15 Tempat Wisata Majalengka Jawa Barat Terbaru, Paling Hits dan Sering Dikunjungi

Reporter : Nasa
Kamis, 4 Februari 2021 15:03
15 Tempat Wisata Majalengka Jawa Barat Terbaru, Paling Hits dan Sering Dikunjungi
Pokoknya, jangan ngaku pernah ke Majalengka kalau belum ke 15 tempat wisata Majalengka berikut ini.

Tempat wisata Majalengka terdiri dari berbagai jenis obyek wisata yang sayang sekali untuk dilewatkan. Menurut info dari laman resmi Provinsi Jawa Barat, Majalengka adalah kabupaten di Tatar Pasundan Provinsi Jawa Barat.

Lokasinya yang dikelilingi gunung dan juga perbukitan membuat Majalengka miliki sederet wisata alam yang jadi favorit masyarakatnya sejak lama. Mulai dari air terjun, situ, telaga, curug, sampai goa dengan pemandangan alam 'ciamikk' bisa kamu temui di sana.

Ini dia deretan wisata Majalengka yang dihadirkan sama Diadona dari berbagai sumber :

1 dari 3 halaman

Tempat Wisata di Majalengka

Bisa dibilang nih ya, deretan tempat wisata di Majalengka itu semuanya pada kece-kece. Gak hanya itu dong ya, tempat wisata Majalengka juga cocok banget buat kamu yang mau berwisata 'low budget' atau dengan biaya murah.

Meski gak perlu merogoh kocek cukup dalam, tapi pemandangan alam yang disuguhkan dijamin memesona banget kok. Nah ini dia deretan tempat wisata di Majalengka yang sudah Diadona himpun dari berbagai sumber :

1. Air Terjun Ibun Pelangi

Wisata Majalengka - Curug Ibun Pelangi © Diadona

Nah, tempat wisata di Majalengka yang pertama ada air terjun Ibun Pelangi. Jaraknya sendiri sekitar 16 km dari pusat kota Majalengka. Kalau dikira-kira sih butuh waktu 30 menit kalau dari pusat Kota Majalengka.

Menurut info dari laman Sikidang Kams (4/2/2020), kamu hanya perlu membayar karcis Rp 10.000 untuk masuk ke kawasan indah ini. Tapi untuk biaya parkir kendaraanya jangan lupa disiapin juga ya. Kira-kira Rp 3.000 untuk motor, dan Rp 5.000 untuk mobil murah banget kan?

Karena dikenal sebagai kawasan air terjun dengan pencahayaan super indah dan unik, air terjun Ibun Pelangi ini sering dijadiin sebagai set background 'photo prawedding' loh. Rugi banget lah kalau ke Majalengka gak ke sini.

2. Perkebunan Teh Cipasung

Wisata Majalengka - Perkebunan Teh Cipasung © Diadona

Lalu tempat wisata Majalengka Jawa Barat yang kedua ada Perkebunan Teh Cipasung yang berlokasi di kawasan strategis. Perkebunan Teh Cipasung letaknya berada di perbatasdan Kabupaten Majalengka dan Tasikmalaya.

Jaraknya sekitar 52 km atau 2 jam perjalanan darat dari pusat kota Majalengka. Menurut info dari laman Alam Pringan, Kamis (4/1/2021), tiket masuk kawasan wisata ini sebesar Rp 10.000 per orang. Siapin juga uang untuk biaya parkir kendaraan ya.

3. Goa Lalay

Wisata Majalengka - Goa Lalay © Diadona

Menurut info dari laman Lalungan.net, Kamis (4/2/2021) Goa Lalay terletak di kawasan Sukadana. Untuk menuju ke kawasan wisata tersebut, kamu harus membayar biaya karcis sebesar Rp 5.000.

Kawasan wisata Goa Lalay sendiri ternyata buka dalam kurun waktu 24 jam loh. Jadi kalau kamu ingin berwisata ke kawasan alam dengan waktu yang tak terbatas, Goa Lalay ini cocok banget buat kamu.

Perlu kamu tahu, Goa Lalay sendiri juga populer dengan sebutan Green Canyonnya Majalengka loh. Goa yang satu ini juga populer dengan kisah mitos adanya ular berkepala manusia yang menghuni kawasan tersebut.

4. Petilasan Prabu Siliwangi

Wisata Majalengka - Patilasan Prabu Siliwangi © Diadona

Tempat wisata Majalengka yang selanjutnya adalah Petilasan Prabu Siliwangi yang lokasinya ada di kaki Gunung Ciremai. Buat kamu yang suka sama wisata sejarah cocok banget nih ke sini.

Konon, dulu kawasan ini adalah tempat yang dijadikan Prabu Siliwangi sebagai kawasan untuk berdiam diri. Lokasinya dikelilingi oleh pepohonan rimbun yang tinggi, dan juga ada sebuah sumber mata air yang diberi nama Selendang Bidadari.

Menurut info dari laman Java Travel, kalau mau berkunjung ke sana, kamu bisa tuh masuk ke ruangan yang diyakini sebagai lokasi berdiam diri dari Prabu Siliwangi. Tapi kamu harus cari juru kuncinya dulu ya.

5. Curug Muara Jaya

Wisata Majalengka - Curug Muara Jaya © Diadona

Lalu tempat wisata Majalengka yang selanjutnya ada Curug Muara Jaya yang lokasinya ada di kawasan Gunung Ciremai. Curug yang satu ini memang masih ada di aliran sungai Muara Jaya. Pemandangan alam di Curug Muara Jaya ini gak perlu diragukan lagi dong ya.

Lokasinya berada sekitar 23 km dari pusat Kota Majalengka, tepatnya berada di Desa Sangiang, Kecamatam=n Banjaran, Kabupatem Majalengka, Jawa Barat. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 10.000 aja kok.

2 dari 3 halaman

Obyek Wisata di Majalengka

Perlu kamu ketahui nih ya, Kabupaten Majalengka ini berbatasan dengan Kabupaten Indramayu di sebelah utara, dan juga Kabupaten Sumedang di sebelah barat. Kemudian juga berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis di sebelah utara.

Lalu berbatasan dengan Kabupaten Cirebon dan Kuningan di sebelah timurnya. Jadi bisa dibilang Kabupaten Majalengka ini sebenernya strategis banget loh Dia Zens. Ini dia deretan Obyek Wisata di Majalengka yang sudah Diadona himpun dari berbagai sumber :

6. Curug Sawer

Wisata Majalengka - Curug Sawer © Diadona

Curug Sawer jadi salah satu obyek wisata Majalengka yang paling digandrungi nih. Menurut info dari laman Alam Priangan, Kamis (4/2/2021), Curug Sawer Majalengka ini sebenarnya berada di lokasi yang cukup tersembunyi.

Kawasan Curug Sawer ini berada di Desa Argalingga, Kecamatan Argapura, Majalengka. Kalau dari pusat kota, jaraknya hanya sekitar 21,5 km aja loh. Karena masih jadi wisata alam yang tak terlalu terjamah, akses menuju Curug Sawer ini terbilang tidak mudah.

Jadi kalau ingin berkunjung ke sana, lebih baik perhatikan musim dan cuaca dulu ya. Terus, jangan lupa bawa bekal yang cukup ya. Soalnya di sana gak ada penjual makanan atau jajan seperti di tempat wisata lain.

7. Air Terjun Baligo

Wisata Majalengka - Air Terjun Baligo © Diadona

Nah kalau obyek wisata Kabupaten Majalengka yang satu ini pasti udah gak asing lagi nih. Air Terjun Baligo Majalengka ini populer berkat struktur kawasan air terjunnya yang unik.

Menurut info dari laman Liputan6.com, Kamis (4/2/2021), para pengunjung di Air Terjun Baligo tak hanya menikmati pemandangan alam yang indah. Namun juga berenang, dan bahkan merasakan sensasi lompat dari tebing air tejun menuju kolam air di sana.

Kawasan wisata air terjun yang ada di Desa Padaheran, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka ini dikenal memiliki dua kolam yang berbeda. Makanya rugi banget deh kalau ke Majalengka tapi gak ke Air Terjun Baligo ini.

8. Talaga Herang

Wisata Majalengka - Talaga Herang © Diadona

Obyek wisata Kabupaten Majalengka yang selanjutnya ada Talaga Herang yang berlokasi di Desa Lengkong Kulon, Sindangwangi. Menurut info dari laman Sikidang, Kamis (4/2/2021), tiket masuk ke sana cuma Rp. 5000 per orang loh.

Tapi jangan lupa siapi biaya parkirnya juga ya. Obyek wisaa Talaga Herang ini buka dari jam 06.00- 17.00 WIB. Kalau pengen dapet pemandangan yang luar biasa, kamu bisa juga loh dateng ke sana pas pagi banget gitu.

9. Wisata Cikebo

Wisata Majalengka - Cikebo © Diadona

Berikutnya ada wisata Cikebo yang lokasinya berada di Desa Tegal Dari Kecamatan Maja, Jawa Barat. Menurut info dari laman Triptrus Kamis (4/2/2021), wisata Cikebo jaraknya sekitar 14 km dari pusat kota Majalengka.

Kawasan wisata Cikebo Majalengka ini sering dijadikan sebagai pilihan wisata favorit karena pemandangan alamnya yang indah dan menenangkan. Akses menuju kawasan wisata ini terbilang sudah sangat baik loh.

10. Wisata Paralayang Gunung Panten

Wisata Majalengka - Paralayang Gunung Panten © Diadona

Lalu ada wisata Paralayang Gunung Panten yang lokasinya ada di Kelurahan Manjul, Kecamatan Majalengka. Jaraknya sih cuma 7km aja dari pusat kota Majalengka. Menurut info dari laman Disparbud Provinsi Jawa Barat, Kamis (4/2/2021), akses menuju lokasi ini terbilang sangat baik loh.

Kabarnya, view terbaik untuk menikmati pemandangan di wisata Paralayang Gunung Panten adalah pada saat sore hari di musim kemarau. Dari lokasi ini, kamu bakal disuguhkan pemandangan indah kota Majalengka dari atas bukit.

3 dari 3 halaman

Wisata Majalengka Jawa Barat

Lebih lanjut, Diadona juga turut menghadirkan deretan wisata Majalengka Jawa Barat yang bisa kamu jadikan sebagai tambahan referensi. Sebagai Kabupaten yang berada di lokasi strategis,

Majalengka ini dikenal miliki puluhan wisata alam yang harus banget kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Nah ini dia deretan wisata Majalengka Jawa Barat yang sudah dihimpun oleh Diadona dari berbagai sumber :

11. Bukit Alam Hejo

Wisata Majalengka - Bukit Alam Hejo © Diadona

Wisata Majalengka Jawa Barat yang pertama ada Bukit Alam Hejo yang lokasinya berada di Desa Pasirayu, Sindang. Menurut info dari laman Sikidang, Kamis (4/2/2021), jarak Bukit Alam Hejo sekitar 15 km jauhnya dari pusat kota Majalengka.

Kalau mau bertandang ke sana, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 untuk weekdays dan Rp. 10.000 untuk weekend. Di sana kamu juga bakal menemui beragam spot foto alam yang kece abis.

12. Air Terjun Cibali

Wisata Majalengka - Air Terjun Cibali © Diadona

Buat kamu yang pengen mengunjungi wisata alam yang belum banyak terjamah, kayaknya wajib banget ke wisata Majalengka Jawa Barat Air Terjun Cibali ini deh. Lokasinya sekitar 39 km jauhnya dari pusat Kota Majalengka.

Kalau menurut info dari laman Disparbud Provinsi Jawa Barat, Kamis (4/2/2021), akses jalan menuju lokasi wisata yang satu ini sebenernya belum terlalu bagus. Tapi bagi kamu yang merindukan pemandangan indah air terjun alami, wajib banget ke sini deh.

13. Gunung Ciremai

Wisata Majalengka - Gunung Ciremai © Diadona

Wisata Majalengka Jawa Barat yang selanjutnya adalah Gunung Ciremai. Kalau menurut info dari laman Merdeka.com sih, gunung yang satu ini sebenernya masih aktif. Bahkan beberapa kali masih dikabarkan terlihat aktivitas erupsi.

Kalau berkunjung ke sana, kamu bakalan dapetin pemandangan super indah pegunungan hijau yang sejuk. Gunung yang satu ini tercatat pernah erupsi sebanyak 6 kali. Terakhir menjadi sorotan pada Desember tahun 2020 silam.

14. Bukit Panyaweuyan Argapura

Wisata Majalengka - Bukit Payaweuyan Argapura © Diadona

Berikutnya ada Bukit Panyaweuyan Argapura yang lokasinya sekitar 22 km dari pusat kota Majalengka. Jadi bukit Panyaweuyan Argapura ini adalah bukit dengan terasering indah yang sering dijadikan sebagai spot foto para pecinta fotografi.

Kalau kamu berkunjung ke sana, kamu akan mendapati aktivitas pertanian di sepanjang perbukitan. Kalau waktu paling rekomended untuk berkunjung ke sini sih, tentunya pada saat pagi hari dan juga sore hari ya.

Menurut info dari laman Backpacker Jakarta, Kamis (4/2/2021), Bukit Panyaweuyan Argapura ini berada di ketinggian 800-1000 meter di atas permukaan laut loh. Gak kebayang ya sejuknya kayak apa? Kamu harus ke sana deh pokoknya.

15. Air Terjun Cilutung

Wisata Majalengka - Air Terjun Cilutung © Diadona

The last but not least, ada Air Terjun Ciluntung yang lokasinya sekitar 28 km dari pusat kota Majalengka. Meski belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, kawasan wisata Air Terjun Ciluntung ini terbilang sudah cukup baik.

Kalau menurut info dari laman Disparbud Jawa Barat, Kamis (4/2/2021), Air Terjun Ciluntung berada di desa Talaga Kulon. Katanya sih air terjun di sana jernih banget loh di musim-musim tertentu. Kamu wajib banget ke sini, kalau lagi ada di Majalengka ya.

Nah itu dia rekomendasi wisata Majalengka yang terdiri dari tempat wisata di Majalengka, Obyek Wisata Kabupaten Majalengka, dan juga Wisata Majalengka Jawa Barat yang sudah dihimpun Diadona dari berbagai sumber. Semoga artikel ini bermanfaat ya, semangat guys!

Baca Juga:

Beri Komentar