11 Jenis Tanaman Hias Bunga Ini Tak Hanya Indah, Tapi Dianggap Bawa Keberuntungan Lho

Reporter : Iwan Tantomi
Minggu, 15 November 2020 15:49
11 Jenis Tanaman Hias Bunga Ini Tak Hanya Indah, Tapi Dianggap Bawa Keberuntungan Lho
Mumpung lagi punya banyak waktu luang, nggak ada salahnya mencoba merawat beberapa bunga cantik ini.

Akhir-akhir ini tren berkebun lagi diminati mereka yang banyak menghabiskan waktu d rumah. Nggak heran kalau beberapa tanaman hias daun kini dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi karena banyak diburu. Jangan hanya memenuhi taman atau halaman dengan yang ijo-ijo, tambahkan beberapa jenis tanaman hias bunga yang membawa warna-warna indah lewat kelopaknya.

Selain indah, kamu mungkin nggak menyangka kalau beberapa varian bunga dipercaya membawa cuan atau keberuntungan. Mumpung lagi punya banyak waktu luang, nggak ada salahnya mencoba merawat beberapa bunga cantik ini.

1 dari 11 halaman

Azalea

ShutterstockShutterstock © Shutterstock

Pertama kali tumbuh di Cina dan Jepang, nama jenis tanaman hias bunga ini justru diambil dari bahasa Yunani, azaleos yang artinya kering. ini menunjukkan kemampuan azalea yang dapat tumbuh di tanah yang kering.

Hadir dalam berbagai warna, bunga azalea melambangkan kebahagiaan dan keseimbangan. Selain itu, rangkaian bunga azalea yang diletakkan di depan rumah juga jadi tradisi di negara asalnya untuk menyambut para tamu dengan harapan baik. Keberuntungan nggak harus berupa uang, kan!

2 dari 11 halaman

Peony

ShutterstockShutterstock © Shutterstock

Jika dibandingkan dengan jenis tanaman hias bunga lainnya, peony bakal tampak menonjol berkat ukuran mahkota bunganya yang besar. Dijadikan bunga nasional China, bunga beraneka warna ini dianggap melambangkan kekayaan, keberuntungan dan kemakmuran.

 Ini terlihat dari peninggalan dinasi Ming dan Qing, bahkan hingga sekarang masih banyak orang-orang Tiongkok yang melukiskan bunga ini pada lukisan maupun keramik. Uniknya, bunga peony merah dianggap sebagai simbol keberuntungan sehingga banyak dicari saat Tahun Baru Cina.

3 dari 11 halaman

Anggrek

ShutterstockShutterstock © Shutterstock

Konon, anggrek sangat disukai di Tiongkok dan menjadikannya sebagai sumber inspirasi untuk pembuatan puisi dan karya sastra lainnya. Bukan hanya itu saja, jenis tanaman hias bunga ini pun banyak dimanfaatkan untuk pengobatan Tiongkok kuno.

Punya sejarah yang panjang, bunga dengan banyak varian warna dan bentuk kelopak ini pun dijadikan lambang kemewahan, keindahan, kekayaan, dan keberuntungan. Nggak heran kalau anggrek menjadi salah satu hadiah terbaik yang bisa diberikan kepada keluarga maupun kerabat dekat. Banyak yang menganggapnya sulit, nyatanya beberapa jenis anggrek tak butuh perhatian khusus. Cukup diletakkan di tempat yang terlindungi dari terik matahari dan rutin melakukan penyiraman maupun pemupukan.

4 dari 11 halaman

Hydrangea

ShutterstockShutterstock © Shutterstock

Dikenal juga dengan bunga bokor, jenis tanaman hias bunga ini mampu memikat siapa saja yang melihatnya. Terdiri dari bunga-bunga kecil yang bergerombol dengan warna-warna yang memikat, bunga ini bukan hanya akan mempercantik taman tapi juga mulai banyak dimanfaatkan sebagai buket bunga.

Menurut legenda, bunga hydrangea atau hortensia ini mulai dikenal saat diberikan oleh kaisar Jepang pada perempuan yang dicintainya, karena sudah mengabaikannya dan lebih memprioritaskan urusan negara. Selain dianggap sebagai ungkapan perasaan yang tulus, setiap warna bunganya pun membawa arti yang berbeda. Misalnya merah muda untuk cinta dan pernikahan, putih yang melambangkan kesucian serta hydrangea ungu yang ingin lebih dekat dengan seseorang.

5 dari 11 halaman

Lily

ShutterstockShutterstock © Shutterstock

Masuk dalam daftar jenis tanaman hias bunga yang membawa keberuntungan, bunga lily dianggap memiliki aura positif dan membawa kedamaian dalam rumah. Aromanya yang harum pun bikin ruangan terasa segar, sehingga nggak heran jika banyak orang suka merangkai dan meletakkanya di ruang tamu atau ruang kerja.

Menariknya, tanaman ini juga disebut tanaman perdamaian karena bentuk bunga lily yang mirip bendera putih yang saat tertiup angin akan melambai-lambai, layaknya tanda perdamaian. Buat yang tertarik memiliki tanaman bunga ini, sebaiknya tempatkan di pekarangan atau rawat dalam pot di dalam rumah untuk menciptakan rasa tenang dan bikin tidur jadi lebih nyenyak.

6 dari 11 halaman

Krisan

ShutterstockShutterstock © Shutterstock

Tampil dalam berbagai warna, bunga krisan kental dengan budaya Tiongkok yang dipersembahkan pada orangtua sebagai simbol keberuntungan dan umur panjang. Apalagi jika jenis tanaman hias bunga ini memiliki warna emas yan dianggap mewakili kekayaan dan kemakmuran.

Jepang pun juga menyebut mekarnya bunga krisan sebagai simbol kerajaan dan kehormatan dalam Festival of Happiness. Uniknya, kisah ini berbanding terbalik dengan beberapa negara Eropa seperti Belgia dan Austria yang justru banyak digunakan saat pemakaman sebagai tanda penghormatan terakhir.

7 dari 11 halaman

Mawar

ShutterstockShutterstock © Shutterstock

Terkenal indah dan wangi, jenis tanaman hias bunga ini dipercaya mampu menarik cinta dan keberuntungan. Selain itu, warna yang berbeda dipercaya mampu memancarkan energi tertentu. Mawar putih misalnya dijadikan lambang kesucian dan menyembuhkan. Sedangkan mawar berwarna oranye dapat membawa kedamaian dan persahabatan dan mawar berwarna ungu dapat digunakan untuk meningkatkan spiritualitas dalam hidup.

Uniknya, warga China menganggap mawar merah melambangkan kemakmuran, kekayaan dan kemewahan. Meskipun bukan merupakan bunga asli China, tak sedikit yang memilih menyatakan cinta dengan bunga-bunga ini, dengan harapan akan meningkatkan keberuntungan dalam mendapatkan pasangan.

8 dari 11 halaman

Marigold

ShutterstockShutterstock © Shutterstock

Beberapa agama menganggap marigold mampu melindungi dari roh jahat. Tapi di belahan dunia lain, jenis tanaman hias bunga yang punye kelopak berwarna keemasan ini melambangkan keberuntungan. Punya berbagai bentuk mahkota bunga yang unik, tak sulit merawat bunga marigold di taman. Pastikan saja sering mendapatkan sinar matahari dan rutin disiram untuk mendapatkan bunga-bunga yang bermekaran selama beberapa bulan.

9 dari 11 halaman

Amarilis

ShutterstockShutterstock © Shutterstock

Jenis tanaman hias bunga yang satu ini mendadak viral setelah sempat mengalami kerusakan akibat aksi pengunjung taman wisata yang nggak bertanggungjawab. Untungnya, taman itu sudah diperbaiki dan kembali dipenuhi oleh keindahan bunga amarilis yang bermekaran.

Banyak orang yang mengaitkan amarilis dengan kekuatan karena batangnya yang tinggi dan cukup kokoh. Selain itu, tanaman ini juga melambangkan kesuksesan sehingga sering diberikan sebagai hadiah saat mencapai prestasi tertentu.

Muncul dalam warna merah, pink hingga putih, cara menanam amarilis nggak begitu rumit. Masukkan umbi ke dalam wadah yang cukup tinggi lalu diisi media berkualitas tinggi. letakkan di tempat dengan paparan sinar matahari secara nggak langsung dan hanya butuh sedikit penyiraman saja.

10 dari 11 halaman

Bougenville

ShutterstockShutterstock © Shutterstock

Cocok ditanam di pekarangan rumah, jenis tanaman hias bunga ini jadi bagian daro daftar tanaman pembawa keberuntungan. Pasalnya, bunga yang juga dikenal dengan nama bunga kertas ini dipercaya membawa keharmonisan dan kasih sayang dalam keluarga. Bisa tumbuh hingga setinggi 10 meter, ada berbagai warna cantik yang bakal memikat siapa saja yang melihatnya menghiasi halaman depan rumah.

11 dari 11 halaman

Morning Glory

ShutterstockShutterstock © Shutterstock

Sama seperti bougenville, morning glory ini juga lebih cocok ditanam di pekarangan rumah karena membutuhkan paparan sinar matahari langsung. Sesuai namanya, bunga cantik ini akan menunjukkan kelopaknya yang bermekaran di pagi hari. selain dianggap membawa keberuntungan bagi pemilik rumah, morning glory ini pun dulunya juga banyak digunakan sebagai obat tradisional Tiongkok.

Bukan hanya memabwa keindahan dan aroma yangs egar, jenis tanaman hias bunga ini pun dipercaya membawa berkah di tengah pendemi. Yuk, buktikan sendiri kebenarannya!

Beri Komentar