10 Pengertian Pariwisata Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Reporter : Novi Hardita Larasati
Sabtu, 30 Mei 2020 10:41
10 Pengertian Pariwisata Menurut Para Ahli dalam Bukunya
Pengertian pariwisata adalah aktivitas perjalan yang dilakukan oleh seseorang menuju tempat yang diinginkan.

Pengertian pariwisata adalah kegiatan perjalanan dari sebuah tempat ke tempat lainnya yang dilakukan oleh seseorang maupun kelompok.

Secara etimologis, istilah pariwisata berasal dari bahasa Sansekerta, yang terdiri atas dua kata, yaitu ‘pari’ dan ‘wisata’. 'Pari’ berarti banyak atau berkali-kali, dan ‘wisata’ artinya perjalanan, bepergian, dalam bahasa Inggris disebut “tour.”

Sehingga dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian pariwisata adalah suatu kebutuhan bagi manusia untuk melakukan perjalanan wisata demi menjaga kesehatan jiwanya.

Nah, supaya lebih memahami tentang pengertian pariwisata, maka kamu bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini.

1 dari 3 halaman

Pengertian Pariwisata Menurut Para Ahli

Pengertian Pariwisata © Diadona

Adapun pengertian pariwisata menurut para ahli, diantaranya adalah:

1. Koen Meyers (2009)

Menurut Koen Meyers, pengertian pariwisata ialah suatu kegiatan perjalanan yang dilakukan sementara waktu untuk berlibur, memenuhi rasa ingin tahu, dan lainnya.

2. James J. Spillane (1982)

Sedangkan menurut James J. Spillane pengertian pariwisata adalah suatu kegiatan untuk melakukan perjalanan yang bertujuan untuk memperoleh kepuasan, pengetahuan, kenikmatan, serta kesehatan.

3. Richard Sihite

Pariwisata adalah aktivitas perjalanan yang dilakukan dalam jangka waktu pendek atau sementara dengan tujuan selain mencari nafkah.

4. Suwantoro

Pariwisata ialah suatu proses kepergiaan seseorang  menuju tempat lain dari luar tempat tinggalnya karena suatu alasan dan bukan untuk melakukan kepergian yang menghasilkan uang.

5. Soekadijo

Kalau menurut Soekadijo (1996), pengertian pariwisata adalah gejala yang komplek dalam masyarakat, yang didalamnya terdapat hotel, objek wisata, dan souvenir.

2 dari 3 halaman

Pengertian Industri Pariwisata

Pengertian Pariwisata © Diadona

Industri Pariwisata dapat diartikan sebagai kumpulan bidang usaha yang menghasilkan berbagai jasa dan barang yang dibutuhkan oleh mereka yang melakukan perjalanan wisata.

Adapun beberapa unsur yang ada dalam industri pariwisata saat ini, adalah:

a. Akomodasi

Merupakan tempat untuk tinggal sementara, atau biasa disebut dengan tempat menginap. Saat ini banyak sekali pilihan tempat menginap untuk melakukan perjalanan wisata, misalnya seperti hotel, perkemahan, dan motel.

b. Biro Perjalanan

Badan usaha yang melayani semua proses perjalanan pariwisata, mulai dari keberangkatan hingga kembali pulang.

c. Jasa Boga dan Restoran

Fasilitas dalam bidang makanan dan minuman saat berwisata. Sebab industri jasa boga dan restoran dalam pariwisata sangat menguntungkan karena dalam setiap wisatawan pastinya selalu membutuhkan makanan dan minuman.

d. Money Changer / Tempat Penukaran Uang

Tempat untuk menukarkan mata uang asing, hal ini berlaku saat kamu sedang wisata di luar negeri maupun wisatawan asing yang sedang berkunjung ke Indonesia.

e. Cindera Mata

Kalau yang satu ini tentu menjadi tujuan terakhir saat kamu telah melakukan perjalanan wisata. Biasanya cindera mata atau oleh-oleh akan kamu berikan kepada keluarga, sahabat, maupun pasangan.

3 dari 3 halaman

Pengertian Pariwisata Menurut Para Ahli dalam Bukunya

Pengertian Pariwisata © Diadona

Kali ini pengertian pariwisata menurut para ahli dalam bukunya, diantara adalah:

1. Hans Buchli

Menurut Hans Buchli (dalam Suwena dan Widyatmaja), definisi pariwisata adalah kegiatan perjalan yang sifatnya sementara dari seseorang dengan maksud  tertentu.

2. Prof.K. Krapt dan Prof. Hunziker (dalam Yoeti, 1996:112)

Menyatakan bahwa pengertian pariwisata adalah rangkaian aktivitas, dan penyediaan layanan baik untuk kebutuhan atraksi wisata untuk memenuhi kebutuhan perjalanan seseorang atau kelompok.

3. Damanik dan Weber

Menyebutkan bahwa pariwisata ialah fenomena pergerakan manusia, barang atau jas yang sangat kompleks.

4. Mathieson dan Wall (1982)

Pariwisata ialah serangkain aktivitas yang berupa perjalanan seseorang untuk sementara waktu ke suatu tujuan di luar tempat tinggal maupun tempat kerjanya.

5. A.J. Burkart dan S. Medik (1987)

Pengertian pariwisata adalah adalah perpindahan orang untuk sementara dalam jangka waktu pendek ke tujuan yang diinginkan.

Beri Komentar