Ajaib, Ada Jalan Tol yang Bisa Bernyanyi di Jawa Timur lho

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 4 Februari 2021 17:20
Ajaib, Ada Jalan Tol yang Bisa Bernyanyi di Jawa Timur lho
Jalan Tol ini bisa menghasilkan suara bernada lagu Happy Birthday to You. Gak percaya?

Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan yang sudah banyak ditemui di kota-kota besar. Jalanan ini berfungsi sebagai pengurai kemacetan. Selain itu, jalan tol juga sebagai penghubung antar kota.

Nah, pernah denger nggak sih ada jalan tol yang bisa bernyanyi? Bukan di Jepang tapi di Indonesia juga ada, lho. Di mana ya?

1 dari 4 halaman

Jalan Tol Bernyanyi di Jawa Timur © Diadona

PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK), berinisiatif untuk memasang singing road atau semacam rumble strip di Ruas Tol Ngawi Kertosono. Uniknya, rumble strip ini bisa memainkan sebuah lagu ketika kita melewatinya.

Melansir dari berbagai macam video, singing road di jalan tol Ngawi Kertosono Kediri ini bisa memainkan lagu Happy Birthday To You. Lalu untuk apa dibuat singing road ini?

2 dari 4 halaman

Tekan Angka Kecelakaan

Rupanya, ada tujuan tertentu dibuatnya singing road ini. Melansir dari liputan 6, hal ini adalah untuk memberikan peringatan kepada para pengguna jalan tol untuk lebih fokus saat mengemudi.

Staf Humas JNK, Ujang Rohmana menuturkan, berdasarkan hasil evaluasi pada Ruas Tol Ngawi-Kertosono di KM 664+200 B memang rawan kecelakaan.

Dengan adanya singing road ini, pengguna jalan diharapkan bisa lebih fokus dan tak mengantuk saat melewati jalan ini.

Nah, sedangkan dipilihnya nada Happy Birthday adalah karena lagu ini sudah sangat melekat di telinga masyarakat.

3 dari 4 halaman

Satu-satunya di Indonesia

Jalan Tol Bernyanyi di Jawa Timur © Diadona

Di Indonesia, singing road Ngawi Kertosono ini merupakan satu-satunya jalan tol bernada yang ada di Indonesia.

" Singing road yang terpasang ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di jalan tol di Indonesia," ungkap Ujang mengutip dari Liputan 6.

4 dari 4 halaman

Sudah Ada di Luar Negeri

Rupanya, singing road ini gak cuma ada di Indonesia lho. Sebelumnya, kita juga udah pernah membahas Melody Road yang ada di Jepang.

Sama halnya dengan di Indonesia, Jepang membuat Melody Road ini untuk membuat pengguna jalan lebih fokus saat berkendara.

Tertarik untuk ke sana?



Beri Komentar