Hagia Sophia, Museum Turki Bekas Gereja Ortodoks yang Kembali Difungsikan Jadi Masjid

Reporter : Nasa
Sabtu, 11 Juli 2020 20:35
Hagia Sophia, Museum Turki Bekas Gereja Ortodoks yang Kembali Difungsikan Jadi Masjid
Sebelumnya, Hagia Sophia menjadi destinasi wisata sejarah terkenal di Turki.

Hagia Sophia (Aya Sophia) diputuskan kembali difungsikan menjadi masjid oleh pengadilan Turki. Bangunan yang identik dengan kubah besar yang dikelilingi menara tersebut diputuskan beralih fungsi pada Jumat (10/7/2020).

Lewat putusan itu, pengadilan membatalkan keputusan Presiden Mustafa Kemal Ataturk yang sebelumnya mengubah fungsi Hagia Sophia dari Masjid menjadi museum, pada tahun 1934.

Mengutip dari laman Daily Sabah (11/7/2020), putusan ini menimbulkan berbagai tanggapan dari berbagai pihak. Mengingat Hagia Sophia merupakan salah satu monumen sejarah dunia yang masih berdiri dengan kokoh.

Yunani, menjadi pihak yang menyayangkan putusan pengadilan Turki yang kembali memfungsikannya jadi masjid, atau tempat ibadah bagi umat muslim. Mengingat Hagia Sophia pertama kali didirikan adalah sebagai gereja.

1 dari 2 halaman

Hagia Sophia kembali jadi masjid © Diadona

2 dari 2 halaman

Sejarah Hagia Sophia

Bangunan ikonik Turki tersebut memiliki sejarah yang sangat panjang. Hagia Sophia mulanya adalah bangunan megah yang dibangun pada era Kekaisaran Bizantium pada 537. Kemudian Hagia Sophia digunakan sebagai gereja ortodoks selama lebih dari 900 tahun.

Hingga pada tahun 1453, Sultan Mehmed II dari Kesultanan Ottoman berhasil merebut dan menguasai Istanbul. Pada waktu itu, Hagia Sophia dialih fungsikan menjadi masjid. Sejak saat itu, Kesultanan Ottoman membangun sejumlah menara di sekitar Hagia Sophia.

Mereka juga menambahkan sejumlah ornamen kaligrafi nama-nama khalifah islam di dalam bangunan Hagia Sophia. Menariknya, mereka tetap membiarkan sejumlah ornamen bekas gereja ortodoks pada masa Bizantium.

Selain Yunani, Gereja Ortodoks Rusia juga menyayangkan keputusan pengadilan Turki yang mengalih fungsikan Hagia Sophia menjadi masjid. Seperti yang ditulis oleh laman TASS, putusan itu dianggap tak mempertimbangkan masukan dari gereja.

Wah gimana nih menurut kamu tentang Hagia Sophia yang kembali jadi masjid ini?

Beri Komentar