Bukan Cuma Mesir, Meksiko Juga Punya Piramida yang Nggak Kalah Indahnya lho!

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 8 Juni 2020 06:20
Bukan Cuma Mesir, Meksiko Juga Punya Piramida yang Nggak Kalah Indahnya lho!
Piramida ini adalah peninggalan suku Maya.

Jika berbicara tentang piramida, yang ada di benak kita adalah piramida yang ada di Mesir. Ternyata, nggak cuma di timur tengah saja. Bangunan Piramida ternyata juga ada di Amerika Latin lho.

Ya, tepatnya adalah di Meksiko. Meskipun meksiko bukan negara yang penuh dengan padang pasir, namun negara ini ternyata juga mempunyai wisata sejarah berupa bangunan yang mirip dengan piramida. Bukan Piramida Firaun, namun Piramida ini adalah bangunan situs suku Maya Kuno.

Seperti apa sih keindahan bangunan kuno ini? Dilansir dari berbagai sumber, yuk kita simak!

1 dari 3 halaman

Piramida Kukulkan

Piramida Kukulkan © Diadona

Piramida Kukulkan berada di tengah situs suku Maya Kuno yang ada di Yucatan, Meksiko. Bangunan ini memiliki 9 undakan, 52 panel yang menjadi perhitungan tahun dari suku Maya, dan ada 365 anak tangga yang menadakan jumlah hari selama satu tahun.

Dengan desain arsitektur unik, Piramida ini menjadi destinasi wisata bagi para pelancong yang datang ke Chichen Itza, Meksiko.

2 dari 3 halaman

Sejarah

Piramida Kukulkan © Diadona

Legenda menyebutkan baha priamida ini dibuat untuk menghormati Kukulkan yang merupakan dewa berbulu ular. Bahkan menurut penelitian, Piramida ini sudah ada sejak 1.000 tahun silam.

Karena bangunan ini dipersembahkan untuk dewa berbulu ular, terlihat di tangga sebelah utara terdapat kepala ular.

Keunikan lainnya adalah, jika matahari tepat di puncak piramida, maka bayangan sisi kiri dan kanan tangga akan terlihat seperti tubuh ular yang sedang meluncur ke bagian bawah piramida.

Beri Komentar