Menurut Riset, Kualitas Komunikasi Ternyata Berpengaruh pada Kepuasan di Atas Ranjang

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 27 Mei 2021 09:15
Menurut Riset, Kualitas Komunikasi Ternyata Berpengaruh pada Kepuasan di Atas Ranjang
Komunikasi yang baik bisa tingkatkan kepuasan bercinta.

Bicara soal sesi bercinta, hampir semua pasangan pasti setuju jika tujuannya yakni untuk mendapat kepuasan. Namun ternyata, meraih kepuasan saat bercinta justru nggak semudah kelihatannya.

Sebuah riset yang dilakukan tim peneliti dari Brigham Young University, School of Life, AS, menemukan fakta bahwa ada 'kesenjangan' antara pria dan wanita dalam hal meraih orgasme. Riset yang dipublikasikan di Journal of Sexual Medicine ini melaporkan bahwa wanita jauh lebih jarang mendapat kepuasan saat bercinta.

1 dari 3 halaman

Riset ini mengungkapkan bahwa kepuasan selama bercinta hanya bisa dirasakan 87% pria dan 49% wanita. Saat ditelusuri, kepuasan selama bercinta ini ternyata berkaitan dengan kualitas komunikasi dalam hubungan.

Ilustrasi Pasangan di Atas Ranjang © Diadona

Semakin baik komunikasi yang terjalin antara suami istri, maka tingkat kepuasan hubungan seksual pun semakin meningkat. Tingkat kepuasan yang semakin meningkat, ternyata juga membantu wanita untuk mendapat orgasme lebih sering.

2 dari 3 halaman

Melansir dari PsyPost, ada 2 hal yang bisa mengganggu orgasme bahkan mengganggu kualitas hubungan. Pertama, timbulnya rasa tidak nyaman terhadap hubungan seksual, dan yang kedua berkaitan dengan kualitas komunikasi antara suami istri.

Ada 3 hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Pertama, pasangan harus merasa nyaman dan memahami kondisi seksualitas satu sama lain. Kedua, perlu ada komunikasi terbuka antara dua belah pihak, termasuk mengenai hal-hal yang berbau sensual. Ketiga, masing-masing pasangan perlu memperhatikan hasrat seksual satu sama lain agar tidak terjadi kesalahpahaman.