10 Nama Kawasan Wisata Indonesia Ini Super Nyeleneh! Dari Pantai Kutang Sampai Green Kenyot

Reporter : Nasa
Rabu, 17 Juni 2020 10:35
10 Nama Kawasan Wisata Indonesia Ini Super Nyeleneh! Dari Pantai Kutang Sampai Green Kenyot
Wah ini namanya aja udah nyeleneh banget, apalagi tempat aslinya nih.

Indonesia dikenal sebagai surganya wisata dunia. Bagaimana tidak, Indonesia memiliki hampir semua jenis wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam pantai, gunung, sungai, hingga tradisi budaya masyarakatnya yang cukup unik.

Selain karena daya tarik wisatanya yang sayang untuk dilewatkan, banyak juga tempat wisata di Indonesi yang memiliki daya tarik nyeleneh. Salah satunya dari pemerian nama lokasi tersebut yang pasti bikin senyum-senyum pas pertama kali mendengarnya.

Nah ini dia, redaksi Diadona merangkum 10 nama kawasan wisata Indonesia yang super nyeleneh :

1 dari 10 halaman

1. Candi Asu, Magelang, Jawa Tengah

Candi Asu © Diadona

Buat orang Jawa, nama candi yang satu ini pasti bikin kaget. Soalnya 'Asu' dalam bahasa Jawa berarti anjing. Seperti halnya bahasa Indonesia, kata tersebut biasanya juga jadi salah satu ungkapan pas lagi emosi.

Tapi katanya nih, pemberian nama Asu pada candi tersebut bukanlah karena yang kasih nama lagi emosi loh ya. Namun karena di sana kabarnya memang banyak banget anjing berkeliaran.

2 dari 10 halaman

2. Dusung Gendeng, Yogyakarta

Dusun Gendeng © Diadona

Ada sebuah dusun di Yogyakarta yang punya nama dusun Gendeng. Kata gendeng sendiri diambil dari bahasa Jawa yang berarti gila. Tapi gak seperti namanya, masyarakat dusun setempat malah dikenal sebagai pengrajin wayang kulit yang cukup tersohor.

3 dari 10 halaman

3. Pantai Sandal, Jodoh Bengkulu

Pantai Sandal Jodoh © Diadona

Sebenernya pantai yang satu ini punya nama asli pantai Tapak Paderi. Tapi pantai tersebut menjadi populer dengan nama pantai sandal jodoh. Setelah pengelola setempat menyediakan spot dinding untuk sandal.

Sebelumnya para pengelola tersebut sebenarnya hanya mengumpulkan sandal bekas yang hanyut, kemudian memajangnya. Dan diberi nama Pondok Sandal Jodoh yang akhirnya malah jadi populer.

4 dari 10 halaman

4. Air Terjun Siluman, Sumatera Utara

Air Terjun Siluman © Diadona

Percaya gak percaya nih ya, air terjun di Sumatera Utara yang satu ini kadang muncul kadang ngilang di musim-musim tertentu loh. Ya pantes aja namannya air terjun siluman.

5 dari 10 halaman

5. Gua Pocong, Pacitan Jawa Timur

Gua Pocong © Diadona

Kalau biasanya pemandangan gua wisata terlihat sangat indah berkat adanya stalaktit dan stalakmit. Namun sedikit berbeda nih sama gua yang ada di Pacitan, Jawa Timur ini.

Ada sebuah stalakmit di gua tersebut yang memiliki ukuran cukup besar, dan justru terlihat seperti pocong yang sedang berdiri. Wah kok ngeri gitu ya, berani ke sana gak nih?

6 dari 10 halaman

6. Air Terjun Kakek Bodo, Pasuruan Jawa Timur

Air Terjun Kakek Bodo © Diadona

Wisata air terjun Kakek Bodo ini adalah salah satu destinasi favorit masyarakat sekitar loh. Konon katanya, dulu pernah ada seorang kakek tua yang mengabdi pada keluarga kaya raya.

Kakek tersebut rela meninggalkan segala hal keduniawian. Hidupnya dihabiskan dengan bersemedi di air terjun tersebut. Lalu dia mendapat julukan sebagai 'Kakek Bodo'.

7 dari 10 halaman

7. Bukit Bego, Bantul, Yogyakarta

Bukit Bego © Diadona

Mungkin kalau dengar nama ini jelas agak aneh ya. Soalnya 'Bego' biasa diartikan sebagai 'bodoh'. Tapi meski lazim diartikan semacam itu, ternyata nama Bukit Bego punya sejarah lain loh.

Dulunya bukit tersebut hanyalah gundukan tanah yang gersang bekas galian alat berat seperti 'backoe' yang juga umum disebut dengan 'bego'. Yang akhirnya justru jadi nama populer bukit tersebut.

8 dari 10 halaman

8. Coban Rondo, Malang

Air Terjun Coban Rondo © Diadona

Air terjun yang satu ini konon katanya gak boleh dikunjungi sama pengantin baru. Konon katanya, dahulu ada sepasang pengantin yang berkunjung ke kawasan pegunungan air terjun tersebut.

Mereka adalah Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma. Namun mereka terlibat perkelahian dengan seorang pria lain, hingga sang suami sampai meninggal. Seketika Dewi Anjarwati jadi janda yang dalam bahasa Jawa adalah 'Rondo'.

Sedang coban sendiri juga berarti air terjun. Maka jiak diartikan menjadi air terjun janda.

9 dari 10 halaman

9. Pantai Kutang, Lamongan Jawa Timur

Pantai Kutang © Diadona

Pantai dengan panorama indah yang satu ini namanya asli nyeleneh banget. Katanya, dulu sebelum destinasi wisata ini terkenal. Warga sekitar sering banget menemukan 'kutang' atau pakaian dalam wanita ketika membersihkan lokasi tersebut.

Ya karena itu, akhirnya pantai tersebut dapet julukan pantai Kutang. Tapi meski namanya gitu, sekarang pantai Kutang ini jadi destinasi wisata favorit yang cukup bersih kok. Kalau ke Lamongan jangan lupa mampir ya.

 

10 dari 10 halaman

10. Green Kenyot, Bandung

Green Kenyot © Diadona

Nah kalau destinasi wisata yang satu ini pasti familiar banget di kalangan generasi milenial. Selain karena namanya yang unik, Green Kenyot sendiri memang digadang-gadang punya pemandangan wisata yang super menarik.

Sebenernya nama destinasi wisata tersebut adalah sungai Cikahuripan. Namun karena pemandangannya mirip dengan Green Canyon, masyarakat setempat sering menyebutnya dengan nama sama.

Ya tapi mungkin karena lidahnya gak terbiasa, ya jadilah 'Green Kenyot'.

Super nyeleneh banget kan nama-namanya. Udah ada yang pernah kamu datengin belom?

Beri Komentar