Sering Gak Disadari, 7 Ciri Kamu Kelewat Bawel kepada Pasangan

Reporter : Yoyok
Selasa, 13 Februari 2024 15:30
Sering Gak Disadari, 7 Ciri Kamu Kelewat Bawel kepada Pasangan
Biasanya cewek-cewek nih yang kayak gini

Perhatian kepada pasangan sudah menjadi hal yang wajar dilakukan. Bentuk perhatiannya pun bermacam-macam, ada yang selalu nanya kabar, tanya kondisi kesehatan, dan masih banyak lagi.

Bawel atau cerewet bisa menjadi bentuk perhatian seseorang terhadap pasangannya. Namun, kalau kebablasan, kebiasaan ini malah bisa menjadi boomerang dalam hubunganmu. Sifat bawel malah bisa mengikis hubungan asmaramu dengan pasangan.

Dikutip dari Your Tango, ada tujuh ciri bahwa kamu sudah kelewat bawel dengan pasangan. Karena sering kali sikap bawel ini tidak disadari, terutama buat kaum cewek.

1 dari 10 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Bawel © Diadona

Apa yang Dimaksud dengan Bawel?

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita ulik lebih dalam tentang apa sih bawel itu. Jika mengutip dari KBBI, bawel memiliki arti suka mencela atau cerewet.

Jika dimasukkan dalam konteks cinta, maka bawel bisa menjadi tanda sayang atau bentuk perhatian seseorang kepada pasangannya. Contohnya seperti pasanganmu suka memberi saran outfit atau pemilihan makanan di menu, semua itu tentu saja untuk yang tercinta.

Jadi Diazens, sikap bawel kepada pasangan merupakan sebuah tanda bahwa kamu memiliki rasa cinta serta tengah memberikan perhatian padanya.

Namun, kalian juga harus tahu bahwa sikap bawel juga ada batasnya. Jika sudah kelewat bawel, tentu pasanganmu akan merasa tidak nyaman dalam hubungan tersebut karena kamu bawaannya ngomel melulu. 

2 dari 10 halaman

Arti Bawel Dalam Cinta © Diadona

Contoh Sikap Bawel Dalam Hubungan Percintaan

Ada banyak sikap bawel positif dalam sebuah hubungan asmara. Salah satunya seperti mengingatkan hal-hal kecil. Walaupun hal-hal kecil tersebut terkesan sepele, namun itudah sudah menunjukkan betapa cintanya kamu dengan pasangan.

Marah-marah saat pasangan berbuat negatif juga bisa menjadi bentuk positif dari sebuah sikap bawel lho.

Contohnya seperti kamu marah saat pasangan masih saja merokok yang kita tahu merupakan perilaku buruk, atau ketika si dia lupa ada janji dengan seseorang yang membuatnya memiliki image buruk di mata orang lain.

Mengingatkan untuk disiplin tentunya adalah hal yang baik meskipun harus bawel. Kita semua tahu jika disiplin berbanding lurus dengan yang namanya kesuksesan.

Tentu kamu menginginkan pasanganmu meraih kesuksesan bukan? Tapi, ada beberapa ciri bahwa kamu sudah kelewat bawel dengan pasangan.

Yuk disimak guys.

3 dari 10 halaman

Contoh Bawel dalam Hubungan © Diadona

Kamu Mengatakan Tentang Sesuatu Lebih dari Dua Kali

Meminta sesuatu kepada pasangan itu hal yang lumrah terjadi. Meminta dua kali mungkin maksudnya untuk mengingatkan. Meminta tiga kali itu sudah masuk dalam kategori bawel.

Mungkin kamu berniat untuk mengingatkan pasangan, cuma seperti disebutkan di atas, semua ada porsinya termasuk bawel.

Agar kamu tidak terlihat bawel, usahakan kamu hanya mengulang permintaan kepada pasanganmu maksimal dua kali. Selain itu, permintaan kedua tone nadanya pun harus biasa atau lembut seperti yang pertama kamu ajukan.

4 dari 10 halaman

Arti Bawel Dalam Cinta © Diadona

Sikap Bawelmu Tidak Sungguh-sungguh

Bawel bisa menjadi satu perilaku untuk mengendalikan seseorang. Perilaku bawel bisa menjadi suatu bentuk kontrol seseorang agar ia mau menuruti kehendak kita. Kalau hal itu terjadi, sikap bawel bisa menjadi bentuk kontrol bukan perhatian lagi.

Sebelum kamu meminta sesuatu kepada pasangan, pikirkan lagi matang-matang untuk apa hal yang kamu minta itu. Karena permintaan untuk meminta tolong ataupun mengontrol seseorang berjalan beriringan alias beda tipis.

5 dari 10 halaman

Contoh Bawel dalam Hubungan © Diadona

Penyataan Selalu Dimulai dengan Kata " Kamu"

Pakar relationship mengatakan kalau pernyataan seseorang dikatakan sudah bawel kepada pasangannya ketika dimulai dengan kata " kamu" . Contohnya seperti: Kamu tidak pernah bebersih diri, kamu seharusnya melamar kerja di sini, dan sebagainya.

Pernyataan yang dimulai dengan kata " kamu" sering kali berujung menyalahkan dan membuat pasangan memberikan sikap defensif.

Coba gunakan kata " aku" dalam mengungkapkan pernyataan kepada pasangan. Contohnya seperti : aku ingin kamu bebersih, atau aku ingin kamu melamar kerja di sini.

Dengan adanya kata " aku" dalam sebuah ungkapan permintaan, menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yanhg aktif dalam pembicaraan, bukannya tukang kritik. Dengan begini, pasanganmu akan jadi tahu apa arti dari sikap bawelmu merupakan sebuah bentuk cinta.

6 dari 10 halaman

Arti Bawel Dalam Cinta © Diadona

Respon Negatif dari Pasangan

Pada umumnya, tidak ada orang yang suka dikontrol. Jika yang pasangan kamu rasakan hanyalah sebuah omelan darimu, mereka akan merasa tidak baik-baik saja terhadap pernyataan tersebut.

Pasangan akan mendapatkan kesan kalau mereka tidak baik-baik saja dengan keadaannya yang sekarang.

Jika pasanganmu merasa seperti itu, mungkin responnya kepadamu akan marah, kesal, dan berbagai respon negatif lainnya.

Kalau sudah begini, kamu bisa menggunakan pujian daripada kritik dalam meminta sesuatu darinya. Walaupun bakal terdengar aneh di awal, namun hal ini bisa menjadi salah satu momen unik dalam hubunganmu.

7 dari 10 halaman

Ciri Pasangan yang Bawel © Diadona

Kamu Merasa Jadi Orang Tua daripada Pasangan

Bawel yang terus menerus dapat mebuat pasanganmu merasa dirinya sebagai seorang anak-anak. Kalau pasanganmu jadi anak-anak, kamu yang menjadi orang tuanya. Jatuhnya kamu bukan menjalin kisah cinta, tapi malah jadi pengasuh anak. Tentu tidak ada yang mai memiliki hubungan yang seperti ini.

Jika sudah begini, kamu bisa menetapkan standart atau batasan tertentu saat berdebat dengan pasangan. Standart tersebut nantinya bakal dapat diterima oleh pasangan dan juga dirimu.

8 dari 10 halaman

Arti Bawel Dalam Cinta © Diadona

Kamu Acuh Terhadap Diri Sendiri dalam Beberapa Hal

Perilaku bawel berasal dari perasaan yang tidak bisa membuat diri sendiri bahagia. Seseorang yang bawel tidak fokus ke dirinya sendiri dan menghabiskan banyak waktunya untuk cerewet kepada pasangannya.

Mengakui kekurangan sendiri dan berusaha memperbaikinya dapat membuat kamu menjadi mandiri. Hal ini juga dapat membantumu untuk fokus kepada diri sendiri. Maka dari itu, sebelum kamu aplikasikan sikap bawelmu kepada pasangan, cobalah untuk " bawel" terlebih dahulu kepada diri sendiri.

9 dari 10 halaman

Sikap Bawel dalam Hubungan © Diadona

Kamu Sudah Tidak Menghargai Pasangan

Sikap bawel dapat menurunkan rasa hormatmu terhadap pasangan, begitu juga dengan sebaliknya. Saat kamu bawel, ada rasa tidak percaya terhadap pasangan yang dapat mengikis rasa hormatmu kepadanya.

Bicarakan dengan pasangan hal-hal yang membuatmu tidak percaya dengannya. Pahami lagi keinginanmu bersama pasangan dan saling berjanji agar hal tersebut dapat terwujud. Komunikasi menjadi kunci penting dalam sebuah hubungan dapat bertahan.

Beri Komentar