Anti Gamon! Ini 4 Cara Terbaik Move On dari Masa Lalu

Reporter : Arifina
Selasa, 22 November 2022 08:00
Anti Gamon! Ini 4 Cara Terbaik Move On dari Masa Lalu
Gak drama-drama lagi deh!

Mengalami putus cinta bagii sebagian orang akan merasakan kesedihan mendalam. Bahkan, hal itu terkadang memengaruhi segala aktivitas harian yang bisa disebut hinga ke ranah gamon (gagal move on).

Putus cinta juga bisa membuat perasaan kalut, sedih dan menimbulkan kesepian. Seseorang bisa mengalami kesedihan akrena ditinggal kekasihnya selama berhari-hari hingga berbulan-bulan akibat putus cinta.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Patah HatiIlustrasi Patah Hati © Freepik.com

Tapi, aktivitas seperti itu tidak baik untuk kesehatan fisik ataupun mentalmu, lho! Karenanya, setiap orang yang putus cinta selayaknya untuk move on dan tidak berlarut-larut dalam kesedihah.

Proses move on ini memang tidak semudah kedengarannya. Perlu usaha ekstra dan pengendalian diri yang kuat supaya berhadil. Nah, berikut 4 cara terbaik untuk moven dari masa lalu dilansir dari berbagai sumber, dijamin anti gamon deh! Apa saja?

2 dari 5 halaman

1. Menerima dengan Lapang Dada

Mungkin sikap menerima kondisi sesungguhnya ini tidak mudah dilakukan, tapi kamu harus berusaha ya! Sikap cepat menerima kenyataan bahwa orang itu tidak ditakdirkan untukmu dinilai bisa membuat proses move on lebih cepat.

Dilansir dari Personal Excellence, pasangan yang tepat bukan melulu terletak pada waktu atau keadaan, namun orang yang tepat.

Jika seseorang benar-benar tertarik denganmu, dalam keadaan atau kondisi apapun, waktu yang tidak tepat, dan masalah yang bertubi-tubi datang, maka dipercaya semua bisa teratasi. Namun, sebaliknya jika ia tidak terlalu tertarik, semua hal yang terjadi bisa menjadi alasan baginya untuk berpisah denganmu.

3 dari 5 halaman

2. Sibukkan Diri

Ilustrasi Patah HatiIlustrasi Patah Hati © Shutterstock

Alih-alih terus merana dan meratapi masa lalu, sebaiknya kamu perbanyak kegiatan. Dengan begutu, kamu akan lebih sibuk dari hari-hari biasa dan seakan tidak ada waktu untuk mengingat masa lalu yang membuatmu sakit hati.

Dengan berkegiatan, maka kamu jadi tidak memiliki waktu untuk mengenang kisah-kisah lama dan membuat tingkat keberhasilan move on tinggi. Mengutip Everyday Health, daripada memikirkan masa lalu lebih baik menyibukkan diri dengan cara menjalankan sebuah kegiatan atau membuat hal-hal yang kreatif.

Kegiatan itu bisa dilakukan dengan mendekorasi ulang kamar, mengecat dapur, ikut kegiatan amal, volunteer, atau organisasi yang sibuk. Bisa juga melakukan hobimu yang sempat terlewatkan, seperti baca buku, olahraga, nonton drama Korea dan lainnya ya.

4 dari 5 halaman

3. Alihkkan Barang Pemberian Mantan

Cara move on tercepat sejatinya dengan menghindari semua hal yang berbau masa lalu. Maka, kamu bisa memulai dengan menyingkirkan barang-barang pemberian dari mantan nih!

Melansir dari Better Help, jika kamu sulit untuk move on sebaiknya menyingkirkan barang-barang tersebut. Kamu bisa juga mengembalikan barang-barangnya kepada mantan atau membuangnya jika ia tidak menerima kembali.

Langkah ini akan dengan sendirinya, perlahan tapi pasti membuatmu semakin tidak mengingat kenangan-kenangan dari masa lalu deh!

5 dari 5 halaman

4. Jangan Buru-Buru Jalin Hubungan Baru

Ilustrasi pasangan berbicaraIlustrasi pasangan berbicara © 2019 https://www.diadona.id/successiblelife.com

Ini hal yang paling harus dihindari ya! Biasanya, kebanyakan orang langsung buru-buru ingin mencari pengganti agar move on.

Padahal kalau melakukan itu bukan tidak mungkin, kamu hanya akan melakukan pelampiasan saja. Ahli hubungan percintaan Susan Winter dalam The Healthy mengatakan, memulai hubungan baru belum lama setelah putus sangatlah tidak baik ketika seseorang belum benar-benar move on.

Memang awalnya terlihat bisa mengobati luka patah hati dan rasa kesepian yang dirasakan. Namun, jika masalah terjadi, seperti dicampakkan lagi atau dighosting, sakitnya akan lebih mendalam.

Beri Komentar