Pagi atau Malam, Kapan sih Waktu Terbaik untuk Bercinta?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 7 Juni 2021 16:15
Pagi atau Malam, Kapan sih Waktu Terbaik untuk Bercinta?
Jam biologs bisa memengaruhi sesi bercinta.

Bicara soal waktu yang tepat untuk bercinta, biasanya orang-orang akan terbagi menjadi 2 kubu yakni tim pagi hari dan tim malam hari. Namun, benarkah ada waktu 'terbaik' untuk bercinta?

Menurut seorang dokter bernama Stuart Farrimond, hormon memang bisa memegang kendali dorongan bercinta. Namun, kebanyakan pasangan biasanya melakukan hubungan seks bukan karena 'waktu yang tepat' tapi justru karena ada kesempatan untuk melakukannya.

1 dari 5 halaman

Melansir dari The Science of Living, testosteron merupakan senyawa kimia yang berkaitan dengan hasrat seksual pada manusia, umumnya laki-laki. Bagi perempuan, esterogen berperan lebih besar pada gairah atau hasrat seksual.

" Hormon testosteron yang sehat mencapai puncaknya pada pagi hari baik untuk pria maupun wanita; puncaknya jauh lebih tinggi untuk pria. Sehingga seks di pagi hari bisa menjadi penghilang stres dan penurunan tekanan darah untuk memulai hari," ujar Stuart.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Pasangan Suami Istri saat Pagi Hari © Diadona

Testosteron yang melonjak di pagi hari, membuat tubuh lebih siap untuk bercinta. Usai orgasme pun, campuran hormon akan memicu tubuh jadi rileks dan timbul perasaan dicintai.

Kemungkinan pembuahan paling tinggi pun terjadi sebelum pukul 07.30 pagi, sebab di waktu tersebut jumlah sperma dan kemampuan berenangnya berada pada puncak harian. Meski terlihat sebagai waktu yang tepat, bercinta di pagi hari bisa menimbulkan kantuk pada sebagian pria. Pasalnya, terjadi lonjakan dahsyar dari prolaktin yang bisa memidu tidur usai bercinta.

3 dari 5 halaman

Jam biologis juga memengaruhi sesi bercinta. Penelitian menyebut bahwa pasangan yang paling bahagia dengan hubungannya, seringkali memiliki jam tubuh yang sinkron dengan dorongan seksual satu sama lain.

Pasangan yang sama-sama sibuk, biasanya berhubungan seks saat ada kesempatan. Hal ini biasanya terjadi malam hari yakni sekitar pukul 23.30, di mana keduanya sedang berbaring nyaman di tempat tidur dan terdorong untuk melakukan hubungan intim.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Pasangan Suami Istri saat Pagi Hari © Diadona

Menurut Stuart, sebenarnya tidak ada 'waktu terbaik' untuk bercinta. Namun untuk pasangan yang berusia 20-30 tahun, bercinta di pagi hari akan lebih sering dilakukan karena terasa lebih menggairahkan.

Jika dikaitkan dengan puncak libido, biasanya pasangan suami istri akan memiliki hasrat yang sama di usia 30-an. Nantinya, 'kadar hasrat yang sama' ini akan terjadi kembali di pertengahan hingga akhir usia 40-an.