Beberapa Tempat Wisata di Jakarta ini Boleh Beroperasi Saat PSBB Transisi, di Mana Aja ya?

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 10 Juni 2020 15:20
Beberapa Tempat Wisata di Jakarta ini Boleh Beroperasi Saat PSBB Transisi, di Mana Aja ya?
Siap-siap berwisata nih?

Di tengah pandemi virus Corona COVID-19 kita mungkin akan kesulitan untuk mencari tempat wisata. Pasalnya, semenjak virus Corona mulai menyebar di Indonesia, banyak tempat wisata yang harus tutup untuk sementara waktu. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus Corona COVID-19.

Dilansir dari liputan 6, seiring dengan diaktifkannya kembali perekonomian setelah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta pun sudah mulai memperbolehkan sejumlah tempat wisata untuk beroperasi.

Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta nomor 131 Tahun 2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan Covid-19 di Sektor Usaha Pariwisata yang sudah dimulai secara bertahap.

1 dari 5 halaman

Tempat Wisata dan Fasilitas Olahraga

Dalam Surat tersebut yang telah ditandatangani oleh Kepala Disparekraf DKI, Cucu Ahmad Kurnia, disebutkan bahwa tempat wisata dan fasilitas olahraga outdoor boleh beroperasi pada 5 Juni hingga 2 Juli 2020.

Namun, tempat aktivitas Olahraga seperti kolam renang belum diperbolehkan untuk beroperasi.

2 dari 5 halaman

Usaha Jasa Makanan dan Minuman

Ilustrasi Restaurant © Diadona

Usaha jasa makanan dan minuman juga bisa beroperasi mulai tanggal 8-15 Juni. Usaha jasa makanan dan minuman termasuk yang berdiri sendiri maupun yang berada dalam hotel. Namun, bar yang berada dalam hotel belum diperbolehkan untuk buka.

Sementara itu, untuk usaha jasa makanan di pusat perbelanjaan hanya boleh melayani pesan antar.

Lalu pada tanggal 13 Juni hingga 2 Juli, pusat perebelanjaan, usaha jasa makanan baik yang berdiri sendiri maupun fasilitas hotel atau mall, dibolehkan melayani makan dan minum di tempat.

3 dari 5 halaman

Museum dan Galeri

Museum Nasional Indonesia © Diadona

Wisata edukasi seperti Museum dan Galeri diizinkan untuk beroperasi pada 8 Juni hingga 2 Juli 2020. Namun tetap ada pembatasan untuk untuk jumlah pengunjung. Museum dan galeri diperbolehkan beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen dari gaya tampung normal.

4 dari 5 halaman

Taman Rekreasi dan Kebun Binatang

Ilustrasi Kebun Binatang © Diadona

Taman Rekreasi indoor maupun outdoor bisa dibuka kembali kecuali waterpark. Untuk tanggal operasinya mulai 20 Juni hingga 2 Juli 2020. Meskipun begitu, tetap ada pembatasan pengunjung hingga 50 persen dari kapasitas maksimum.

Selain itu, di tanggal tersebut, wisata kebun binatang juga sudah diperbolehkan untuk buka.

Beri Komentar