13 Tips Cinta buat yang Masih Melajang di Usia 40-an, Siapa Tahu Langsung Ketemu Jodoh!

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 25 Mei 2024 10:26
13 Tips Cinta buat yang Masih Melajang di Usia 40-an, Siapa Tahu Langsung Ketemu Jodoh!
Bagi kamu yang belum ketemu jodoh di usia 40-an, btips cinta yang bisa kamu lakukan mulai dari perluas networking, turunkan ekspektasi. Gimana caranya?

Sebuah pernikahan memang selalu menjadi topik obrolan seru. Kita sebagai perempuan umumnya akan melakukan prosesi sakral ini di rentang usia 25-27 tahun. Namun, ada juga mereka yang memilih melajang hingga usia 30-an. Namun, apa jadinya jika kita yang kini berada pada rentang usia 40-an masih belum mendapatkan jodoh serta tetap sendirian?

Memang, urusan jomblo adalah perkara yang sedikit sensitif pada usia kepala 4 ini. Bahkan, sampai-sampai kita merasa was-was akan masa depan anak cucu kita kelak. Bersikap santai boleh-boleh saja, namun kamu juga jangan mager buat menemukan jodoh ya. Jika kamu dalam keadaan seperti ini, beberapa tips cinta berikut bisa jadi penolongmu.

1 dari 9 halaman

Ilustrasi Perempuan Usia 40-an

Bersikap Lebih Dewasa

Kamu tentu bisa lebih matang di usia yang sudah menginjak 40-an. Enggak sedikit perempuan yang masih bersikap kekanak-kanakan di usia mereka yang telah menua. Saat kamu sudah dewasa otomatis emosi akan mudah dikontrol.

Dengan demikian, kamu akan lebih mudah dalam menentukan setiap langkah dalam hidupmu hingga akhirnya kamu menemukan pasangan cocok. Yap, ibaratnya perbaiki diri sebelum menerima sesuatu yang pantas untukmu.

Jangan Terlalu Pilih-Pilih

Bersikaplah realitis tentang siapa pasangan yang pantas untuk kita. Kadang saking kita terlalu baper, kita jadi lupa bahwa hidup tak selalu indah seperti di drama-drama korea. Banyak dari mereka yang tidak menikah di usia 40-an lantaran memiliki standar pasangan yang agak sulit untuk dimiliki karena perbedaan latar belakang, budaya, finansial dan lainnya.

2 dari 9 halaman

Ilustrasi Perempuan Usia 40-an

Pelan Tapi Pasti

Mengingat akan usia yang tak lagi muda, kita tentunya memiliki sikap yang lebih matang. Oleh sebab itu, saat kita sedang dekat dengan seseorang, maka jangan bersikap terburu-buru dalam menjalani hubungan cinta. Kita hanya perlu menjalaninya secara perlahan dan membiarkan hubungan itu semakin berkembang ke arah yang lebih serius.

Jangan Keburu Puas ya!

Para perempuan lajang usia 40-an memang umumnya sering merasa putus asa hingga akhirnya sembrono dalam memilih pasangan.

Mereka menerima seadanya dan merasa puas tanpa berusaha menemukan pasangan yang benar-benar baik untuk mereka. Alhasil, hubungan yang tidak mealalui proses kesunguhan biiasanya putus begitu saja di tengah jalan. Duh, miris dong ya?

 

3 dari 9 halaman

Ilustrasi Perempuan Usia 40-an

Take Care of Yourself

Gaya hidup yang sehat, pola pikir yang positif akan menjadi penentu keberhasilan hubungan. Jadi penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pola pikir pribadi terlebih dahulu yaa, untuk mempersiapkan diri menjalani hubungan yang lebih sehat di usia yang sudah menginjak 40 tahun.

Nah dengan pola pikir yang positif pasti akan mudah menemukan bahagia dan kegembiraan akan tercermin dalam penampilan lohh. Dan yang ga kalah penting energi positif akan menarik hal-hal positif lainnya, contohnya aja menarik jodoh!

 

4 dari 9 halaman

Mencari Jodoh di Usia 40 Tahun© 2024 shutterstock.com/KPG-Payless2

Cari Pasangan di Luar Tipe

" Jangan terlalu terfokus pada penampilan," kata pakar hubungan dan penulis Rich Gosse.  Di usia 40-an ini, anda juga mungkin bisa menemukan suasana berbeda saat mencoba berkencan dengan seseorang yang bukan tipe anda selama ini. 

Memang benar kadang “ jodoh adalah cerminan” dan tapi tak jarang juga jodoh malah akan berbeda 180 derajat dari kita. Cobalah untuk cari pasangan yang berbeda dari tipe anda, bisa jadi malah dia adalah jodoh anda!

Belajar dari Hubungan yang Lalu

Usia 40 tahun adalah usia terbaik untuk menyadaari apa yang penting dalam hidup dan hubungan. Nah, banyaknya pengalaman yang sudah dilalui dalam hidup, tentunya harus bisa belajar untuk memperbaiki keselahan-kesalahn di masa lalu. Karena ada istilah “ pengalaman adalah guru terbaik”

5 dari 9 halaman

Mencari Jodoh di Usia 40 Tahun© 2024 shutterstock.com

Selalu Ramah dan Tersenyum

Tentunya saat berdekatan dengan seseorang atau berharap untuk menemukan “ someone new” untuk memulai hubungan, ramah adalah salah satu tips yang jitu. Karena dengan selalu ramah dan tersenyum, akan membuat anda mudah didekati, , lalu juga akan membuat orang dengan mudah nyaman dengan kita. Selain itu juga tentunya akan menyempurnakan penampilan anda sehingga akan menarik perhatian orang lain loh!

6 dari 9 halaman

Mencari Jodoh di Usia 40 Tahun© 2024 shutterstock.com/Pond Saksit

Coba Keluar dari Zona Nyaman

Sudah saatnya untuk mencoba keluar dari zona nyaman dan sedikit mengesampingkan “ idealisme”. Meskipun terkadang keinginan berbeda dengan gaya hidup atau nilai diri anda, tapi cobalah.

Bisa jadi dengan melakukan hal-hal yang diinginkan atau “ bucket list” akan memunculkan “ energi positif” dalam diri dan akan menjadi lebih bahagia. 

Tidak ada salahnya mencoba hal-hal baru, kemungkinan akan membuka peluang untuk menemukan jodoh saat melakukan daftar keinginan kalian, dan berikan kesempatan ke orang tersebut ya!.

7 dari 9 halaman

Mencari Jodoh di Usia 40 Tahun© 2024 shutterstock.com/CandyRetriever

Kontrol Ekspektasi

Terkadang harapan yang terlalu tinggi itu menyebabkan kekecewaan yang besar pula. Jadi sangat penting untuk mengontrol ekpetasi anda dalam mencari jodoh di usia 40 tahun. Kontrol agar tetap pada batas wajarnya. Ini penting untuk anda lakukan agar tidak ada tekananan saat memulai berkencan dengan pasangan anda!

Takutnya jika tidak mengontrol ekspestasi malah akan membebankan pasangan anda dan malah membuat hubungan anda menjadi tidak lancar, dan berujung kandas. Jangan sampai itu terjadi ya!

Menghadiri Cara Networking

Datanglah ke acara networking apapun itu, dari situ anda dapat membantu orang lain dalam profesinya, atau sekedar berbagi pengalaman. Acara networking adalah tempat yang bagus untuk menjalin koneksi, gunakan kesempatan ini untuk mencari jodoh yang anda inginkan, karena anda bisa bertemu dengan orang-orang yang inspiratif.

Perlu suasana dan lingkungan yang baru untuk mencari orang yang baru juga. Dengan bertemu banyak orang, tentunya peluang akan terbuka lebar. Banyak acara networking yang bisa kamu hadiri, salah satunya acara reuni. 

 

8 dari 9 halaman

Mencari Jodoh di Usia 40 Tahun© 2024 shutterstock.com/iamlukyeee

Lupakan Kalau Anda Berumur 40 tahun

Karena apabila terpaku dengan usia, hanya akan membuat kita diam di tempat dan takut melakukan langkah awal, ada rasa sudah terlalu tua untuk menemukan kembali cinta dan jodoh yang tepat. Namun lakukanlaah sebaliknya, ingat bahwa Andaakan cemerlang, menarik, cantik, ganteng, dan tetap menawan.

Lakukanlah hal-hal yang Anda inginkan. Ketertarikan seseorang itu tidak hanya akan memandang usia atau bahkan penampilan fisik, tapi lebih dari pada itu, percaya diri. Dengan rasa percaya diri yang Anda miliki, tidak akan menghambat Anda melakukan suatu hal, salah satunya mencari jodoh.

Hal tersebut malah akan membuat Anda menarik karena rasa percaya diri yang Anda miliki.  Nantinya akan ada seseorang yang mengagumi semua tentang diri Anda, dan itulah jodoh!

9 dari 9 halaman

Mencari Jodoh di Usia 40 Tahun© 2024 shutterstock.com/interstid

Cobalah Gunakan Dating Apps

Tidak ada salahnya mencoba. Meskipun saat ini dating apps banyak digunakan oleh kalangan anak muda, namun Anda juga harus merasa muda untuk mencobanya.

Karena tak jarang mereka pengguna dating apps menemukan jodoh melalui dating apps. Dilansir dari hasil survey tim IDN Times, ditemukan ada sekitar 57,5 persen pengguna merasa puas terhadap aplikasi kencan yang mereka pakai. Hal ini menunjukkan respon positif dari adanya dating apps untuk mencari jodoh.

Maka, manfaatkan teknologi untuk mencari jodoh anda, temukan peluang yang besar melalui dating apps. Ini dia beberapa tips mencari jodoh di usia 40 tahun melalui dating apps:

  • Sebutkan jika anda menginginkan hubungan, agar calon pasangan mengerti tujuan yang jelas
  • Sebutkan kriteria yang dicari
  • Pakailah foto asli, lebih baik jangan gunakan foto selfie, karena hal ini akan menunjukkan kepribadian anda
  • Temukan bahan percakapan yang menarik dan tidak kaku
  • Tunjukkan keunikan diri anda untuk menarik minat dan perhatian.

Nah, semoga kita yang sedang dalam masa sulit di usia 40-an ini segera menemukan sosok yang tepat serta mau menerima kekurangan dan kelebihan diri masing-masing ya. Semangat!

Penulis : Yayuk Harini, Fuzta Azma Ummi Izzah

Beri Komentar