21 Wisata Kota Batu Malang Terbaru 2023, Paling Kece dan Wajib Banget Kamu Kunjungi!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 8 Juni 2023 09:19
21 Wisata Kota Batu Malang Terbaru 2023, Paling Kece dan Wajib Banget Kamu Kunjungi!
Berwisata ke Kota Batu, kamu bisa mengunjungi wahana edukasi dan permainan penuh adrenalin, menikmati pemandangan alam dari ketinggian serta wisata kuliner malamnya untuk menghangatkan tubuh.

Wisata kota Batu Malang sudah lama dikenal berkat keberagaman destinasi dan juga keunikannya. Ada wisata alam, wahana bermain dan tak lupa wisata kulinernya yang bikin kangen. Tak hanya itu, wisata kota Batu Malang sendiri juga menawarkan tujuan-tujuan unik yang tak mudah kamu temukan di tempat lain. Gak heran dong ya, kalau sejauh ini Batu selalu jadi jujugan wisata favorit.

Menurut info dari laman Batukota.go.id, Senin (8/2/2021), Batu terkenal sebagai kawasan peristirahatan sejak abad ke-10 loh. Faktor utamanya adalah, lokasinya yang berada dataran tinggi, sehingga menjadi kawasan yang sejuk dan dingin.

Makanya saat bertandang ke Kota Batu, kamu pasti akan mendapatkan suasana perkotaan dingin yang sejuk dan menenangkan. Meski begitu, kamu juga bisa dengan mudah mendapatkan beragam wisata unik yang bisa memacu adrenalinmu. Kamu juga bisa dapatkan wisata edukasi yang asik.

Terus juga ada wisata petik buah-buahan khas dataran tinggi yang bisa bikin kamu merasa 'tenang' sekaligus bahagia, karena bisa kembali ke alam. Belum lagi, wisata Kota Batu Malang juga menyuguhkan beragam kuliner khas yang dijamin bakal bikin kamu kangen terus untuk balik ke sana.

Nah ini dia 25 rekomendasi wisata Kota Batu Malang terbaru yang sudah Diadona himpun dari berbagai sumber :

1 dari 3 halaman

Wisata Kota Batu Malang

Wisata Kota Batu - Paralayang © Diadona

Sebelum bertandang ke Kota Batu, alangkah baiknya jika kamu mempersiapkan terlebih dahulu, tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi. Soalnya wisata Kota Batu Malang punya banyak banget lokasi unik yang sebenernya sayang banget untuk dilewatkan. Makanya, kamu harus tentuin priotitas mana yang ingin kamu datangi terlebih dahulu.

1. Paralayang

Wisata Batu, Malang - Paralayang © Diadona

Berada di ketinggian 1315 mdpl, di sini kamu bisa menikmati panorama gunung dengan pemandangan perkotaan di bagian bawah. Paralayang Batu juga merupakan salah satu tempat paralayang terbaik di Indonesia lho! Cocok banget untuk kamu yang ingin menjajal wisata adrenalin. 

Selain wahana permainan paralayang, kamu juga bisa menikmati fasilitas unik omah kayu dan juga taman langit yang mengeksplore keindahan alam kota Batu dari ketinggian.

Tiket masuk : 

  • Weekdays : Rp. 10 ribu
  • Weekend : Rp. Rp. 15 ribu
  • Parkir Motor : Rp. 5 ribu
  • Parkir Mobil : Rp. 10 ribu
  • Paket Paralayang : Rp. 450 ribu - 850 ribu

2. Goa Pinus

Wisata Batu, Goa Pinus © Diadona

Berada di area penuh pohon pinus, tak heran jika goa yang satu ini diberi nama Goa Pinus. Goa peninggalan Jepang ini memiliki daya tarik alami berupa pemandangan yang indah dan rindang, serta hawa sejuk khas Kota Batu, Malang.

Di sini pengunjung dapat berfoto-foto di berbagai spot instagramable yang telah disediakan pengelola, seperti sekitar pohon pinus, balon udara, perahu melayang, sangkar lingkaran, gazebo akar, dan beberapa spot foto lainnya.

Tiket Masuk:

  • Weekday & Weekend: Rp 10.000
  • Lego Spot: Rp 10.000
  • Rumah Papua: Rp 10.000
  • Parkir Mobil: Rp 10.000

3. Kebun Bunga Matahari dan Peternakan Kuda Megastar

Ladang Bunga Matahari © Diadona

Memanjakan mata saat berwisata dengan melihat indahnya ladang bunga matahari di Kota Batu. Tentunya pengunjung dapat berfoto di tengah hamparan bunga matahari, sambil menggunakan properti yang disediakan oleh pihak pengelola secara gratis.

Sayangnya, wisata ini hanya dibuka untuk umum ketika bunga matahari telah mekar. 

Selain itu, jangan lewatkan pula untuk berkunjung di Peternakan Kuda Megastar yang tentunya memiliki puluhan kuda yang bisa pengunjung ajak foto bersama. Selain berfoto bersama, kuda-kuda di peternakan megastar juga dapat disewa untuk dinaiki oleh pengunjung.

Tak perlu khawatir, setiap pengunjung akan dipandu oleh tour guide yang akan menjelaskan mengenai Peternakan Kuda Megastar dan bisa untuk membantu memotret pengunjung bersama kuda.

Tiket Masuk:

  • Tiket Kebun Bunga Matahari: Rp 10.000
  • Jasa Fotografer: Rp 15.000
  • Tiket Peternakan Kuda Megastar: Rp 25.000
  • Parkir Kendaraan: Rp 2.000
  • Naik Kuda: Rp 50.000

4. Coban Talun 

Wisata Batu, Coban Talun © Diadona

Tak lengkap rasanya berkunjung ke Kota Batu tanpa mampir ke wisata air terjunnya yang indah, salah satunya yakni Coban Talun. Keindahan wisata Coban Talun sudah bisa dinikmati sejak perjalanan menuju air terjun, karena pengunjung akan disuguhi pemandangan pegunungan dan tanaman hias yang indah. 

Sesampainya di Coban Talun, jangan lupa untuk berfoto di area sekitar air terjun. Selain itu, pengunjung juga bisa berenang atau bermain air dengan tetap berhati-hati, karena aliran air dari coban setinggi kurang lebih 60 meter ini terbilang cukup deras.

Tiket Masuk:

  • Setiap Hari: Rp 12.000
  • Parkir Motor: Rp 2.000

5. Pemandian Air Panas Cangar

Wisata Batu, Cangar © Diadona

Tentu menyenangkan jika bisa menikmati udara Kota Batu yang sejuk sembari menghangatkan badan. Pemandian Air Panas Cangar, bisa jadi pilihan wisata alam bagi kamu yang lelah dengan aktivitas di perkotaan. Terletak di kaki gunung, pemandian air panas ini menawarkan sensasi relaksasi dari kegiatan berendam di air hangat yang berasal dari sumber mata air alami. 

Tiket Masuk:

  • Pemandian Air Panas Cangar: Rp 16.500
  • Kolam Keluarga: Rp 100.000/jam
  • Parkir Motor: Rp 3.000
  • Parkir Mobil: Rp 5.000

6. Flora Wisata San Terra 

Wisata Batu, Flora Wisata © Diadona

Taman dengan hamparan bunga yang indah dan berwarna-warni, menjadi daya tarik utama Flora Wisata Santerra. Tidak hanya satu macam, pengunjung bisa melihat aneka jenis bunga yang ditanam di taman ini, sekaligus mencari tahu jenis dan asal-usulnya. 

Replika bangunan luar negeri khas Eropa, seperti Belanda juga menjadi spot foto populer di Flora Wisata Santerra. Jika sudah bosan mengambil foto dan selfie di berbagai spot aesthetic di taman bunga, pengunjung bisa mencoba wahana-wahana seru yang disediakan oleh pengelola. 

Tiket Masuk:

  • Weekday: Rp 30.000 & Rp 25.000 (anak-anak usia 3-4 tahun)
  • Weekend: Rp 35.000 & Rp 30.000 (anak-anak usia 3-4 tahun)
  • Aneka Wahana: Rp 20.000 - Rp 30.000

7. Pura Giri Arjuno

 

Pura Luhur Giri Arjuno © Diadona

Kota Batu yang terkenal dengan wisata alamnya, ternyata memiliki wisata religi yang juga bisa dikunjungi oleh wisatawan pemeluk agama lain. Pura Giri Arjuno, merupakan tempat ibadah umat Hindu yang masih aktif digunakan hingga saat ini, sehingga pengunjung pun harus menjaga sikap dan tidak mengganggu jalannya ibadah di Pura ini. 

Memiliki luas 6 hektar dan berada di lereng Gunung Arjuna, Pura Giri Arjuno memiliki pemandangan yang indah. Wisatawan dapat melihat perkotaan dari dataran tinggi dengan ditemani angin sepoi-sepoi. Karena masih difungsikan sebagai tempat beribadah, Pura Giri Arjuno pun buka setiap hari dan 24 jam. 

Tiket Masuk:

  • Gratis

2 dari 3 halaman

Tempat Wisata Kota Batu

Wisata Kota Batu - Pemandian Air Panas Cangar © Diadona

Berikutnya, Diadona juga menghadirkan deretan tempat wisata Kota Batu yang bisa kamu jadikan sebagai tambahan referensi. Gak asik kan? Kalau udah nyampe sana, tapi bingung tempat wisata Kota Batu mana yang bakal dituju. Ini dia nih list rekomendasinya.

8. Museum Angkut

Wisata Batu, Museum Angkut © Diadona

Menilik ratusan koleksi transportasi dari seluruh dunia dan dari masa ke masa di Museum Angkut. Tidak hanya mobil, pengunjung juga bisa melihat motor, kapal, pesawat, hingga helikopter yang dipajang di museum transportasi terbesar di Asia ini. Cocok banget dijadikan destinasi wisata bersama keluarga dan anak-anak, karena penuh dengan hiburan dan edukasi. 

Di buka pada tahun 2014, museum ini dibuat seperti taman bermain sehingga pengunjung dijamin tidak akan bosan berkeliling di area museum. Terdapat aneka wahana, penampilan, hingga parade yang bisa dicoba dan disaksikan di Museum Angkut, setiap harinya.

Tiket Masuk:

  • Weekday: Rp 100.000
  • Weekend: Rp 120.000
  • Paket Jatim Park 1 + Museum Angkut: Rp 170.000

9. Predator Fun Park

Wisata Batu, Predator Fun Park © Diadona

Salah satu tempat wisata yang menyajikan perpaduan antara taman hiburan, museum, dan kebun binatang adalah Predator Fun Park. Pengunjung dapat melihat-lihat berbagai jenis hewan melata, sambil mencoba berbagai wahana yang ada di wisata ini.

Membawa anak-anak kesini tentu dapat menjadi ajang belajar sambil bermain, karena aneka wahana Predator Fun Park tidak hanya menghibur tetapi juga edukatif.

Tiket Masuk:

  • Weekday: Rp 50.000
  • Weekend: Rp 70.000
  • Predator Fun Park + Dino Park: Rp 125.000 (weekday) & Rp 160.000 (weekend)
  • Predator Fun Park + Millenial Glow Garden: Rp 110.000 (weekday) & Rp 145.000 (weekend)

10. Jatim Park 1

Wisata Batu, Jatim Park 1 © Diadona

Jatim Park 1 hadir sebagai pembuka wisata taman hiburan di Kota Batu. Mengusung konsep taman bermain dan edukasi, pengunjung dijamin tidak akan kehabisan wahana untuk dicoba setiap kali mampir ke taman hiburan ini. 

Menyediakan lebih dari 6 wahana yang dapat menguji adrenalin para pengunjung, Jatim Park 1 juga memfasilitasi pengunjung anak-anak dengan berbagai wahana seru dan pastinya aman untuk dinaiki. Tak hanya wahana, fasilitas yang lengkap juga menjadi faktor pendukung objek wisata ini tak pernah sepi.

Tiket Masuk:

  • Jatim Park 1 + Museum Tubuh: Rp 100.000 (weekday) & Rp 120.000 (weekend)
  • Jatim Park 1 + Museum Angkut: Rp 140.000 (weekday) & Rp 160.000 (weekend)

11. Jatim Park 2 

Wisata Batu, Jatim Park 2 © Diadona

Berdiri di lahan seluas 14 hektar, Jatim Park 2 menjadi pilihan destinasi wisata untuk melihat dan mengenal aneka satwa dan habitatnya, mulai dari satwa hutan hujan tropis hingga satwa laut Samudera Pasifik. Selain berkeliling dan mengenal satwa, pengunjung juga dapat mencoba berbagai wahana di Jatim Park 2 ini, seperti Savannah, Tiger Land, Waterpark, dan wahana-wahana lainnya. 

Jatim Park 2 sendiri memiliki 3 bangunan utama yang dibagi menjadi 3 area, yaitu Batu Secret Zoo, Eco Green Park, dan Museum Satwa. Masing-masing area memiliki daya tarik tersendiri, dengan wahana dan koleksi hewan-hewan di dalamnya

Tiket Masuk:

  • Jatim Park 2 + Eco Green Park: Rp 140.000 (weekday) & Rp 160.000 (weekend)

12. Jatim Park 3 

Wisata Batu, Jatim Park 3 © Diadona

Masih berada di taman hiburan Jatim Park, jangan lupa untuk mengunjungi Jatim Park 3 yang memiliki atraksi hiburan lebih beragam. Mulai dari miniatur tempat-tempat unik, patung lilin tokoh terkenal dunia, koleksi alat musik khas berbagai negara, hingga kembali ke jaman purba untuk melihat dinosaurus. 

Berbagai atraksi wahana tersebut dibagi menjadi beberapa area taman hiburan, seperti Funtech, Museum Musik Dunia, The Legend Star, Milenial Glow Garden, Predator Fun Park, dan Dino Park. Pengunjung dapat membeli tiket untuk per wisata, atau tiket terusan yang memuat 2 hingga 4 tempat wisata di Jatim Park 3. 

Tiket Masuk:

  • Funtech Plaza: Rp 30.000 (weekday) & Rp 50.000 (weekend)
  • Museum Musik Dunia: Rp 30.000 (weekday) & Rp 50.000 (weekend)
  • The Legend Star: Rp 80.000 (weekday) & Rp 100.000 (weekend)
  • Milenial Glow Garden: Rp 80.000 (weekday) & Rp 100.000 (weekend)
  • Milenial Glow Garden + Funtech Plaza + Museum Musik Dunia: Rp 120.000 (weekday) & Rp 140.000 (weekend)
  • The Legend Star + Milenial Glow Garden: Rp 130.000 (weekday) & Rp 150.000 (weekend)
  • Dino Park + Predator Fun Park: Rp 130.000 (weekday)& Rp 150.000 (weekend)
  • Dino Park + The Legend Star: Rp 140.000 (weekday) & Rp 160.000 (weekend)
  • Dino Park + Milenial Glow Garden: Rp 140.000 (weekday) & Rp 160.000 (weekend)
  • Dino Park + Funtech Plaza + Museum Musik Dunia + Circus Magic: Rp 140.000 (weekday) & Rp 160.000 (weekend)

13. Taman Wisata Selecta 

Wisata Batu, Selecta © Diadona

Selecta menjadi salah satu wisata yang sudah berdiri sejak lama dan masih eksis hingga saat ini. Tidak hanya menawarkan wisata taman bunga seluas 10 hektar, Selecta juga menyediakan wahana-wahana seru, seperti flying fox, perahu ayun, bioskop 4D, dan berbagai wahana lainnya.

Pengunjung pun dapat memilih untuk melepas penat dengan melihat keindahan bunga sambil menikmati udara sejuk Kota Batu, atau menaiki wahana memacu adrenalin yang meredakan stres. 

Tiket Masuk:

  • Reguler: Rp 40.000

14. Museum D'Topeng

Wisata Batu, Museum Topeng © Diadona

Museum D’Topeng bisa jadi alternatif wisata edukasi seni dan budaya untuk liburan bersama keluarga. Walaupun namanya museum topeng, tetapi karya yang dipamerkan di museum ini beraneka ragam, mulai dari topeng, patung-patung pewayangan, koleksi Al-Qur’an berusia lebih dari 400 tahun, dan berbagai karya seni unik lainnya.

Setelah berkeliling museum pun, pengunjung dapat beristirahat sambil makan siang di area makan yang disediakan oleh pihak Museum D’Topeng.

Tiket Masuk:

  • Weekday: Rp 25.000
  • Weekend: Rp 30.000
  • Museum D’Topeng + Movie Star Studio + Museum Angkut: Rp 60.000 (weekday) & Rp 85.000 (weekend)

 

15. Kusuma Agrowisata

Kusuma Agrowisata © Diadona

Liburan ke Kota Batu, sempatkan untuk berkunjung ke tempat yang menjadi pelopor wisata agro di Indonesia yakni Kusuma Agrowisata. Berada di ketinggian 1000 mdpl, Kusuma Agrowisata menyediakan wisata petik buah-buahan segar dan sayuran hidroponik organik yang pastinya bebas pestisida.

Pengunjung yang sudah selesai memetik buah-buahan, bisa mengunjungi Apple House dan Strawberry House yang menyajikan hidangan berbahan dasar apel dan strawberry segar. 

Tak hanya wisata petik, bagi wisatawan yang ingin berwisata outbond, Kusuma Agrowisata memiliki fasilitas wahana flying fox, war game, dan mengendarai ATV di mini-track off road. 

Tiket Masuk:

  • Paket Farming: Rp 45.000 (weekday) & Rp 55.000 (weekend)
  • Petik Strawberry dan Jambu Merah: Rp 50.000 (weekday) & Rp 60.000 (weekend)
  • Petik Jeruk: Rp 50.000 (weekday) & Rp 60.000 (weekend)
  • Paket Duo: Rp 60.000 (weekday) & Rp 70.000 (weekend)
  • Paket Hore: Rp 80.000 (weekday) & Rp 90.000 (weekend)

16. Eco Green Park 

Wisata Batu, Eco Green Park © Diadona

Membawa anak-anak untuk berlibur menjadi kesempatan bagi para orang tua untuk sekalian memberikan pelajaran umum bagi anak. Eco Green Park cocok dipilih menjadi objek liburan edukasi sambil bermain wahana yang seru dan beragam.

Seperti namanya, Eco Green Park menghadirkan taman bermain dengan konsep lingkungan yang dilengkapi dengan pengetahuan mengenai sains, burung, serta tanaman. Jika ingin bermain lebih puas dengan pilihan wahana yang lebih banyak, pengunjung dapat memilih paket terusan Eco Green Park dan jatim Park 2. 

Tiket Masuk:

  • Weekday:Rp 55.000
  • Weekend: Rp 75.000
  • Eco Green Park + Jatim Park 2:Rp 140.000 (weekday) & Rp 170.000 (weekend)

3 dari 3 halaman

Wisata Malam Kota Batu

Wisata Kota Batu - Pasar Parkiran © Diadona

Lebih lanjut, Diadona juga turut menghadirkan deretan wisata malam Kota Batu yang bisa bikin momen wisatamu jadi makin asik. Setelah berwisata seharian, saatnya menikmati malam di deretan wisata malam Kota Batu berikut ini :

17. Alun-Alun Kota Batu

Wisata Batu, Alun-Alun Batu © Diadona

Salah satu fasilitas kota yang juga menjadi tempat wisata bagi masyarakat lokal maupun luar kota, adalah Alun-alun Kota Batu. Tidak lengkap rasanya mengunjungi Kota Batu tanpa mampir untuk wisata kuliner ataupun sekadar jalan-jalan di area alun-alunnya. 

Hampir sama dengan kebanyakan alun-alun di kota lain, hanya saja Alun-Alun Kota Batu terasa lebih hidup karena adanya wahana bermain dan pasar wisata kuliner setiap malam. Tak heran jika taman kota yang satu ini selalu ramai pengunjung, bahkan hingga tengah malam.

Tiket Masuk:

  • Gratis
  • Parkir Motor: Rp 3.000
  • Parkir Mobil: Rp 5.000

 

18. Pasar Parkiran 

Wisata Batu, Pasar Parkiran © Diadona

Kalau malam-malam bingung ingin berkunjung kemana di daerah Batu, coba mampir ke Pasar Parkiran. Disebut demikian, karena pasar kuliner dan wahana malam ini digunakan sebagai area parkir pada siang hari.

Bisa dibilang, Pasar Parkiran adalah pasar malam hits di Kota Batu. Selain berwisata kuliner street food, pengunjung bisa mencoba wahana khas pasar malam bersama pasangan atau keluarga.

Tiket Masuk:

  • Gratis
  • Aneka Wahana: Rp 12.000 - Rp 15.000

19. Batu Night Spectacular 

Wisata Batu, Batu Night Spectacular © Diadona

Batu Night Spectacular adalah taman bermain yang menyajikan berbagai sensasi menyenangkan ketika mencoba wahananya yang beragam. Jika suatu taman bermain identik dengan wahana ekstrim yang memacu adrenalin, BNS justru terkenal dengan wahana lampion gardennya yang indah terutama jika dikunjungi di malam hari.

Tetapi tenang saja, di Batu Night Spectacular pengunjung tetap bisa merasakan sensasi menaiki aneka wahana menegangkan, bahkan trampoline dan bioskop 4D pun tersedia di taman hiburan ini. 

Tiket Masuk: 

  • Senin-Kamis: Rp 35.000
  • Weekend: Rp 40.000
  • Tiket Terusan (31 Wahana): Rp 110.000 (weekday) & Rp 120.000 (weekend)
  • Aneka Wahana: Rp 10.000 - Rp 90.000

20. Kopi Letek 

Kopi Letek, Batu © Diadona

Di kopi Letek, kamu bisa ngopi sambil menikmati pemandangan Alun-Alun Batu di malam hari. Nama Letek diambil dari bahasa JAwa untuk mendiskripsikan warna hitam dari bubuk kopi.

Kedai kopi Letek sangat mungil dan seolah terhimpit di tengah toko dan juga warung besar yang ada di sekitarnya. Tapi ketika kamu naik ke lantai atas, kamu bisa menikmati keindahan kota Batu dari ketinggian. Lokasinya yang strategis ini membuatnya tak pernah sepi pengunjung.

Untuk kamu yang tak doyan kopi, tenang aja karena Kopi Letek menyediakan varian menu lainnya kok!

Daftar Harga: 

  • Minuman: Rp 10.000 - Rp 23.000
  • Makanan: Rp 6.000 - Rp 16.000

21. Pupuk Bawang

Pupuk Bawang Cafe & Dining © Diadona

Pupuk Bawang Cafe & Dining Batu dibangun dengan desain yang memperhatikan keindahan alam sekitarnya. Terletak di tengah-tengah pemandangan yang indah, restoran ini menawarkan suasana yang tenang dan menenangkan bagi para pengunjung. Desain interior yang hangat dan terbuka menciptakan ruang yang nyaman untuk bersantai dan menikmati hidangan. 

Disana beragam hidangan mulai dari hidangan lokal hingga hidangan internasional. Mereka menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi untuk menciptakan hidangan yang lezat dan menyenangkan bagi lidah kalian. Mulai dari hidangan khas Indonesia seperti nasi goreng, mie goreng, dan sate ayam, hingga hidangan internasional seperti pasta dan steak, kami menyajikan pilihan yang memuaskan berbagai selera. 

  • Jam buka : 10.00 - 24.00 WIB 
  • Harga : Rp. 20.000 - Rp. 90.000 

Demikian deretan rekomendasi wisata Kota Batu yang terdiri dari wisata Kota Batu Malang, tempat wisata Kota Batu, dan juga wisata malam Kota Batu yang sudah dihadirkan sama Diadona dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat ya!

Editor : Nisah Diyah

Beri Komentar