Menyusuri Keindahan Lencois Maranhenses, Gurun Seribu Oase yang Ada di Brasil

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 23 Februari 2022 13:00
Menyusuri Keindahan Lencois Maranhenses, Gurun Seribu Oase yang Ada di Brasil
Unik, Gurun ini memiliki banyak Oase yang jadi habitat hewan-hewan air. Keindahannya membuatnya jadi tempat wisata warga lokal.

Dunia memang tak hentinya menawarkan keindahan alam mereka. Meskipun sudah banyak wisata-wisata alam dengan keunikannya, nyatanya masih banyak juga tempat-tempat di bumi ini yang masih 'perawan' dan belum pernah tersentuh sama sekali oleh tangan manusia.

Dari gunung, hutan, sungai, danau, hingga pantai semua memiliki keindahan yang dapat memanjakan mata. Bahkan gurun yang panas dan gersang juga memiliki pesona tersendiri bagi manusia. Salah satunya adalah gurun pasir Lencois Maranhenses.

Berbeda dengan gurun pasir yang dikenal gersang, gurun pasir Lencois Maranhenses justru memiliki banyak kolam-kolam oase sehingga disebut Gurun Seribu Oase. Seperti apa kecantikannya? Yuk kita intip!

1 dari 3 halaman

Lencois Maranhenses

Lencois MaranhensesLencois Maranhenses © instagram.com/alexsouza.art

Lencois Maranhenses adalah sebuah gurun yang ada di Maranhao, Brasil. Dataran pasir ini memiliki luas hingga 1.000 kilometer dan menjadi rumah bagi puluhan kolam jernih. Danau-danau dengan air jernih kehijauan memenuhi dataran pasir yang ada di sana.

Tak heran jika tempat ini memiliki julukan Gurun Pasir Seribu Oase. Lalu, bagaimana dataran pasir dengan puluhan kolam ini terbentuk?

2 dari 3 halaman

Terbentuknya Oase-oase di Gurun Pasir

Lencois MaranhensesLencois Maranhenses © instagram.com/lencoismaranhensesoficia

Melansir dari Amusing Planet, dataran pasir Lencois Maranhenses terbentuk karena proses alami yang berlangsung selama ribuan tahun. Karena lokasinya yang berada di lepas cekungan Amazon membuat daerah ini menjadi kolam raksasa saat musim hujan tiba. Akibatnya curahan air hujan memenuhi seluruh lembah.

Nah, ketika frekuensi turunnya hujan mulai berkurang, volume air yang membanjiri lembah ikut berkurang. Sebagian menguap, menyisakan cekungan-cekungan kecil berisi air jernih yang berubah jadi kolam temporer pada bulan Juli hingga September.

3 dari 3 halaman

Keindahan Lencois Maranhenses

Lencois MaranhensesLencois Maranhenses © instagram.com/lencoismaranhensesoficia

Terlepas dari teori terbentuknya tempat ini, Gurun Pasir Lencois Maranhenses memiliki keindahan sehingga membuat masyarakat penasaran untuk mendatanginya. Tempat ini pun menjadi tempat wisata bagi warga sekitar.

Di sini, kamu bisa bebas bersepeda, mendaki puncak gurun, bahkan berenang di kolam. Uniknya, beberapa laguna terisi oleh ikan yang terbawa dari dua sungai yang melintasi tempat ini. Tak hanya itu, burung dan juga kura-kura juga banyak ditemui di sini.

Tertarik untuk ke tempat ini Diazens?

Beri Komentar