Sadar Nggak sih, Teman-Teman Mulai Berkurang saat Kita Memasuki Fase Dewasa?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 12 Maret 2020 13:03
Sadar Nggak sih, Teman-Teman Mulai Berkurang saat Kita Memasuki Fase Dewasa?
Berkurang terus sampe lama-lama sendirian :(

Pernah nggak kalian menyadari kalau teman-teman sepergaulan mulai berkurang sedikit demi sedikit? Yang dulunya kalo nongkrong suka rame-rame, seiring bertambahnya usia makin jarang nongkrong.

Kalau kondisi ini juga terjadi pada kalian, tenang aja nggak usah kuatir. Hal semacam ini memang wajar terjadi kok.

Mengutip dari psychologytoday.com, lingkup pertemanan memang akan mengalami penyusutan seiring berjalannya waktu. Apalagi memasuki usia 20-an, kondisi ini akan semakin nyata dan memuncak di usia 30-an. Bukan kamu aja yang mengalami kondisi semacam ini kok, banyak juga yang merasakan hal serupa. 

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Pertemanan © Diadona

Usia-usia ini memang rentan mengalami kehilangan teman, karena kalian mulai memiliki impian yang ingin dicapai. Di usia antara 20-30an kita pasti sibuk mengejar pendidikan, karier, atau bahkan pasangan hidup. Jadi rasanya cuma ada sedikit waktu yang tersisa yang bisa digunakan untuk menghabiskan waktu dengan teman-teman.

Sebuah studi yang dilakukan Netherlands Organization for Scientific Research (NWO) mengungkap bahwa manusia setidaknya akan kehilangan setengah teman baiknya setiap tujuh tahun sekali. Walaupun akan berdatangan kenalan baru, tapi itu tidak menjamin bahwa mereka akan menjadi teman yang benar-benar baik. 

2 dari 2 halaman

image © Diadona

Menghadapi kondisi ini kamu nggak perlu galau deh. Psikolog Janna Koretz dari Azimuth Psychological menyatakan bahwa memiliki sahabat yang benar-benar baik adalah hal yang semakin tidak realistis di dunia orang dewasa. Jadi yang perlu kamu lakukan adalah lapang dada menerima segala keadaan. Namun bukan berarti kamu lantas menutup diri dan nggak mau bergaul lagi ya.

Sebisa mungkin kamu perlu menjaga komunikasi dengan teman-temanmu yang masih tersisa. Kalau ada waktu luang, kamu bisa memanfaatkannya dengan hang out bersama mereka. Lagipula, punya teman baik itu banyak manfaatnya loh. Dengan punya ikatan yang positif dengan orang-orang di sekitarmu, kesehatan mentalmu akan tetap terjaga.

Beri Komentar