Punya Teman Baik Ternyata Bisa Bikin Panjang Umur, Nih!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 27 Februari 2020 16:16
Punya Teman Baik Ternyata Bisa Bikin Panjang Umur, Nih!
Mau hidup lama? Mari kita berteman..

Punya teman baik itu anugerah, benar nggak? Kita pasti sering dengar ungkapan bahwa sebagai makhluk sosial, manusia itu nggak bisa hidup seorang diri. Maka nggak mengherankan kalau manusia-manusia di dunia ini menjalin sebuah pertemanan.

Jalinan pertemanan bukan cuma berfungsi sebagai syarat sebagai makhluk sosial lho. Punya pertemanan yang baik, ternyata bisa bikin panjang umur! Bukan asal bunyi, pernyataan ini diungkap oleh tim peneliti dari George Mason University. Dr. Nancy Freeborne sebagai pemimpin penelitian menyatakan bahwa hubungan pertemanan yang sehat bisa mempengaruhi umur seseorang.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Pertemanan Wanita © Diadona

Mengutip dari scarymommy.com, psikolog Susan Pinker mengatakan bahwa persahabatan justru memegang peranan penting dalam umur seseorang daripada sekedar olahraga dan istirahat. Jika kita telaah lebih dalam, pernyataan ini ada benarnya juga.

Kesehatan fisik memang perlu dijaga, tapi kesehatan mental juga nggak boleh luput dari perhatian. Untuk menjaga kesehatan mental, rupanya memiliki pertemanan yang sehat bisa menjadi pemicunya.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Sahabat © Diadona

Seringkali teman dekat justru lebih mengenal diri kita dibandingkan kita sendiri. Kadangkala mereka lebih tahu apa yang kita perlukan, utamanya ketika kita sedang dalam kondisi yang kurang baik. Baik dan buruk kondisi yang sedang kita alami, biasanya teman yang baik akan ada untuk menjadi sosok yang 'waras' bagi kita.

Dukungan moril dari teman baik bisa menghindarkan kita dari rasa kesepian, bahkan dengan dukungan moril kita akan merasa lebih diperhatikan dan disayang oleh orang-orang terdekat. Dukungan moril ini pun diketahui bisa membuat seseorang lebih cepat sembuh dari penyakit dan dapat bertahan hidup lebih lama.


Gimana, mau panjang umur? Jangan ragu untuk memulai pertemanan ya!

Beri Komentar