5 Tips Merawat Baterai iPhone Agar Tidak Boros Setelah Update iOS 17

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 13 Februari 2024 12:27
5 Tips Merawat Baterai iPhone Agar Tidak Boros Setelah Update iOS 17
Inilah alasan baterai iPhone menjadi lebih boros setelah dilakukan update iOS 17, disertai dengan cara merawat baterai iPhone kamu.

Baterai iPhone cenderung menjadi boros setelah update iOS 17 pada beberapa pengguna, hal itu adalah kondisi yang umum terjadi setelah update ke versi terbaru iOS. Pembaruan pada iOS sering menyebabkan baterai pada iPhone menjadi lebih boros dan itu terjadi setiap tahunnya, pada saat iOS mengeluarkan versi terbarunya. Tentu saja baterai pada iPhone menjadi lebih boros ini juga terjadi di update terbaru yaitu iOS 17.

Update iOS ke versi terbaru berarti akan terdapat banyak pembaruan baru di iPhone kamu yang bisa memberikan tekanan lebih besar pada prosesor dan baterai iPhone. Namun tenang saja, biasanya baterai menjadi boros hanya akan terjadi sementara, setelah itu baterai pada iPhone kamu akan kembali ke normal. Hal itu terjadi pada setiap pembaruan besar pada iOS, dan tentunya juga berlaku di versi iOS 17 sekarang.

Lantas, apa yang menyebabkan baterai iPhone menjadi lebih boros setelah melakukan update iOS? Bagaimana cara memaksimalkan daya tahan baterai dan memelihara battery health pada iPhone? Berikut adalah penjelasan terlengkap tentang baterai pada iPhone dan tips untuk menjaga baterai agar tetap awet ketika digunakan.

1 dari 3 halaman

Mengapa Baterai iPhone Menjadi Lebih Boros Setelah Update iOS 17?

Baterai iPhone © Diadona

Baterai iPhone jadi lebih boros dan akan terasa lebih lambat atau lemot pada saat digunakan setelah update iOS 17 merupakan hal yang umum terjadi pada. Hal itu dikarenakan ketika Apple mengembangkan versi terbaru iOS maka akan terdapat banyak pembaruan yang terjadi di iPhone kamu. Sebagian aplikasi yang kamu instal di iPhone mungkin belum dioptimalkan ke iOS versi terbaru, jadi aplikasi yang belum dioptimalkan tersebut bisa menghabiskan lebih banyak baterai untuk melakukan pembaruan sehingga bisa kompatibel dengan iOS 17.

Selain itu, setiap pembaruan terbaru iOS akan melakukan tugasnya untuk mengatur ulang foto, catatan, dan aplikasi yang ada di iPhone kamu sehingga baterai iPhone kamu akan lebih boros dibandingkan biasanya. Lama pengaturan kembali yang dilakukan oleh sistem iOS tidak bisa diprediksi, semakin banyak file dan aplikasi yang kamu simpan di iPhone maka proses ini akan berlangsung lebih lama, iOS mungkin akan membutuhkan beberapa saat untuk menyelesaikannya.

Umumnya proses pengaturan ulang kembali oleh iOS akan memakan waktu selama satu minggu, namun di beberapa kasus bahkan iOS hanya memerlukan beberapa hari saja untuk menyelesaikan prosesnya. Kamu tidak bisa mempercepat proses tersebut, pengguna iPhone hanya perlu menunggu hingga iOS menyelesaikan tugasnya dan baterai iPhone kamu akan kembali menjadi normal.

Apabila setelah lewat satu minggu masa proses pengaturan kembali oleh iOS namun baterai iPhone kamu masih masih boros dan kamu merasa terdapat kerusakan lain pada baterai maka kamu bisa langsung menghubungi call center Apple dan mengkonsultasikan hal itu. Apple akan segera membantumu untuk mencarikan solusinya.

2 dari 3 halaman

Tips Memperbaiki Baterai iPhone yang Cepat Boros

Baterai iPhone © Diadona

Jika kamu masih merasa baterai iPhone kamu bermasalah, tenang saja kamu bisa mencoba tips-tips di bawah ini. Kamu bisa mencoba tips ini untuk memperbaiki baterai pada iPhone kamu agar tidak cepat boros pada iOS 17.

Berikut adalah tips memperbaiki baterai iPhone yang cepat boros:

Perbarui aplikasi

Perbarui aplikasi kamu secara berkala agar tidak ada bug dan bisa kompatibel dengan iOS 17. Kamu bisa memperbaruinya dengan membuka App Store, kemudian klik ID Apple yang berada di kanan atas layar, lalu pilih menu pembaruan aplikasi, perbarui semua aplikasi yang terinstal di iPhone kamu.

Cari tahu aplikasi mana yang menguras baterai iPhone kamu

Terkadang terdapat aplikasi yang menguras baterai iPhone kamu namun kamu tidak menyadarinya. Kamu bisa melakukan cek untuk mengetahui aplikasi mana yang menguras baterai dengan buka menu Pengaturan, lalu pilih menu baterai, kemudian lihat daftar aplikasi dan cek aplikasi mana yang menguras baterai.

Periksa battery health

Battery health atau kesehatan baterai iPhone kamu perlu diperiksa secara berkala untuk mengetahui apakah performanya sudah turun atau belum. Kamu bisa mengecek battery health dengan membuka Pengaturan lalu pilih menu baterai dan lihat pada bagian ‘Health & Charging’. Jika baterainya turun di bawah ambang batas kapasitas 80% maka kinerja iPhone kamu akan buruk dan terasa lambat ketika digunakan, kamu bisa langsung mengganti baterai untuk mengembalikan kinerjanya seperti semula.

Matikan background app refresh

Background app refresh memungkinkan aplikasi akan melakukan pembaruan otomatis pada saat tidak digunakan. Cara mematikan background app refresh adalah dengan membuka Pengaturan, lalu klik ‘General’, kemudian pilih ‘Background app refresh’ dan matikan.

Gunakan low battery mode

Menggunakan low battery mode bisa membantu baterai iPhone kamu bertahan lebih lama dan menjeda background app refresh. Cara meengaktifkan low battery adalah dengan membuka Pengaturan, klik menu Baterai, dan aktifkan low battery.

3 dari 3 halaman

Tips Merawat Baterai iPhone Agar Lebih Awet

Baterai iPhone © Diadona

Setelah mengetahui tips memperbaiki baterai iPhone yang cepat boros, kamu mungkin juga harus mencoba tips merawat baterai iPhone agar lebih awet. Dengan mengikuti tips ini maka kapasitas battery health kamu akan tidak mudah turun sehingga baterai di iPhone kamu menjadi tidak gampang habis.

Berikut adalah tips merawat baterai iPhone agar lebih awet:

- Hindari tempat dengan suhu tinggi yang bisa menyebabkan iPhone kamu menjadi terlalu panas atau overheat.
- Lepas beberapa pelindung iPhone yang bisa menyebabkan panas pada saat mengisi daya.
- Optimalkan pengaturan baterai kamu.
- Redupkan layar atau aktifkan ‘Kecerahan Otomatis’ di iPhone kamu.
- Aktifkan low battery mode.
- Cek secara berkala informasi penggunaan baterai.
- Gunakan pengisi daya dan kabel asli dari Apple.
- Hindari menggunakan iPhone hingga baterai habis 0%.
- Meminimalkan background app refresh.
- Batasi layanan lokasi.
- Jika kamu ingin menyimpan iPhone dalam jangka panjang, pastikan menyimpannya dengan mengisi setengah baterai di iPhone.

Jadi, itu tadi ya tentang baterai iPhone kamu yang menjadi boros setelah update iOS 17 dan cara merawat baterai agar awet. Semoga membantu!

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar