Brown Canyon, Tebing Batu Memesona di Semarang yang Mirip Kayak Grand Canyonnya Amerika!

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 8 Februari 2021 16:03
Brown Canyon, Tebing Batu Memesona di Semarang yang Mirip Kayak Grand Canyonnya Amerika!
Padahal ini di Indonesia, tapi vibesnya udah kayak di luar negeri!

Di pinggiran Kota Semarang, terdapat daerah perbukitan bekas pertambangan yang telah ditinggalkan. Karena penambangan di sana telah berlangsung sekian lama, tanah di bukit itu kian terkikis. Walaupun dapat dicatat sebagai sebuah kerusakan alam, bukit-bukit yang terkikis itu justru memiliki pesona baru karena mirip dengan tebing Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat.

Dilansir dari Jejakpiknik.com, masyarakat Semarang memberi nama tempat itu Brown Canyon. Sebenarnya, kawasan itu bukanlah tempat wisata resmi yang disediakan oleh pemerintah. Brown Canyon dengan sendirinya menjadi tempat wisata karena keunikan yang dimiliki.

Selain itu, mulai banyaknya masyarakat Semarang yang mencari alternatif liburan yang jauh dari kebisingan pusat kota membuat Brown Canyon menjadi terkenal. Mulai dari sanalah tempat itu kemudian mulai menjadi incaran wisatawan dari luar, baik domestik maupun mancanegara.

1 dari 4 halaman

Awalnya Tambang Galian

      View this post on Instagram      

A post shared by Muh. Nabil Shidqi Zamzami (@abee.shiza)

 

Sebenarnya, fungsi awal Brown Canyon bukanlah sebagai tempat wisata. Kawasan itu terbentuk akibat proses alam dan juga proses galian yang dilakukan oleh para penambang di sekitar Semarang dan Jawa Tengah.

Di kawasan itu, penambangan telah dilakukan bertahun-tahun lamanya bahkan hingga hari ini. Akhirnya setelah sekian lama dilakukan penggalian, bekas tambang itu berubah menjadi tebing-tebing dengan bentuk dan tampilan yang menarik.

2 dari 4 halaman

Sisi Menarik Brown Canyon

      View this post on Instagram      

A post shared by nanang alfian edly (@nanang_a_e)

 

Di kawasan Brown Canyon, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan tebing-tebing tinggi nan curam. Di puncak tebing itu, ada pohon-pohon kecil tumbuh sehingga tampak indah dipandang. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat aktivitas penambangan dari dekat.

Sebenarnya, kawasan ini pernah ditutup karena aktivitas penambangan yang terlalu banyak dan cukup mengganggu. Untuk menuju ke sini, wisatawan harus melintasi jalanan berpasir dan berdebu dan beradu dengan truk-truk pasir yang sering melintasi daerah itu.

3 dari 4 halaman

Spot Foto Favorit di Semarang

Selain kawasan Kota Lama dan Kelenteng Sam Po Kong, Brown Canyon mulai menjadi spot foto favorit di Semarang. Di sana, banyak pasangan muda-mudi yang asyik berfoto selfie dengan latar belakang tebing-tebing indah dan eksotis. Tak jarang pula tempat ini menjadi spot foto untuk keperluan pre-wedding.

4 dari 4 halaman

Tempat Strategis Melihat Senja

      View this post on Instagram      

A post shared by Aris Setiawan (@awan___kinton)

 

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Brown Canyon adalah sore hari. Saat itu, para penambang biasanya sudah selesai beraktivitas dan wisatawan akan bebas dari pungutan parkir liar.

Tak hanya itu, di sore harilah wisatawan dapan menikmati suasana senja. Berada di ketinggian, tempat ini merupakan spot strategis untuk melihat matahari terbenam.

Nah, siapa nih yang mau kesini? Tetap nomor satukan protokol kesehatan ya guys! Jangan sampe malah nanti jadinya bikin malapetaka :(

Beri Komentar