahathat

Wat Mahathat © Diadona

Lokasi pohon dengan kepala Buddha ini berada di sebelah kanan begitu kita memasuki komplek kuil ini.

Ternyata ada fakta unik di balik pohon ini. Jika ingin mengambil foto di depan ini kamu harus bersimpuh atau jongkok. Sangat tidak disarankan mengambil gambar di depan patung ini dengan berdiri.

Wat Mahathat © Diadona

Selain patung ini, kamu juga akan disuguhkan dengan berbagai kuil-kuil bersejarah yang sangat unik. Ya, tempat ini memang cocok untuk berfoto baik sendiri maupun bersama-sama.

Untuk bisa masuk di tempat ini, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar 50 Baht atau sekitar Rp 22 ribu. Tempat ini buka setiap hari pukul 08.00 hingga 18.30.

Tertarik untuk mengunjungi tempat ini?

Beri Komentar