12 Perbedaan Antara Seseorang yang Suka sama Kamu atau Cuman Bersikap Baik aja, Jangan Keburu Baper ya!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 25 April 2024 14:00
12 Perbedaan Antara Seseorang yang Suka sama Kamu atau Cuman Bersikap Baik aja, Jangan Keburu Baper ya!
Nggak bisa membedakan kedua perasaan ini bisa bikin kamu baper pada orang yang salah atau justru malah nggak peka pada perasaannya.

Pernahkah kamu merasa bingung dengan perasaan seseorang? Sikap baiknya sering bikin baper sampai kamu bertanya-tanya, apakah dia suka sama kamu atau hanya bersikap baik aja. Sebab kadang terasa cukup sulit dan rumit untuk melihat perbedaan keduanya karena beberapa kesamaan.

Di dunia ini ada beberapa orang yang punya sikap super baik sampai bikin orang lain merasa naksir padanya. Sebaliknya, beberapa tipe orang terlihat cuek dan tidak peduli padahal menyimpan perasaan suka.

Nah, sikap kedua tipe orang ini beririsan dan bikin kita kadang bertanya-tanya : Apakah dia memang baik hati atau sedang PDKT? Nah biar nggak merasa terjebak dalam harapan palsu, kamu harus pintar melihat gerak geriknya dan membedakan keduanya.

Diadona akan membantumu memahami perbedaan antara seseorang yang suka dan yang hanya bersikap baik. Dengan memahami perbedaan ini, kamu bisa lebih yakin dengan perasaan orang tersebut dan mengambil langkah selanjutnya.

 

1 dari 10 halaman

Perbedaan Antara Seseorang yang Suka atau Cuman Bersikap Baik © Diadona© 2024 shutterstock.com/Olena Yakobchuk

Memperlakukanmu Berbeda Dibandingkan dengan yang Lainnya

Tanda ini akan membedakan dia bersikap baik dan hanya ramah saja, atau bersikap baik karena suka sama kamu. Orang yang bersikap baik dan memperlakukanmu berbeda dengan yang lainnya, sudah pasti menandakan kalau dia suka sama kamu, bukan hanya sekedar ramah.

Dengan kata lain, dia akan mengeluarkan effort yang lebih, baik dalam hal perhatian ataupun waktunya. Dia akan selalu ingin tahu tentangmu, dan memperhatikan banyak hal tentang dirimu, bahkan hingga hal kecil yang kamu sendiri tidak memperhatikannya. Dia akan lebih banyak aksi daripada bicara.

Memprioritaskanmu

Prioritas akan menjadi penilai handal untuk membedakan seseorang suka atau hanya sekedar ramah. Kalau dia suka sama kamu, maka dia akan memprioritaskanmu di atas segala kesibukannya, dan dia akan berusaha meluangkan waktunya buat kamu.

2 dari 10 halaman

Perbedaan Antara Seseorang yang Suka atau Cuman Bersikap Baik © Diadona© 2024 shutterstock.com

Peduli sama Respon atau Reaksimu

Saat seseorang hanya bersikap baik, dia tidak akan terlalu peduli respon atau reaksi lawan bicaranya. Dia hanya berbuat baik aja, terserah apa yang orang lain pikirkan tentang dia.

Namun akan berbeda jika seseorang tersebut ternyata memiliki rasa ke lawan bicaranya, biasanya dia akan menunggu persetujuanmu, pendapatmu, dan dia akan sangat kebingungan saat kamu marah atau menunjukkan respon yang kurang baik.

Perhatikan gerak-gerik dia saat kamu sedang kumpul atau ngobrol bersama dia yaa Diazens! Dan Pastikan sikap baiknya itu!

3 dari 10 halaman

Perbedaan Antara Seseorang yang Suka atau Cuman Bersikap Baik © Diadona© 2024 shutterstock.com/Hananeko_Studio

Kontak Mata dan Bahasa Tubuhnya saat Berada di Sekitarmu

Seseorang yang suka sama kamu  akan menunjukkan ketertarikannya melalui kontak mata dan bahasa tubuhnya. Contohnya, dia akan sering menatap matamu, tersenyum, dan menunjukkan gestur tubuh yang terbuka. 

Sedangkan orang yang hanya bersikap baik mungkin tidak menunjukkan ketertarikan yang sama. Kontak matanya mungkin singkat dan bahasa tubuhnya mungkin lebih tertutup.

Ingat akan Hari-Hari Pentingmu

Orang yang suka sama kamu atau hanya sekedar bersikap baik terhadapmu, tentunya nggak mengingat hari-hari yang penting dalam hidupmu. Mereka mungkin akan inget dengan hari ulang tahun kamu, sama seperti teman-teman kamu.

Namun, akan berbeda kalau ternyata dia suka sama kamu. Dia akan berusaha mencari tau dan selalu mengingat hari pentingmu, seperti hari ulang tahunmu dan lainnya. 

4 dari 10 halaman

Perbedaan Antara Seseorang yang Suka atau Cuman Bersikap Baik © Diadona© 2024 shutterstock.com/Simplylove

Mengingat Hal-Hal yang Kamu Katakan dan Lakukan

Dilansir dari wikihow.com ternyata, tak hanya akan mengingat hari pentingmu, orang yang suka denganmu akan selalu mengingat hal-hal detail yang kamu katakan dan lakukan, bahkan mungkin hal-hal remeh. Dia akan menganggap bahwa setiap suatu hal yang kamu katakan dan lakukan adalah hal penting untuk diingat.

Sementara itu orang yang baik umumnya hanya mengingat hal-hal yang bersifat universal, misalnya hobi, dan hal yang sifatnya universal. 

 

5 dari 10 halaman

Perbedaan Antara Seseorang yang Suka atau Cuman Bersikap Baik © Diadona© 2024 shutterstock.com/PRPicturesProduction

Konsisten dengan Sikapnya

Seseorang yang bersikap baik ke kamu, karena dia menyukaimu, pastinya akan menunjukkan konsistensi dalam perilakunya dan selalu berusaha menepati janjinya ke kamu nih Diazens. Dia bisa diandalkan dan selalu ada untukmu saat kamu membutuhkannya. Tidak plin-plan atas sikapnya ke kamu.

Sedangkan orang yang hanya bersikap baik karena memang pada dasarnya dia ramah, orang tersebut mungkin tidak selalu konsisten dan tidak bisa diandalkan. Dia mungkin sering membatalkan janji atau tidak ada saat kamu membutuhkannya, simplenya dia tidak akan menganggapmu “ penting”.

 

6 dari 10 halaman

Perbedaan Antara Seseorang yang Suka atau Cuman Bersikap Baik © Diadona© 2024 shutterstock.com/Nuttapong punna

Terus Berusaha Mencari Topik yang Menarik Perhatianmu

Perbedaan seseorang suka atau cuman bersikap baik, bisa dilihat dari cara dia mencari topik saat berbicara denganmu. Seseorang yang suka akan berusaha mencari topik pembicaraan yang menarik perhatianmu dan selalu kepo segala hal tentang dirimu dan kehidupanmu. 

Contohnya dia membahas topik mengenai kesukaanmu, entah makanan atauun hobimu. Atau dia mencari topik pembicaraan untuk mengulik dan mengenalmu lebih dalam. Dia akan mendengarkan ceritamu dengan penuh perhatian dan antusias.

Sedangkan orang yang hanya bersikap baik mungkin hanya basa-basi basi dan tidak menunjukkan minat yang besar pada percakapan diantara kalian.



7 dari 10 halaman

Perbedaan Antara Seseorang yang Suka atau Cuman Bersikap Baik © Diadona© 2024 shutterstock.com/TuiPhotoEngineer

Mempertahankan Pembicaraan atau Chatmu dengannya

Mempertahankan pembicaraan atau chat dengan seseorang bukan cuman tentang membalas pesannya. Seseorang yang benar-benar tertarik sama kamu akan berusaha menjaga kelancaran percakapan dengan mengajukan pertanyaan dan memulai topik baru. Dia nggak akan rela pembicaraan dan chatmu berada di ujung dan akan berakhir.

Dia akan menunjukkan rasa ingin tahunya tentangmu dan ingin kenal kamu lebih dalam. Sebaliknya, orang yang hanya bersikap baik, dia hanya akan sekedar membalas chatmu tanpa menunjukkan minat dan usaha yang lebih untuk melanjutkan percakapan.

8 dari 10 halaman

Perbedaan Antara Seseorang yang Suka atau Cuman Bersikap Baik © Diadona© 2024 shutterstock.com/MDV Edwards

Selalu Mencari Momen biar Bisa Berduaan sama Kamu

Orang yang hanya bersikap baik doang biasanya sih nggak akan melakukan ini Dia tidak akan tertarik untuk selalu mencari momen agar bisa berdua denganmu. Mungkin akan nyaman berdua aja dengan kamu, tapi dia nggak akan selalu mencari kesempatan.

Berbeda kalau dia bersikap baik karena dia suka kamu, dia akan selalu mencari momen agar bisa berdua denganmu! Dia tidak mau melewatkan momen dan kesempatan untuk bisa berdua denganmu. Selain itu, dia juga akan berusaha untuk dapat mengajakmu bertemu dan keluar cuman berdua doang!



9 dari 10 halaman

Perbedaan Antara Seseorang yang Suka atau Cuman Bersikap Baik © Diadona© 2024 shutterstock.com/Tom Wang

Berusaha Selalu ada di Dekatmu

Saat seseorang suka sama kamu, dia akan selalu berusaha untuk selalu ada di dekatmu. Dia ingin kamu selalu bisa mengandalkannya, atau simplenya mungkin dia hanya ingin selalu memastikanmu baik-baik saja. Biasanya hal ini akan terlihat dari sikapnya, karena jika seseorang menyukaimu, dia akan selalu ingin melihatmu dan tidak bisa jauh darimu nih Diazens!.

Bisa jadi, jika dia tidak melihatmu atau bertukar kabar denganmu lebih dari 1 hari, dia akan kangen berat gitu deh.

10 dari 10 halaman

Perbedaan Antara Seseorang yang Suka atau Cuman Bersikap Baik © Diadona© 2024 shutterstock.com/Odua Images

Dia Memperhatikan Perhatikan dan Pertimbangkan Perasaan dan Intuisimu 

Ini adalah langkah penting untuk mengetahui perbedaan seseorang suka atau cuman bersikap baik. Saat bersama dengannya, apakah kamu merasa nyaman, bahagia, dan dihargai? Atau kamu merasa ragu, tidak yakin, dan tidak nyaman?

Beberapa pertanyaan mengenai perasaanmu itu untuk memastikan, karena intuisi seringkali bisa membantu mengetahui perasaan seseorang yang sebenarnya. Percayalah pada intuisimu dan jangan abaikan tanda-tanda yang kamu rasakan ya Diazens!

Membedakan seseorang yang suka dan yang hanya bersikap baik memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin. Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, kamu bisa lebih memahami perasaan orang tersebut dan mengambil keputusan yang tepat.

Ingat selalu ya Diazens, kalau kamu berhak untuk dicintai dan dihargai oleh siapapun itu! 

Jangan cepat baper sama perilaku seseorang ya! Pastikan dulu gerak-gerik sikapnya itu, agar kamu tidak sakit hati di kemudian hari.

Penulis : Fuzta Azma Ummi Izzah

 

Beri Komentar