7 Air Terjun Paling Tinggi dan Indah di India, Ada yang Dijuluki sebagai Niagara versi Mini

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 29 Juli 2023 14:29
7 Air Terjun Paling Tinggi dan Indah di India, Ada yang Dijuluki sebagai Niagara versi Mini
Tertarik buat mengunjunginya?

Terkenal lewat budaya, industri film, hingga kulinernya, ternyata India juga menyimpan keindahan alam yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Di negara ini, tersaji banyak air terjun dengan keindahan yang beragam.

Ada yang terletak di antara perbukitan, kawasan hutan, hingga di dalam gua. Tak cuma lokasinya yang beragam, sejumlah air terjun ini juga punya keindahan masing-masing.

Apa saja, simak selengkapnya ya~

1 dari 4 halaman

1. Air Terjun Kunchikal

Air Terjun Kunchikal © Diadona

Air Terjun Kunchikal terletak di Distrik Shimoga Karnataka, tepatnya di dalam hutan hujan Agumbe. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di India, sekaligus air terjun terbesar kedua di Asia. Lokasi ini menerima curah hujan setiap tahun sehingga bisa terus mengalirkan air dari ketinggian 455 meter.

2. Air Terjun Barehipani

Air Terjun Barehipani © Diadona

Air terjun tertinggi kedua di India ditempati oleh Air Terjun Barehipani. Terletak di dalam Taman Nasional Simlipal di Mayurbhanj, air terjun ini menurunkan air dari ketinggian 399 meter. Lokasi ini menjadi salah satu destinasi menarik di Odisha yang berhasil mengundang para trekker dan wisatawan dari seluruh India.

2 dari 4 halaman

3. Air Terjun Nohkalikai

Air Terjun Nohkalikai © Diadona

Air terjun Nohkalikai menjatuhkan aliran air dari ketinggian 340 meter. Lokasinya terletak di antara Bhutan dan Bangladesh, tepatnya di Distrik East Khasi Hills, Meghalaya, India Timur. Air Terjun ini menerima curah hujan yang cukup tinggi, sehingga dilengkapi dengan jembatan akar dan kekayaan flora. Menariknya, destinasi ini uga dikukuhkan sebagai air terjun tertinggi di dunia oleh World Waterfall Database.

4. Air Terjun Nohsngithiang

Air Terjun Nohsngithiang © Diadona

Nohsngithiang merupakan air terjun tertinggi keempat di India. Terletak di distrik perbukitan di Khasi Timur, air terjun ini juga dikenal dengan julukan " Seven Sisters Waterfalls in the Indian state of Meghalaya" . Destinasi yang satu ini, diapit oleh bukit-bukit hijau sehingga menghasilkan tujuh aliran berbeda yang mengarah ke bawah tebing kapur.

3 dari 4 halaman

5. Air Terjun Dudhsagar

Air Terjun Dudhsagar © Diadona

Air terjun yang satu ini punya lokasi yang cukup unik dibandingkan air terjun lainnya di India. Terletak di Goa, air terjun Dudhsagar berbatasan dengan Karnataka di India Barat. Air terjun ini juga diapit oleh Cagar Akam Bhagwan Mahaveer dan Taman Nasional Mollem. Untuk bisa mencapai dasar air terjun, pengunjung bisa melakukan trekking atau menyewa jeep.

6. Air Terjun Chitrakot

Air Terjun Chitrakot © Diadona

Chitrakot dinobatkan sebagai air terjun terluas di India. Bentuknya cukup unik, yakni menyerupai tapal kuda, dan seringkali mencapai volume penuh selama musim hujan. Karena luas dan bentuknya inilah, Chitrakot dijuluki sebagai air terjun Niagara versi mini. Di lokasi ini pula, berbagai festival keagamaan untuk menghormati dewa-dewa Hindu sering digelar.

4 dari 4 halaman

7. Air Terjun Talakona

Air Terjun Talakona © Diadona

Air Terjun Talakona terletak di Taman Nasional Sri Venkateswara di Chittor, India Tenggara. Air terjun yang satu ini dipenuhi batu berlumut dan dikelilingi hutan. Meski tidak terlalu tinggi, suasana di sekitar air terjun benar-benar menenangkan dengan gemuruh air dan pepohonan rindang.


Tertarik mengunjungi salah satunya?

Beri Komentar