5 Potret Unik Toilet Zaman Kuno, Ada yang Letaknya Dempet-Dempetan Tanpa Sekat!

Reporter : Nasa
Selasa, 23 Juni 2020 18:35
5 Potret Unik Toilet Zaman Kuno, Ada yang Letaknya Dempet-Dempetan Tanpa Sekat!
Kalau sampai sekarang toiletnya masih kayak gitu, gak jadi kebelet deh tiap mau ke belakang.

Toilet menjadi salah satu kebutuhan utama manusia dalam kehidupan sehari-hari. Di masa lalu, keterbatasan toilet memberikan dampak kesehata luar biasa bagi manusia.

Itulah sebabnya berbagai jenis toilet modern yang lazim kita temui sekarang adalah perkembangan dari penemuan desain toilet di masa lalu. Yang tentunya sangat terbatas dan sederhana.

Tak banyak peradaban yang menjadi pelopor atau perintis desain toilet hingga jadi seperti sekarang. Perkembangan toilet zaman dulu biasanya ditemui di lokasi padat penduduk.

Mereka mulai berinovasi dengan membangun toilet maupun toilet umum, agar kehidupan mereka jadi lebih efisien dan juga lebih bersih. Nah kali ini redaksi Diadona mengumpulkan 5 potret zaman kuno yang unik :

1 dari 5 halaman

1. Toilet Abad Pertengahan

Toilet Abad Pertengahan © Diadona
Ketika itu, toilet yang banyak digunakan oleh para bangsawan adalah Garderobe. Desainnya memang sudah mirip dengan toilet modern seperti sekarang.

Kotoran manusia bisa langsung tertampung pada kolam tinja di bawah Garderobe. Jadi toilet yang satu ini termasuk toilet kuno yang cukup bersih.

2 dari 5 halaman

2. Toilet Zaman China Kuno

Toilet Zaman China Kuno © Diadona
Kalau toilet zaman China Kuno biasanya juga masih ditemui sampai sekarang loh. Toilet tradisional di sana biasanya lokasinya jadi satu dengan kandang babi.

Kotoran manusia di toilet tersebut memang sengaja dibuang di sekitar situ untuk diberikan langsung untuk para babi. Wah emangnya gak takut diseruduk babi ya.

3 dari 5 halaman

3. Toilet Abad 19

Toilet Abad 19 © Diadona
Nah pada abad 19 ini bertepatan dengan momen revolusi industri yang merebak di berbagai perkotaan Amerika dan Eropa. Desain toilet bersekat semacam itu lazim digunakan.

Selain menghemat ruangan dan bikin lebih efisien, toilet dengan desain tersebut juga tak memakan banyak biaya pembangunan.

4 dari 5 halaman

4. Toilet Portabel

Toilet Portabel © Diadona
Jangan salah, ternyata sejak zaman dulu sudah banyak yang mengembangkan konsep toilet portabel. Yang sangat efisien untuk digunakan di berbagai tempat dan beragam kondisi.

Toilet portabel ini bahkan sudah digunakan sejak zaman Yunani Kuno. Konon, toilet portabel di masa itu digunakan oleh para perempuan yang tak ingin membuang kotoran mereka di jalanan.

5 dari 5 halaman

5. Toilet Romawi Kuno

Toilet Romawi Kuno © Diadona
Nah kalau yang satu ini memang desain toilet yang paling unik sepanjang sejarang. Desain tersebut ditemui di zaman Romawi Kuno. Pada masa itu, ternyata orang Romawi buang hajat bareng-bareng tanpa sekat.

Uniknya lagi, mereka hanya membersihkan pantat mereka dari kotoran menggunakan spon yang digunakan secara bergantian loh. Wah ngeri-ngeri gimana gitu ya.

Wah untung desain toilet terus berevolusi dari waktu ke waktu ya.

Beri Komentar