9 Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri, Solusi Cepat dan Praktis

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 25 Maret 2024 19:21
9 Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri, Solusi Cepat dan Praktis
Jangan panik dulu, simak tips dan caranya di bawah ini ya~

Tips atau cara mengatasi layar HP gerak sendiri bisa dibilang gampang-gampang susah. Tergantung dari penyebabnya saja, jika memang hanya faktor yang mudah seperti kotor terkena minyak atau air, ya tinggal dibersihkan saja.

Jadi, kita pasti pernah menemui layar HP yang bergerak tanpa kita sentut. Tapi hal seperti ni ternyata bisa kok diperbaiki tanpa pergi ke tempat servis. Diadona telah merangkum beberapa cara mengatasi layar HP gerak sendiri khusus untuk kamu.

Jadi mari kita simak beberapa caranya di bawah ini. Jangan lupa simak artikelnya sapai habis ya!

1 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri © Diadona© Freepik.com

Mengapa Layar HP Bisa Bergerak Sendiri?

Sebelum kita masuk ke cara atau langkah konkretnya, penting untuk memahami penyebab umum dari masalah ini. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan layar HP bergerak sendiri antara lain:

  • Sensitivitas Layar yang Tinggi
    Terkadang, sensitivitas layar yang terlalu tinggi dapat membuatnya merespons terhadap sentuhan yang tidak disengaja, bahkan tanpa sentuhan langsung.
  • Masalah Perangkat Lunak
    Perangkat lunak yang usang atau tidak kompatibel dengan perangkat Anda dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk gerakan layar yang tidak diinginkan.
  • Gangguan Elektromagnetik
    Sinyal elektromagnetik yang berasal dari perangkat lain atau lingkungan sekitar dapat mempengaruhi perilaku layar HP.

2 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri © Diadona© Freepik.com

Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi layar HP gerak sendiri yang bisa kamu coba.

Cek Bagian Screen Guard HP

Screen guard atau pelindung layar adalah perlengkapan umum yang digunakan oleh banyak pengguna HP untuk melindungi layar dari goresan dan kerusakan fisik lainnya. Namun, terkadang pemasangan screen guard yang tidak sempurna dapat menyebabkan masalah pada layar.

Jadi, kamu perlu memeriksa kembali pemasangan screen guard itu. Lepaskan pelindung layar dan periksa apakah ada kotoran atau debu di bawahnya. Bersihkan layar menggunakan kain mikrofiber dan pastikan tidak ada debu sebelum memasang kembali screen guard. Pastikan pula bahwa screen guard terpasang dengan benar dan tanpa kantong udara di bawahnya.

Bersihkan Layar HP Jika Kotor

Lalu, beerbagai kotoran seperti minyak, atau noda lainnya yang menempel pada layar HP juga akan mengganggu responsivitas layar. Tau nggak sih, kotoran-kotoran ini, yang juga termasuk air akan membuat sensor pada layar tidak bekerja dengan baik, sehingga menyebabkan gerakan tak terduga.

Jadi, bersihkan layar HP dari kotoran-kotoran ini agar layar sentuh kembali seperti semula. Pastikan untuk tidak menekan terlalu keras saat membersihkan agar tidak merusak layar ya, Diazens.

3 dari 6 halaman

Gunakan Charger Asli

Kemudian, penggunaan charger palsu atau charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi HP dapat menyebabkan masalah kelistrikan yang memengaruhi kinerja layar. Pasalnya, charger abal-abal akan menghasilkan arus yang tidak stabil atau terlalu tinggi, yang mana akan merusak komponen HP, termasuk layar.

Restart HP

Next, merestart HP adalah langkah sederhana namun efektif untuk mengatasi berbagai masalah, termasuk layar yang bergerak sendiri. Nggak cuma itu, merestart HP juga emberi kesempatan bagi perangkat untuk memulai ulang dan kembali ke kondisi awal yang lebih stabil.

Untuk merestart HP, tahan tombol daya atau tombol power selama beberapa detik hingga muncul opsi untuk mematikan perangkat. Pilih opsi " Restart" dan tunggu sampai proses restart selesai. Setelah HP hidup kembali, periksa apakah masalah layar yang bergerak sendiri.

4 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Layar HP Gerak Sendiri © Diadona© Freepik.com

Hindari Overheat

Kemudian, faktor panas berlebih pada HP juga dapat memengaruhi kinerja layar dan sensor-sensornya. Overheating bisa disebabkan oleh penggunaan yang berlebihan ataupun aplikasi yang berjalan secara berlebihan.

Pasalnya, ketika suhu perangkat naik, beberapa komponen internal mungkin tidak berfungsi dengan baik, termasuk sensor pada layar. Untuk mencegah overheating, pastikan untuk tidak menggunakan HP secara berlebihan apalagi dengan kondisi dicas.

Tutup Semua Background Aplikasi

Cara mnegatasi layar HP gerak sendiri yang selanjutnya adalah dengan menutup semua aplikasidi latar belakang. Background aplikasi yang berjalan secara terus-menerus dapat membebani sistem dan menyebabkan gangguan pada layar.

Untuk mengatasi hal ini, pastikan untuk menutup semua aplikasi yang tidak sedang digunakan. Langkah ini juga akan menghemat konsumsi batera HP loh Diazens.

5 dari 6 halaman

Update Software

Beberapa masalah pada layar HP terkadang terjadi karena software yang sudah usang. Padahal, developer sering mengeluarkan pembaruan untuk memperbaiki bug dan meningkatkan kinerja perangkat secara keseluruhan.

Jadi, pastikan kamu memperbarui perangkat lunak secara teratur. Caranya bisa dengan mengaktifkan pembaruan otomatis atau memeriksa pembaruan secara manual. pembaruan perangkat lunaka atau software ini sangat sederhana tapi efeknya akan luar biasa.

Lakukan Factory Reset

Jika banyak cara sudah kamu lakukan dan tidak berhasil, maka cara yang bisa kamu coba adalah melakukan factory reset. Ini akan mengembalikan HP ke pengaturan awal dan menghapus semua data pribadi, pada tahap ini kondisi HP akan seperti baru lagi.

Namun, perlu kamu perhatikan juga untuk mencadangkan semua data penting sebelum melakukan langkah ini. Kamu bisa mencadangkan data di cloud ataupun di memori eksternal seperti hard disk.

6 dari 6 halaman

Bawa ke Gerai Servis

Terakhir, jika masih tidak ada perubahan, maka jalan satu-satunya adalah dengan membawa HP kamu ke gerai servis yang terpercaya. Di sana pasti kamu akan diberikan sosluis dari kendala smartphone kamu.

Jadi itu ya Diazens beberapa cara mengatasi layar HP gerak sendiri yang bisa kamu lakukan. so, selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Beri Komentar