Kecil Namun Bermakna, Seperti Ini Masjid Pertama di Amerika Serikat!

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 18 Juni 2020 13:20
Kecil Namun Bermakna, Seperti Ini Masjid Pertama di Amerika Serikat!
Masjid ini jadi saksi sejarah masuknya Islam di Amerika Serikat

Masjid adalah simbol kehidupan umat muslim yang ada di suatu daerah karena ini adalah tempat umat muslim beribadah. Masjid juga menjadi simbol masuknya agama Islam di suatu wilayah.

Salah satu yang menarik perhatian adalah masjid yang berada di Amerika ini. Ya, Masjid North Dakota adalah menjadi Masjid pertama yang ada di Amerika Serikat.

Seperti apa bentuk Masjid bersejarah ini?

1 dari 2 halaman

Masjid North Dakota © Diadona

Dilansir dari berbagai sumber, Masjid ini berada di tengah padang rumput dan dikelilingi oleh ladang gandum. Berada di North Dakota, sejarah perkembangan Islam di Amerika Serikat tersimpan di kota Kecil bernama Ross.

Masjid ini dibangun sekitar tahun 1929 oleh para Muslim yang datang dari Lebanon dan Suriah. Para muslim inilah yang merantau jauh ke Amerika Serikat untuk bekerja sekaligus membawa agama Islam di negara ini.

2 dari 2 halaman

Masjid North Dakota © Diadona

Jika melihat struktur bangunannya, Masjid ini cukup sederhana dan berada di tengah padang rumput. Tidak ada kubah maupun tulisan kaligrafi yang menghiasinya.

Ukurannya saja hanya sekitar 33 meter persegi. Bagian dalamnya hanya ada satu ruangan dan sajadah yang mengarah ke kiblat. Masjid ini sempat tak terawat dan makin lama makin rapuh hingga harus ditutup di tahun 1979.

Lalu pada tahun 2005, masyarakat Kristen setempat ikut menyumbang uang dan membangun kembali Masjid North Dakota ini. Kini sudah ada kubah di bagian atap sehingga makin mecirikan masjid.

Masjid North Dakota © Diadona

Tidak hanya sebagai Masjid saja, bangunan ini kini juga menjadi museum mini. Di dalamnya terdapat kumpulan foto-foto Masjid North Dakota dari masa ke masa. Masjid ini terbuka unjtuk umum dan siapa saja boleh masuk untuk bisa melihat di dalamnya dengan tetap menjaga kebersihan.

Berminat untuk melihat keindahan masjid ini?

Beri Komentar