13 Arti Mimpi Ketemu Mantan Pacar, Tanda Masih Sayang atau Bunga Tidur doang?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 24 Agustus 2023 19:55
13 Arti Mimpi Ketemu Mantan Pacar, Tanda Masih Sayang atau Bunga Tidur doang?
Menurut psikologi, ada banyak arti mengapa mantan pacar masih saja hadir dalam mimpi. Bisa karena kamu sedang kangen, belum bisa move on sampai manifestasi alam bawah sadarmu

Arti mimpi selalu menjadi pembahasan yang menarik, salah satunya adalah arti mimpi bertemu dengan mantan pacar. Apakah karena kamu kangen sama dia, masih menyimpan rasa atau hanya bunga tidur saja?

Dikutip dari Science American, pada abad ke 19, Sigmund Freud dan Carl Jung mengemukakan beberapa teori modern yang paling terkenal tentang mimpi.

1 dari 8 halaman

Arti Mimpi Mantan Pacar © Diadona

Dalam buku berjudul Freud’s dream interpretation: A Different Perspective Based on The Self-Organization Theory of Dreaming, Teori Freud menyatakan kalau arti mimpi bisa saja merupakan tanda dari keinginan yang belum tercapai, berhubungan dengan apa yang terjadi di siang hari dan mengungkapkan kondisi mental dan pikiran dari si pemimpi.

Dalam hal mimpi bertemu mantan pacar, bisa saja mimpi tersebut merupakan tanda kalau kamu masih mengingatnya atau punya luka dalam hubungan sebelumnya, bila sesuai dengan teori tersebut.

Sementara itu, Carl Jung percaya bahwa kalau mimpi punya kepentingan psikologis. Mimpi adalah cara pikiran bahwa sadar kita berkomunikasi dengan pikiran sadar kita. Dia percaya kalau mimpi punya banyak arti, makanya penting untuk berpikiran terbuka dan melihatnya dari sudut pandang berbeda.

Tapi salah satu teori yang paling banyak digagas tentang arti mimpi adalah bahwa mimpi tidak berarti apa-apa. Mimpi cuman aliran listrik otak yang menarik pikiran dan gambaran acak dari ingatan kita. Ada juga teori yang menyebut kalau mimpi berasal dari ingatan yang tersimpan.

Malahan nih menurut teori, manusia membangun cerita mimpi mereka setelah mereka bangun dari tidur. Nah ini terjadi secara alami untuk memahami mimpi yang baru saja dialami.

2 dari 8 halaman

Mimpi Ketemu Mantan Pacar © Diadona

Sebagai seseorang yang pernah ada di dalam hati dan pikiran kita, mimpi bertemu dengan mantan sangat mungkin terjadi. Apakah mimpi yang menyenangkan atau membuat sebal? Apakah mimpi tersebut membuat kamu ketakutan, insecure, merasa kuat, cemburu, sayang atau berhasrat seksual?

Trus bagaimana dengan mimpi menikah dengan mantan, atau memimpikan mantan pacar yang sudah menikah?

Dikutip dari laman Sleep Foundation, peneliti berpendapat kalau mengenali keadaan emosi atau perasaan dalam mimpi adalah kunci untuk menafsirkan dan memahami makna mimpi. Selain itu, perasaan kamu dan tanggapan dari perasaan kamu juga penting. Perasaan ini akan membantu mengumpulkan gambaran yang lebih luas tentang arti mimpi kamu.

Coba deh ulasan lebih lanjut dari berbagai sumber terpercaya berikut :

3 dari 8 halaman

Mimpi Ketemu Mantan Pacar © Diadona

Mengutip dari Psych News Daily, mimpi tentang seseorang bisa jadi merupakan cerminan dari pikiran dan perasaan bawah sadar kamu terhadap dia. Mimpi juga bisa jadi cerminan dari apa yang dipikirkan sebelum tidur. Atau nih mimpi merupakan representasi simbolis dari sesuatu yang sama sekali berbeda. Jadi untuk memahami arti mimpi secara akurat, perlu mempertimbangkan gimana hubungan pribadi kamu dengan orang tersebut.

Melansir Choosing Therapy, ada banyak arti memimpikan mantan pacar dan kesleuruhannya terkait dengan kondisi psikologimu, bukan dirinya.

Kamu Belum Melupakan Dia

Mimpi tentang mantan pacar bisa mengindikasikan kalau kamu belum bener-bener melupakan dia dan masih sering memikirkannya. Kamu mungkin merasa kalau hidup kamu nggak lengkap tanpa mereka.

Coba deh apa yang kamu rasakan sata bangun tidur dari mimpi bertemu dengan mantan? Merasa dekat sama dia? Nah, itu berarti kamu masih belum bisa move on dari dia.

Biar nggak galau terus, yuk cari tahu gimana caranya move on dan lanjut ke kehidupan asmara yang baru.

Takut Patah Hati Lagi

Merasa cemas untuk memulai hubungan baru pasca patah hati? Hal tersebut wajar terjadi. Tapi bila kemudan termanifestasi dalam bentuk memimpikan mantan pacara, mungkin itu artinya secara tanpa sadar kamu mulai mengingat kesedihan dari hubungan yang lama. Lalu kamu takut hal tersebut akan berulang ke hubungan yang baru ini.

4 dari 8 halaman

Arti Mimpi Mantan Pacar © Diadona

Berantem dengan Pacar saat ini dan Membandingkannya Dia dengan Mantan

Bila kamu sedang mengalami konflik dalam hubungan saat ini lalu memimpikan mantan pacar, maka sebenarnya kedua hal tersebut sangat berkaitan. Kadang-kadang nih, saat kamu marah atau kecewa terhadap pasangan saat ini, kamu mungkin melihat mantan sebagai sosok yang lebih baik dalam mimpi.

Nah, mimpi ini bisa jadi pertahanan dari otak kamu yang sedang menghindar dari masalah yang ada sekarang.

Makanya, penting mengatasi konflik dengan pasangan kamu saat ini daripada melarikan diri ke dalam kenangan masa lalu. Memproyeksikan perasaan ini ke mantan cuman akan menyulitkan perbaikan hubungan kamu yang sekarang.

Berharap Kualitas Mantan ada Dalam Diri Pacar yang Sekarang

Kamu mungkin merasa kalau mantan pacar kamu punya kualitas tertentu yang kamu suka banget dan kamu inginkan ada dalam hubungan kamu saat ini. Trus memimpikan mantan pacar sebenernya merupakan sinyal dari alam bawah sadar kamu.

Alih-alih cuman memikirkannya doang, mending kamu bawa kualitas tersebut dalam kehidupan kamu saat ini daripada cuman memikirkannya dalam konteks mantan.

5 dari 8 halaman

Arti Mimpi Mantan Pacar © Diadona

Kamu Sedang Berjuang dengan Trauma Masa Lalu

Jika kamu masih berjuang dengan trauma atau perasaan intens setelah hubungan yang traumatis, ini bisa tercermin dalam mimpi. Dan mantan pacar kamu mungkin melambangkan pengalaman traumatis ini.

Kamu mungkin takut pengalaman tersebut akan terulang dalam hubungan saat ini atau di masa depan. Misalnya nih bila di mantan kamu berselingkuh di hubungan sebelumnya, memimpikan dia bisa berarti kamu sedang menangani trauma diselingkuhi.

Segera setelah kamu menyadari arti mimpi ini, maka kamu harus mengatasi trauma ini dengan cara yang tepat. Mimpi bisa menjadi tanda bahwa kamu perlu mengobati diri dan mencari cara untuk melepaskan ketakutan dan kecemasan ini.

Punya Perasaan yang Belum Selesai

Mungkin ini adalah arti mimpi bertemu mantan pacar yang paling relevan, bukan? Bisa jadi nih masih ada perasaan kamu ke mantan yang berusaha kamu sembunyikan dan kamu tekan. Dan memimpikannya merupakan cara alam bawah sadar kamu untuk ngasih tau bahwa perasaan tersebut perlu diatasi atau diselesaikan.

6 dari 8 halaman

Arti Mimpi Mantan Pacar © Diadona

Mantan Pacar sebagai Simbol Sesuatu yang Besar

Bertemu mantan pacar dalam mimpi bisa melambangkan harapan, keinginan, atau hal-hal yang kamu butuhkan dalam hidup kamu. Lalu kamu mengisi kekosongan itu dengan kenangan hubungan masa lalu. Nah, mimpi bisa jadi merupakan cara alam bawha sadar kamu untuk menyuarakanapa yang kamu inginkan dalam hidup.

Baru Saja Bertemu Mantan

Kalau kamu baru saja bertemu atau berinteraksi dengannya, hal ini bisa memicu mimpi tentang mereka. Kehadiran mereka dalam kehidupan nyata dapat mempengaruhi mimpi kamu. Kamu mungkin merasa rindu atau punya pertanyaan terhadap mereka yang belum sempet kamu tanyakan.

Nggak Ada Arti Khusus

Memimpikan mantan pacar bisa juga tidak berarti apa-apa. Mimpi tersebut mungkin terjadi secara kebetulan dan dipicu oleh kejadian sehari-hari.

Kamu Happy dan Sudah Move On

Setelah mengatasi patah hati dan masa-masa sulit, ada saatnya kamu merasa happy dan sudah berdamai dnegan masa lalu. Nah, bila di momen ini kamu memimpikan mantan pacar, maka itu artinya kamu sudah menerima masa lalu dan siap untuk perubahan dan kedamaian.

7 dari 8 halaman

Mimpi Mantan Pacar Terus Menerus © Diadona

Lalu bagaimana mana mimpi mantan pacar hadir terus menerus?

Tentu ada alasan khusus kenapa mantan pacar datang ke dalam mimpi terus menerus. Apakah ini adalah tanda bahwa dia kangen? No. Itu adalah anggapan yang keliru. Sebab mimpi yang kamu alami adalah antara kamu dengan dirimu sendiri, baik itu pikiran atau perasaan.

Menurut psikolog klinis, Dr. John Mayer, “ mimpi berulang tentang orang yang sama adalah simbol dari perasaan, emosi, atau hal lain – yang tidak boleh diartikan secara harfiah.”

Jadi apa kira-kira arti memimpikan mantan pacar secara berulang?

Selalu Memikirkan Mantan

Dilansir dari Hack Spirit, arti mimpi mantan pacar terus menerus bisa jadi karena orang itu selalu ada di pikiran kamu, baik kamu sadari atau tidak. Sebab saat kamu tidur, tubuh kamu beristirahat tetapi pikiran tetap aktif.

Nah kemunculannya di dalam mimpi adalah manifestasi dari kemunculannya di dalam pikiran kamu. Bisa saja karena kamu kangen dengan mantan.

Sementara itu masih dari Psych News Daily, arti mimpi mantan terus-menerus bisa menjadi pertanda kalau dia adalah sosok yang penting. Bisa saja kamu punya urusan yang belum selesai dengan dia atau ada perasaan yang belum tuntas.

Ingin Bertemu Mantan Pacar

Para ahli peneliti mimpi mengemukakan teori berjudul The Continuity Hypothesis of Dreaming menyatakan bahwa “ mimpi terus berlanjut dengan kehidupan nyata dan dunia mimpi dan dunia terjaga adalah satu.

Artinya mimpi kita mencerminkan pikiran, kekhawatiran, dan pengalaman kita di dunia nyata.

Jadi kalau sebuah situasi tidak muncul atau tidak mungkin terjadi di dunia nyata, maka mimpi bakalan merangkainya seolah-olah hal itu terjadi pada saat itu. Dalam hal mimpi dengan pacar nih, artinya kamu berharap bertemu dengan dia walaupun hal itu tak mungkin terjadi. Lalu kemudian mimpi kamu merangkai pertemuan tersebut.

8 dari 8 halaman

Arti Mimpi Menikah dengan Mantan Pacar © Diadona

Trus bagaimana dengan mimpi menikah dengan mantan pacar?

Diadona nggak nemu sumber yang menyatakan mimpi tersebut, namun kamu bisa menghubungkannya dengan arti mimpi bertemu dengan mantan pada artikel di atas.

Apakah kamu merasa senang di mimpi tersebut? Apakah justru takut dan sedih? Nah hal itu bisa kamu kaitkan dengan hubungan kamu dengan mantan serta perasaan kamu terhadapnya.

Memimpikan mantan bisa berarti merupakan tanda bahwa ada sesuatu dalam pikiran bawah sadarmu yang masih terikat dengan dia. Jangan sampai hal tersebut mempengaruhi kehidupanmu saat ini ya!

Beri Komentar