Kelebihan dan Kekurangan Vacuum Cleaner Portable dan Rekomendasi Terbaik 2024

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 7 Februari 2024 16:39
Kelebihan dan Kekurangan Vacuum Cleaner Portable dan Rekomendasi Terbaik 2024
Vacuum cleaner portable bisa menjadikan kegiatan bersih-bersih menjadi lebih menyenangkan

Vacuum cleaner portable bisa menjadi pilihan kamu untuk membersihkan rumah dengan menghemat waktu dan tenaga, namun bisa membersihkan secara efektif dan maksimal. Terlebih lagi jika kamu harus membersihkan bulu hewan peliharaan dan memiliki alergi debu, vacuum cleaner akan membantumu untuk menghilangkan bulu hewan peliharaan dan debu itu dalam sekejap.

Lantas, apa kelebihan dan kekurangan vacuum cleaner portable? Bagaimana tips memilih dan menggunakannya agar bisa membersihkan secara efektif dan maksimal? Berikut adalah penjelasan terlengkap tentang vacuum cleaner dan rekomendasi handheld vacuum cleaner terbaik yang bisa kamu pertimbangkan.

1 dari 7 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Vacuum Cleaner Portable

Vacuum Cleaner Portable © Diadona

Kelebihan dan kekurangan vacuum cleaner portable perlu kamu ketahui jika kamu ingin membelinya. Sebaiknya kamu mempertimbangkan kebutuhan kamu terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli.

Berikut adalah kelebihan vacuum cleaner portable:

Fleksibel

Vacuum cleaner portable kecil dan mudah disimpan, kamu bisa menyimpannya dimanapun dan tidak akan menghabiskan banyak ruang karena ukurannya yang compact. 

Mudah dibawa

Karena ukurannya yang kecil, vacuum cleaner portable mudah dibawa dan dipindahkan kapan saja sesuai kebutuhan. Kamu bisa menggunakannya kapan pun karena tidak memerlukan listrik selama penggunaannya.

Menghemat waktu dan energi

Kegiatan bersih-bersih akan menjadi sangat melelahkan jika kamu membersihkan ruangan yang besar. Namun dengan menggunakan vacuum cleaner portable kamu bisa membersihkannya dalam waktu yang lebih singkat dan tidak memerlukan banyak tenaga.  

Menghilangkan debu di udara

Vacuum cleaner portable dilengkapi dengan filter HEPA yang bisa menghilangkan bakteri dan virus dari udara sehingga akan sangat membantu jika kamu atau anggota keluargamu memiliki alergi debu. Filter HEPA juga bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit yang bisa menular melalui udara. 

2 dari 7 halaman

Berikut adalah kekurangan vacuum cleaner portable:

Butuh waktu untuk pengisian baterai

Vacuum cleaner portable  berbeda dengan vacuum cleaner biasa yang bisa digunakan secara terus menerus. Vacuum cleaner portable perlu waktu untuk pengisian baterai dengan lama penggunaan mulai dari 10 hingga 45 menit, lama pengisian baterai tidak menentu tergantung merek dan tipe vacuum cleaner.

Daya hisap rendah

Berbeda dengan vacuum cleaner biasa yang memiliki daya hisap kuat, vacuum cleaner portable cenderung tidak bisa menyedot debu secara maksimal.

Kapasitas dustbin lebih kecil dibandingkan vacuum cleaner biasa

Karena desainnya yang kecil dan ringan, vacuum cleaner portable memiliki dustbin yang cenderung kecil dibandingkan dengan vacuum cleaner biasa. Kapasitas dustbin berkisar antara 600 hingga 700 ml. Oleh karena itu kamu perlu untuk membersihkan dustbin secara berkala.

Mahal

Dibandingkan dengan vacuum cleaner biasa, vacuum cleaner portable memang memiliki beragam varian dan ukuran namun harganya cenderung lebih mahal.

3 dari 7 halaman

Tips Memilih Vacuum Cleaner Portable

Vacuum Cleaner Portable © Diadona

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan vacuum cleaner portable, kamu juga perlu tips memilih vacuum cleaner jika ingin membelinya. Terdapat banyak sekali jenis vacuum cleaner portable yang memiliki keunggulannya masing-masing. Sebelum memutuskan untuk membeli vacuum cleaner, kamu perlu memperhatikan terlebih dahulu vacuum cleaner jenis apa yang kamu butuhkan, sebaiknya kamu mempertimbangkan beberapa fitur yang ditawarkan oleh vacuum cleaner baru kemudian memilih vacuum cleaner mana yang terbaik untuk kamu gunakan.

Berikut adalah tips memilih vacuum cleaner portable:

Kebutuhan kebersihan

Hal pertama yang perlu kamu pertimbangkan adalah kebutuhan kebersihan bagaimana yang kamu perlukan. Kebutuhan kebersihan yang bisa kamu pertimbangkan seperti apakah kamu memiliki hewan peliharaan, adakah anak-anak di tempat tinggalmu, atau apakah kamu memerlukan vacuum cleaner yang melakukan pembersihan dengan cepat.

Daya tahan baterai

Daya tahan baterai sangat penting karena biasanya vacuum cleaner tidak dilengkapi dengan kabel, jadi sebaiknya kamu memilih vacuum cleaner  yang memiliki daya tahan baterai 20-30 menit dalam penggunaan optimal. Daya tahan baterai juga tergantung kepada seberapa luas ruang yang ingin kamu bersihkan, jika ruang tersebut cukup besar maka lebih baik kamu memilih vacuum cleaner dengan daya tahan baterai cukup lama.

Alergi

Jika kamu memiliki anggota keluarga yang memiliki alergi debu, maka kamu harus memastikan bahwa vacuum cleaner yang kamu pilih telah dilengkapi dengan fitur HEPA filter. HEPA filter akan menangkap debu partikel kecil sehingga udara yang dibuang akan bersih dibandingkan dengan yang dihisap ke vacuum cleaner.

4 dari 7 halaman

Kekuatan vakum

Kekuatan vacuum cleaner portable biasanya diukur dalam volt, sebaiknya kamu memilih vacuum cleaner dengan daya minimal 15-20 volt untuk pembersihan yang lebih efektif. Namun perlu kamu tahu bahwa lebih banyak daya yang digunakan maka daya tahan baterai juga akan semakin singkat.

Ukuran dustbin

Ukuran dustbin akan menentukan seberapa sering kamu perlu mengosongkannya. Sebaiknya kamu memilih vacuum cleaner portable yang memiliki ukuran dustbin agak besar dan mudah dikeluarkan. Namun jika kamu tidak begitu memerlukan pembersihan intensif maka dustbin kecil juga sudah cukup.

Perlengkapan vacuum cleaner

Vacuum cleaner portable biasanya akan dilengkapi dengan beberapa perlengkapan seperti kepala sikat, alat pembersih bulu hewan peliharaan, dan masih banyak lagi. Pertimbangkan kebutuhan kebersihan yang kamu perlukan untuk memilih vacuum cleaner dengan perlengkapan yang sesuai.

5 dari 7 halaman

Tips Menggunakan Vacuum Cleaner Portable

Vacuum Cleaner Portable © Diadona

Agar bisa membersihkan secara efektif dan memaksimalkan kinerja vacuum cleaner portable, kamu bisa memperhatikan beberapa tips ini. Dengan begitu ruang yang kamu bersihkan akan terlihat lebih bersih dan debu yang menumpuk bisa hilang dalam sekejap.

Sebelum membersihkan ruang dengan vacuum cleaner portable sebaiknya kamu memindahkan beberapa furnitur ringan dan singkirkan penghalang yang ada di lantai. Sebaiknya juga kamu membersihkan dengan mulai dari atas dan dilanjutkan ke bawah. Misalnya kamu mulai dari permukaan yang lebih tinggi seperti rak dan meja, kemudian berpindah secara bertahap ke area yang lebih rendah dan terakhir baru membersihkan lantai.

Agar bisa menyedot debu dengan lebih baik, kamu bisa melakukan sedot debu ke berbagai arah terutama jika kamu membersihkan karpet atau permadani. Dengan menggunakan teknik ini, kamu bisa menangkap debu-debu dari berbagai sudut dan hasilnya pun akan lebih memuaskan.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan detail kecil terutama jika kamu sedang membersihkan ruang kecil atau rumit. Kamu bisa memanfaatkan peralatan pendukung vacuum cleaner portable untuk menyedot debu misalnya seperti peralatan untuk menghilangkan bulu hewan peliharaan, menjangkau area debu, dan sebagainya. Pastikan untuk memanfaatkan peralatan aksesoris tersebut untuk memaksimalkan pembersihan vacuum cleaner.

6 dari 7 halaman

Rekomendasi Vacuum Cleaner Portable

Vacuum Cleaner Portable © Diadona

Jika kamu sudah memutuskan untuk membeli vacuum cleaner portable, kamu mungkin akan kebingungan mana yang harus kamu beli karena banyaknya vacuum cleaner yang dijual di pasaran. Rekomendasi vacuum cleaner ini bisa membantumu untuk mempertimbangkan vacuum cleaner mana yang harus kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. 

Berikut adalah beberapa rekomendasi vacuum cleaner portable terbaik:

Krisbow - High Power Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner portable Krisbow ini cocok kamu gunakan untuk membersihkan interior mobil. 

APA - Cordless Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner APA dilengkapi dengan baterai sebesar 2200 mAh dan dustbin sebesar 800 ml.

Kels - Chiba Handled Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner portable Kels selain untuk menyedot debu bisa kamu gunakan untuk membersihkan tumpahan air juga.

Coido - Vacuum Cleaner Cyclonic 12V

Vacuum cleaner portable Coido dilengkapi dengan daya hisap cyclonic yang bisa menyedot debu dengan gerakan memutar dan dilengkapi dengan lampu LED.

Klaz - Cordless UV Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner portable Klaz dilengkapi dengan teknologi UV light yang bisa memberantas tungau.

Jadi, itu tadi ya tentang kelebihan, kekurangan, serta tips vacuum cleaner portable dan rekomendasinya yang bisa kamu pertimbangkan. Semoga membantu!

Penulis: Clarissa Dhea

Beri Komentar