Begini Seramnya Istana Ular di Goa Manggarai Nusa Tenggara Timur

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 2 Februari 2021 17:20
Begini Seramnya Istana Ular di Goa Manggarai Nusa Tenggara Timur
Salah satu wisata ekstrem syarat mitos yang ada di Indonesia.

Indonesia memiliki banyak pesona wisata yang seakan tak ada habisnya. Mulai dari surga tersembunyi hingga wisata ekstrem, Indonesia selalu punya kejutan untuk disuguhkan kepada para wisatawan.

Nah, ada lagi nih, wisata ekstrem yang jadi banyak perbincangan masyarakat. Namanya adalah Goa Manggarai. Bukan wisata Goa biasa, Goa Manggarai terkenal dengan sebutannya, yakni Istana Ular. Pasalnya, Goa ini memang sarang bagi ribuan ular di Indonesia. Seperti apa sih Goa Manggarai ini?

1 dari 4 halaman

Goa Manggarai

Istana Ular Goa Manggarai © Diadona

Goa Manggarai berada di Kampung Weto, Desa Galang-Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Sesuai dengan julukannya, melansir dari berbagai sumber, tempat ini merupakan habitan ular dengan beragam varian ukuran.

Selain itu, ada banyak ular dengan beragam corak mulai dari hitam, hijau, putih, cokelat, dan banyak lagi. Selain menjadi sarang bagi ribuan jenis ular, Goa Manggarai ternyata punya mitos tersembunyi di dalamnya.

2 dari 4 halaman

Mitos Goa Manggarai

Istana Ular Goa Manggarai © Diadona

Goa Manggarai ini memang menjadi habitat dari beragam jenis ular. Namun, kabarnya, berbagai ular ini merupakan hasil pernikahan antar manusia dan ular yang menjelma jadi siluman.

Sang pria bernama Latim dan perempuan bernama Ndasam. Setelah mempersunting Ndasam, Latim diajak tinggal dalam goa. Namun, dalam penglihatan Latim, goa ini merupakan istana yang megah.

3 dari 4 halaman

Rute Menuju Istana Ular

Untuk menuju tempat ini, jaraknya sekitar 75 km dari Kota Labuan Bajo. Bisa ditempuh menggunakan motor ataupun mobil dengan estimasi waktu sekitar 2 jam.

Akses masuk menuju Goa Istana Ular ini juga bagus. Ada fasilitas parkiran, toilet, dan rest area. Bahkan sudah ada spot foto di sini.

4 dari 4 halaman

Ritual Sebelum Masuk Goa

Istana Ular Goa Manggarai © Diadona

Sebelum memasuki Goa, ada ritual yang disibut Teing Tuak. Ini adalah tradisi permisi agar ular-ular dalam goa tak merasa terganggu.

Ada beberapa pantangan yang tak boleh dilakukan pengunjung saat mengunjungi Istana Ular. Pengunjung dilarang mabuk, bakar-bakar, membuang sampah sembarangan, dan dilarang membunyikan motor dengan kencang. Selain itu, dilarang membunuh hewan apapun dalam goa.

Yang unik lagi, dilarang membawa bawang saat masuk dalam goa. Perempuan haid dan yang hamil sebelum genap tiga bulan juga dilarang masuk.

Anehnya, setiap hari Selasa dan hari Sabtu, ular tak bisa ditemukan dalam goa walaupun sudah dilakukan ritual adat.

Untuk bisa masuk ke Goa Manggarai, kamu hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang saja.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjunginya?

Beri Komentar