Selain Sungai Aare, Ini 5 Sungai yang Ada di Swiss

Reporter : Sheila Fathin
Jumat, 27 Mei 2022 14:32
Selain Sungai Aare, Ini 5 Sungai yang Ada di Swiss
Rata-rata sungai di Swiss memiliki jarak yang cukup jauh

Sungai merupakan aliran air alami yang mengalir menuju samudra, laut, danau atau aliran yang merupakan bagian dari siklus hidrologi. Air sungai ini umumnya terkumpul dari pengendapan cekungan drainase dari limpasan permukaan. Selain itu juga bisa berasal dari air tanah, mata air dan pelepasan air yang tersimpan dalam es alami dan glester.

Sungai ini sendiri sering dimanfaatkan oleh masyarakat yang dekat dengan sungai. Selain itu si Swiss sendiri memiliki banyak sungai yang bisa kalian kunjungi saat pergi ke sana. Apa saja? Yuk, simak!

1 dari 5 halaman

Sungai Aare

Sungai di SwissSungai di Swiss © shutterstock.com

Sungai Aare merupakan sungai dengan panjang 288 kilometer. Sungai Aare sendiri merupakan sungai terpanjang di Swiss. Selain itu kualitas air di sungai ini sangat baik. Namun, sungai Aare ternyata memiliki arus sungai yang deras.

2 dari 5 halaman

Sungai Arve

Sungai di SwissSungai di Swiss © shutterstock.com

Sungai Arve memiliki panjang 100km (62 mil). Sungai ini melintasi Haute-Savoie, Prancis dan untuk beberapa kilo di Swiss. Sungai Arve ini merupakan anak sungai dari Rhone.

Sungai Arve bermuara di Alepn Graia yang dekat dengan perbatasan Swiss dan menerima air dari glasier lembah Chamonix sbeelum mengalir ke barat laut Rhone di bawah Jenewa. Selain itu pemadangan sungi Arve mirip dengan mulut sungai Amazon.

3 dari 5 halaman

Sungai Rhone

Sungai di SwissSungai di Swiss © shutterstock.com

Sungai Rhone merupakan sungai yang digunakan sebagai rute dagang transportasi yang penting. Dulu berlayar di sungai Rhone dengan kapal barang memakan waktu 3 minggu. Sedangkan sekarang hanya membutuhkan waktu 3 hari. Sungai Rhone sendiri merupakan sungai besar di Eropa yang membentang melalui Swiss dan Prancis

4 dari 5 halaman

Sungai Rhein

Sungai di SwissSungai di Swiss © shutterstock.com

Sungai Rhein dalah salah satu sungai paling panjang di Eropa yang panjangnya 1.230 km. Bersama dengan Sungai Donau membentuk banyak perbatasan utara Kekaisaran Romawi dan sejak saat itu telah menjadi jalur air penting yang bisa dilayari, memengaruhi perdagangan di pedalaman.

5 dari 5 halaman

Sungai Reuss

Sungai di SwissSungai di Swiss © shutterstock.com

Sungai Reuss adalah sebuah sungai di Swiss. Dengan panjang 164 kilometer (102 mi) dan cekungan drainase 3.426 kilometer persegi (1.323 sq mi), itu adalah sungai terbesar keempat di Swiss (setelah Rhine, Aare dan Rhône). Reuss bagian atas membentuk lembah utama kanton Uri. Jalur Reuss yang lebih rendah membentang dari Danau Lucerne ke pertemuan dengan Aare di Brugg dan Windisch.

Beri Komentar