Hilang dari Peradaban, 5 Kota Bersejarah ini Telah Tenggelam di Dasar Laut

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 15 Juli 2020 15:20
Hilang dari Peradaban, 5 Kota Bersejarah ini Telah Tenggelam di Dasar Laut
Kota-kota ini diperkirakan tenggelam karena bencana dan juga wabah sehingga ditinggalkan oleh penduduknya.

Bumi ini telah lahir sejak jutaan tahun yang lalu. Dari awal terbentuknya bumi hingga saat ini, telah banyak perubahan yang terjadi. Hal ini karena adanya pergeseran lempeng bumi, dan juga perubahan suhu yang setiap dekade bisa saja berganti.

Akibat pergeseran itu, banyak juga peradaban yang juga menghilang karena perubahan iklim yang mengakibatkan bencana.

Kisah yang paling terkenal adalah tenggelamnya Atlantis. Sebuah pulau legendaris yang disebut sebagai peradaban paling maju saat itu.

Nah, ternyata, selain Atlantis, ada juga 5 kota bersejarah yang telah hilang karena tenggelam di dasar laut. Apa saja itu? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya!

1 dari 5 halaman

1. Shicheng, China

Shicheng © Diadona

Melansir dari CNN, Kota Shicheng dijuluki sebagai kota Atlantis dari timur. Berdiri dengan arsitektur batu dari zaman Dinasti Ming dan Qing kota ini dikuasai sejak 1368 hingga 1912.

Kota ini sengaja ditenggelamkan tahun pada tahun 1959 demi untuk membuat jalan bagi bendungan Xin'an dan stasiun tenaga air yang ada di tempat itu.

Kota ini kini barada di bawah Danau Qian Dao. Jika kamu ingin melihat bagaimana kota tenggelam ini, kamu bisa mengunjungi Danau Qian Dao yang ada di China.

2 dari 5 halaman

2. Dwarka, India

Dwarka India © Diadona

Melansir dari Wikipedia, Dwarka terletak di Gujarat sebelah barat laut India. Banyak yang menyebut jika kota ini telah berusia lebih dari 9.000 tahun. Terlihat dari puing-puing yang ditemukan di situs, termasuki bangunan, patung, tulang, dan lain sebagainya.

3 dari 5 halaman

3. Heracleion, Mesir

Heracleion © Diadona

Berikutnya adalah Heracleion. Kota Heracleion adalah kota yang tenggelam ke dasar laut Mediterania di tahun 1200 silam. Kemudian, kota ini kemudian ditemukan kembali pada tahun 2000 dengan puing-puing kapal kuno, koin-koin emas, patung-patung raksasa, dan batu nisan yang bertuliskan bahasa Yunani dan Mesir kuno.

Menurut penelitian, kota ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8 Sebelum Masehi.

4 dari 5 halaman

4. Pavlopetri, Yunani

Pavlopetri © Diadona

Kota Pavlopetri diperkirakan sudah ada sejak 2800 hingga 1200 sebelum masehi. Diperkirakan sudah berusia 5000 tahun, Kota ini kini telah tenggelam di bawah laut lepas pantai Laconia Selatan di Pelopennese, Yunani. Kota ini termasuk salah satu kota tenggelam tertua di dunia.

5 dari 5 halaman

5. Baiae, Italia

Baiae © Diadona

Kota tenggelam yang terakhir adalah Baiae. Kota ini tenggelam di sebelah barat Napoli yang dulunya adalah tempat tinggal para bangsawan. Kabarnya, Penduduk Baiae telah meninggalkan kota ini pada tahun 1500 karena wabah malaria. Kota ini akhirnya kosong dan tenggelam karena beberapa aktivitas vulkanik di sekitarnya.

Beri Komentar