Ada Amazon dan Nil, Ini 5 Sungai Terpanjang di Dunia! Tapi Ada yang Mulai Mengering

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 18 Oktober 2022 13:12
Ada Amazon dan Nil, Ini 5 Sungai Terpanjang di Dunia! Tapi Ada yang Mulai Mengering
Ini deretan sungai terpanjang di dunia. Ada yang udah mulai mengering.

Sungai adalah aliran air tawar yang mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Selain menjadi penyalur air dari gunung ke lautan, sungai memiliki pesona dan keindahan yang berbeda antara satu sungai dengan sungai yang lain. Gak heran jika sungai juga kerap dijadikan sebagai tempat wisata. Salah satu keunikan yang dimiliki oleh sungai adalah panjangnya. Bahkan di dunia ini ada beberapa sungai terpanjang di dunia.

Setidaknya ada 5 sungai terpanjang di dunia. Beberapa di antaranya bahkan sudah mulai mengering. Di mana saja itu? Yuk kita simak!

1 dari 6 halaman

1. Sungai Amazon

Sungai Terpanjang di Dunia Amazon © Diadona

Sungai Amazon merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia yang memiliki panjang sekitar 6.400 km. Sungai ini mengalir dari Pegunungan Andes di Peru melewati Ekuador, Kolombia, Venezuela, Bolivia, dan Brasil lalu bermuara ke Samudra Atlantik.

Sungai ini menjadi sumber irigasi pertanian, transportasi dan sumber makanan masyarakat sekitar. Sungai ini juga menjadi habitat bagi spesies-spesies unik dan dilindungi. Melansir dari Amazonaid.org, sungai ini menjadi sarang lebih dari 2.500 spesies ikan dan lumba-lumba air tawar.

2 dari 6 halaman

2. Sungai Nil

Sungai Terpanjang di Dunia Nil © Diadona

Sungai nil jadi salah satu sungai terpanjang di dunia. Panjangnya sekitar 6.695 km. Sungai Nil ini mengalir dari selatan ke utara Afrika Timur.

Selain keunikan dan keindahannya, Sungai Nil menjadi sungai yang memiliki peran penting dalam membantu masyarakat Mesir untuk menyuburkan tanahnya dan sebagai irigasi. Sungai Nil juga menjadi sumber air vital bagi masyarakat sekitarnya.

3 dari 6 halaman

3. Sungai Yangtze

Sungai Terpanjang di Dunia Yangtze © Diadona

Sungai Yangtze berada di Asia dan menjadi salah satu sungai terpanjang ketiga di dunia. Panjangnya kurang lebih 6.300 km mengalir dari Dataran Tinggi Tibet kemudian bermuara ke Laut Cina Timur.

Selama ribuan tahun, sungai Yangtze telah berperan penting dalam menyediakan sumber air, irigasi, sanitasi, transportasi, hingga industri masyarakat sekitar. Sungai ini juga menjadi penanda batas negara.

4 dari 6 halaman

4. Sungai Yenise

Sungai Terpanjang di Dunia Yenise © Diadona

Sungai Yenise berada di Rusia Tengah. Panjangnya 5.550 km mengalir melalui Mongolia dan Rusia. Sungai ini menjadi sumber pembangkit listrik tenaga air dan jadi kilang minyak yang terletak 50 km di bagian hilirnya.

Selain itu, sungai ini juga menjadi habitat ikan dan berbagai spesies hewan seperti Rusa Kesturi Siberia, Rusa Besar, dan juga Ruse Roe.

5 dari 6 halaman

5. Sungai Mississippi

Sungai Terpanjang di Dunia Mississippi © Diadona

Sungai Mississipi memiliki panjang 6.274 km. Sungai ini berada di Amerika Utara yang mengalir menuju Teluk Meksiko. Sungai ini mengalir melewati 10 negara bagian Amerika Serikat, dan menjadi pembatas dari negara bagian di Amerika Serikat.

Sungai ini menjadi sumber energi hidroelektrik untuk industrialisasi di AS. Selain itu, Sungai ini menjadi sumber air minum, habitat berbagai spesies ikan yang berperan secara ekologis maupun komersial.

Sayangnya, baru-baru ini beredar kabar bahwa Sungai Mississipi ini mengering. Melalui foto yang diunggah oleh CNN, memperlihatkan bagaimana dasar dari sungai Mississippi yang terlihat jelas karena debit airnya yang cukup rendah.

" Sungai telah turun cukup rendah sehingga Anda bisa berjalan ke Tower Rock dan tidak membuat kaki Anda basah atau berlumpur," kata penduduk sekitar melansir dari CNN.

Ternyata, lebih dari 55% wilayah sekitar mengalami kekeringan sejak April. Kekeringan ini meliputi 70% Arkansas dan hampir 40% Missouri, naik dari hanya 5% sebulan yang lalu.

Curah hujan di beberapa lokasi memang mencapai rekor terendah di beberapa minggu terakhir ini.

Beri Komentar