4 Kota Tak Berpenghuni di Dunia yang Bisa Jadi Obyek Wisata Liburan

Reporter : Sheila Fathin
Kamis, 27 Januari 2022 15:00
4 Kota Tak Berpenghuni di Dunia yang Bisa Jadi Obyek Wisata Liburan
Di mana aja nih tempat-tempat tak berpenghuni yang bisa kamu kunjungi?

Rasa-rasanya berlibur ke pantai dan pegunungan sudah banyak dan sering dilakukan oleh banyak orang. Bagaimana kalau kamu coba untuk berkunjung ke tempat di mana jarang dan bahkan tidak ada satu orang pun yang tinggal di sana? Tempat wisata ini dinamakan tempat tidak berpenghuni di dunia. Di sana terdapat pulau yang mirip dengan planet luar angkasa dan pulau yang memiliki fenomena gravitasi nol. Nah, beberapa tempat ini bisa kamu kunjungi untuk menambah tujuan wisatamu yang nggak hanya itu-itu saja. Apa saja? Yuk, simak!

1 dari 4 halaman

Danakil Depression, Ethiopia

Danakil Depression, Ethiopia © Diadona

Danakil Depression, Ethiopia merupakan tempat yang dikenal sebagai tempat terpanas di bumi. Letaknya berada di Ethiopia yang merupakan kawasan gurun dengan bebatuan warna-warni hasil dari belerang, sulfur, mineral, dan garam. Danakil Depression, Ethiopia disebut sebagai 'Pintu Gerbang Neraka' karena memiliki rata-rata termperatur 40 derajat celcius pada musim dingin dan 60 derajat pada musim panas.

Walau tempat ini tak berpenghuni, wisatawan masih diperbolehkan berkunjung ke tempat ini untuk menikmati keindahan alamnya. Pada siang hari, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan bebatuan warna-warni serta kolam air belerang yang menawan. Sedangkan pada malam hari, kawah-kawah api dan kilauan batuan sulfur akan menghiasi pemandangan. Di tambah pengunjung dapat berjalan di atas danu yang memiliki ketebalan permukaan mencapai 2 km.

2 dari 4 halaman

Pripyat, Ukraina

Pripyat, Ukraina © Diadona

Kota Pripyat di Ukraina ini merupakan kota yang telah ditinggalkan oleh penduduknya dan hanya menyisakan bangunan-bangunan tak berpenghuni yang terbengkalai. Pripyat menjadi kota mati setelah terjadi ledakan bom nuklir Chernobyl yang meledak sangat dahsyat. Kejadian ini menjadi salah satu tragedi nuklir terbesar di dunia selain bom atom yang berada di Jepang pada Perang Dunia II.

3 dari 4 halaman

Danau Vostok

Danau Vostok © Diadona

Danau Vostok ini terkubur di bawah es Benua Antartika 15 juta tahun lamanya. Danau ini merupakan danau purba dan menjadi salah satu lingkungan yang paling ekstrem di bumi. Rahasia danau Vostok tidak pernah diketahui sebelumnya hingga tima ilmuwan dari Bowling Green Stat University, AS menemukan 3.057 urutan gen yang 1.632 di antaranta cocok dengan urutan gen organisme yang kita kenal saat ini dan masih banyak lainnya.

4 dari 4 halaman

Pulau Devon, Kanada

Pulau Devon, Kanada © Diadona

Pulau Devon ini memiliki kontur tanah yang sangat tandus seperti gurun dan dipenuhi dengan bebatuan. Pulau ini juga tidak berpenghuni seperti planet Mars. Maka pantas saja jika pulau ini diberi julukan 'Mars di Bumi'. Ditambah pulau ini sejak tahun 2001 ditetapkan NASA sebagai lokasi penelitian Internasional yang disebut Haughton Mars Project (HMP). Untungnya, pemerintah Kanada memperbolehkan turis untuk berkujung ke pulau ini.

Beri Komentar