20 Arti Mimpi Jalan sama Mantan, Pertanda Masih Sayang?

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 29 Februari 2024 08:24
20 Arti Mimpi Jalan sama Mantan, Pertanda Masih Sayang?
Kamu merasa senang, kecewa, atau justru marah ketika tiba-tiba mimpi jalan sama mantan?

Kamu mungkin merasa sedikit nggak nyaman ketika terbangun dari mimpi jalan sama mantan. Karena dia merupakan sosok dari masa lalu kamu, rasanya seperti pertanda kalau kamu masih dibayang-bayangi olehnya.

Pertanda apa sih kok tiba-tiba mimpiin dia? Apakah ternyata tanpa sadar kamu masih mikirin mantan? Atau ini suatu pertanda kalau dia kangen sama aku?

Namun, mimpi jalan sama mantan nggak sepenuhnya aneh, kok. Dari hasil penelitian Michael Schredl dan Lara C. Wood berjudul “Partners and Ex-Partners in Dreams: A Diary Study”, setidaknya orang-orang akan bermimpi tentang mantan setidaknya sekali dalam dua minggu, terutama bagi yang baru memutuskan untuk berpisah.

Nah, apakah mimpi jalan sama mantan selalu bermakna kalau kamu masih gagal move on ke mantanmu? Berikut arti mimpi jalan sama mantan yang sudah Diadona rangkum dari berbagai sumber.

1 dari 11 halaman

Mimpi Jalan sama Mantan © Diadona©shutterstock.com/stockphoto mania

Pengingat Cinta Pertama

Mimpi jalan sama mantan bisa menjadi pengingat kamu tentang cinta pertama. Biasanya cinta pertama akan mewakili perasaan yang ada dalam dirimu saat ini.

Selain itu, mimpi ini juga bisa menjadi suatu dorongan bagi kamu untuk memulai hubungan baru dan membangun perasaan yang pernah muncul pada cinta pertama kamu. Jadi, sudah waktunya kamu buat segera move on dan buka hati buat orang lain.

Masih Kangen sama Dia

Kalau kamu mimpi jalan sama mantan, bisa jadi kamu masih kangen sama dia. Sudah sejak lama sejak terakhir kali kamu bertemu dengan mantan yang dulunya pernah menjadi sosok yang paling kamu sayangi.

Selain itu, sudah lama sekali sejak terakhir kalian berdua jalan berdua menghabiskan waktu bersama. Maka dari itu, kalau kamu ingin menghubungi dia untuk sekadar menanyakan kabar, nggak masalah lho!

2 dari 11 halaman

Mimpi Jalan sama Mantan © Diadona©shutterstock.com/imtmphoto

Sulit Melupakan Masa Lalu

Nggak mudah untuk melupakan kenangan masa lalu kamu bersama mantan, entah sosoknya dan juga hal-hal yang pernah kalian lakukan bersama. Bisa jadi, alasan kenapa kamu mimpi jalan sama mantan karena kamu masih belum bisa melupakan masa lalu dengannya.

Kenangan-kenangan ketika kalian masih bersama masih terukir di hati dan pikiran kamu. Jadi, kamu masih bisa memimpikan dirinya di dalam mimpimu.

Kamu Masih Menyimpan Rasa

Mimpi jalan sama mantan bisa jadi pertanda kalau sebenarnya kamu masih memiliki perasaan sayang kepada mantanmu. Kamu juga berharap agar kamu dan mantanmu kembali menjalin hubungan dan mengulang masa-masa indah kalian di masa lalu.

Kalau kamu dan mantanmu masih sama-sama sayang dan juga belum memiliki pasangan lagi, nggak masalah untuk balikan lagi. Lagipula, istilah cinta lama bersemi kembali juga bukan hal yang asing, kok!

3 dari 11 halaman

Mimpi Jalan sama Mantan © Diadona©shutterstock.com/Odua Images

Mantanmu Masih Menyimpan Rasa

Mimpi jalan sama mantan juga bisa menandakan bahwa sebenarnya mantanmu lah yang masih menyimpan rasa padamu. Hal ini cukup wajar, terutama kalau perpisahan kalian disebabkan karena adanya kesalahpahaman.

Namun, karena sudah lama nggak bisa bertemu denganmu, ia memilih untuk memendam dibandingkan menghubungimu kembali dan jujur. Wah, mungkin bisa kamu coba untuk tanyakan langsung ke mantanmu, ya!

Punya Perasaan Bersalah

Mimpi jalan sama mantan bisa muncul kalau kamu masih punya perasaan bersalah kepada mantanmu. Apalagi, kalau ternyata kamu lah yang pertama kali memutuskan untuk mengakhiri hubungan kalian.

Bisa jadi, di dalam lubuk hati yang terdalam, kamu masih punya rasa nggak tega kepada mantanmu. Tetapi, ada situasi atau kondisi tertentu yang membuat kamu terpaksa untuk melepaskan dia. Perasaan bersalah yang muncul pun juga terbawa sampai kamu tertidur dan memunculkan mimpi seperti itu.

4 dari 11 halaman

Mimpi Jalan sama Mantan © Diadona©shutterstock.com/theshots.co

Ingin Bertemu Dengannya

Adanya mimpi jalan sama mantan bisa muncul karena kamu masih punya keinginan untuk bertemu dengannya. Mimpi ini bisa terjadi apalagi bagi kamu yang sudah lama putus dengan mantanmu.

Kemungkinan, kamu memang ingin bertemu mantanmu walau hanya sebentar saja. Jadi, nggak ada salahnya kamu ajak mantanmu untuk sesekali bertemu kembali.

Masih Mau Bicara Dengannya

Ketika kamu dan mantanmu sudah berpisah, bisa jadi ada hal yang masih belum kamu sempat sampaikan kepada mantan. Maka dari itu, kamu masih kepikiran dan akhirnya mendapat mimpi jalan sama mantan karena masih ada hal yang ingin kamu bicarakan ke dia..

Selain itu, kebiasaan kamu dan mantanmu dahulu yang sering membicarakan banyak hal ketika masih menjalin hubungan juga masih belum bisa kamu lupakan. Inilah sebabnya kamu masih memimpikan mantanmu.

5 dari 11 halaman

Mimpi Jalan sama Mantan © Diadona©shutterstock.com/west_photo

Tanda Harus Merelakan Sesuatu

Mimpi jalan sama mantan juga bisa menandakan kalau ada sesuatu yang masih membekas dalam pikiran atau hatimu. Kamu perlu untuk melepaskan dan menerima sesuatu yang dalam hidupmu. 

Merelakan disini nggak selalu berkaitan dengan hubunganmu dengan mantanmu. Bisa jadi berupa hal lain, seperti pekerjaan, pemikiran, harapan, dan sebagainya.

Merasa Nggak Sedang Bahagia

Mimpi ini juga bisa menunjukkan tanda kalau kamu sedang nggak bahagia. Masih ada hal yang ada dalam hidupmu yang membuat kamu merasa sedih atau kecewa.

Maka dari itu, kamu akhirnya mengubah perasaan nggak bahagiamu ke rasa bahagia dalam alam bawah sadarmu. Kamu mengimajinasikan seseorang dari masa lalu, yang akhirnya membuat kamu merasakan mimpi jalan sama mantan.

 

6 dari 11 halaman

Mimpi Jalan sama Mantan © Diadona©shutterstock.com/KaptureHouse

Merasa Kehilangan Sosoknya

Meskipun saat ini kamu sudah memiliki sosok pengganti mantanmu, tetapi kadang kala kamu akan merasa puas dengan apa yang sudah kamu dapatkan. Kalaupun ada hal-hal yang membuat pasanganmu saat ini lebih baik daripada mantanmu, masih ada satu dua hal dari mantanmu yang nggak dimiliki pasanganmu sekarang.

Mimpi jalan sama mantan nggak cuma berarti kamu masih merindukan mantanmu. Namun, bisa juga kamu cenderung membandingkan pasanganmu saat ini dengan mantanmu yang terbawa sampai ke mimpi.

Merasa Kesepian

Arti mimpi bertemu dengan mantan pacar juga dapat terbentuk karena kamu saat ini sedang kesepian. Mimpi ini ternyata juga bisa muncul meskipun kamu saat ini sudah memiliki sosok pengganti mantan dan mulai melupakan mantanmu.

Meski begitu, mimpi ini juga bermakna kalau kamu saat ini sedang galau berat. Nggak menutup kemungkinan bahwa meskipun saat ini kamu sudah punya pasangan baru, kamu masih tetap merasakan kesepian. 

 

7 dari 11 halaman

Mimpi Jalan sama Mantan © Diadona©shutterstock.com/mentatdgt

Rasa Benci yang Meluap

Kalau mantanmu adalah seseorang yang toxic dan membuat kesalahan fatal sampai membuat kalian berpisah, mimpi jalan sama mantan bisa menandakan adanya rasa benci yang amat besar kepada mantanmu. Apalagi kamu dan mantanmu berpisah dalam kondisi yang nggak baik-baik saja.

Karena sudah kepalang benci, ingatan-ingatan tentang hal-hal buruk mantanmu masih melekat di hati dan pikiran. Hal-hal tersebut kemudian akan terbawa ke dalam mimpimu.

Adanya Rasa Trauma

Mimpi jalan sama mantan juga bisa bermakna kalau kamu masih ada rasa takut akan disakiti oleh orang lain. Mimpi ini bisa muncul kalau mantanmu cukup toxic dan telah melakukan hal yang sangat menyakiti hatimu.

Kamu perlu mengusahakan agar kamu bisa melepaskan diri dari ingatan-ingatan tentang mantan. Kalau dibiarkan, nantinya semakin lama bakal berdampak nggak baik buat dirimu sendiri.

8 dari 11 halaman

Mimpi Jalan sama Mantan © Diadona©shutterstock.com/Teerawit Chankowet

Kurang Menikmati Hidup

Mimpi jalan sama mantan ternyata nggak selalu tandanya kamu lagi kangen sama mantanmu. Bisa jadi, kamu mengalami mimpi tersebut karena merasa nggak menikmati kehidupan akibat terlalu sibuk dalam menjalani hari.

Kemunculan mantan di mimpi kamu jadi suatu tanda tentang masa lalu kamu dan pacarmu yang menyenangkan. Hal tersebut berkebalikan sama kondisi kamu saat ini yang lagi kangen merasakan hal-hal menyenangkan yang sulit kamu lakukan karena penuh dengan kesibukan.

Kesempatan untuk Memaafkan

Mimpi seperti ini juga bisa muncul karena kamu dan mantanmu masih sama-sama belum bisa memaafkan satu sama lain atas kesalahan yang pernah dilakukan. Mimpi jalan sama mantan bisa menjadi pertanda kalau ini adalah saat yang tepat bagi kamu dan mantanmu untuk saling memaafkan.

Kamu bisa mencoba untuk memaafkan mantanmu atas kesalahan yang pernah ia lakukan. Berdamai dengan keadaan juga nantinya akan berdampak positif pada dirimu sendiri. 

 

9 dari 11 halaman

Mimpi Jalan sama Mantan © Diadona©shutterstock.com/TimeImage Production

Akan Dapat Kabar Gembira

Arti mimpi jalan dengan mantan ternyata juga bisa bermakna sesuatu yang baik akan datang padamu. Kabar ini bisa berasal dari mana saja.

Selain itu, kabar gembira ini nggak cuma berkaitan dengan hubungan kalian. Bisa jadi berhubungan dengan hubungan romansamu selanjutnya, perihal keuangan, karir, dan lain-lainnya.

Bisa Jadi Cerminan Diri

Kalau kamu mengalami mimpi jalan sama mantan, ada kemungkinan kalau sosok mantan yang ada di mimpimu merepresentasikan diri kamu sendiri, loh! Tandanya kamu perlu untuk merenungkan kembali perilaku yang pernah dilakukan bersama mantan dan ditunjukkan dalam mimpi itu.

Selain itu, kamu juga perlu untuk mencari tahu apakah kamu perlu untuk melakukan perubahan atau tidak. Maka dari itu, mimpi ini juga bisa menjadikan dorongan kamu buat jadi lebih baik dibanding sebelumnya.

10 dari 11 halaman

Arti Mimpi Mantan Pacar © Diadona©shutterstock.com/Hlib Shabashnyi

Tanda Berdamai dengan Diri Sendiri

Selain untuk memaafkan kesalahan mantan di masa lalu, makna mimpi bertemu mantan bisa menandakan kalau saat ini adalah waktu terbaik untuk memaafkan diri sendiri. Nggak cuma berdamai dengan pasangan di masa lalu, tetapi kamu juga perlu damai dengan diri sendiri dan berhenti menyalahkan diri sendiri. 

Dengan memaafkan diri sendiri serta menerima masa lalu sebagai bagian dari hidup, maka kedepannya kamu bisa merasa lega dan nggak akan terbayang-bayang kenangan masa lalu kembali.

Sebagai Bunga Tidur Saja

Mimpi juga sering disebut sebagai bunga tidur yang terdiri dari dua hal, yaitu manifes dan laten. Kalau dilihat dari sisi manifes, mimpi bisa terbentuk dari penglihatan atau aktivitas yang kalian ingat dan akan muncul ketika kamu coba mengingatnya kembali.

Sedangkan ketika dilihat dari sisi laten, mimpi hanya merupakan suatu pikiran tersembunyi dan hanya bisa disalurkan melalui sebuah emosi. Kalau kamu pernah melihat sebuah benda atau aktivitas tertentu yang mengingatkan pada mantan, bisa jadi akan memunculkan mimpi jalan sama mantan di alam bawah sadar.

11 dari 11 halaman

Arti Mimpi Mantan Pacar © Diadona©shutterstock.com/emodpk

Kalau dilihat dari makna-maknanya, mimpi jalan sama mantan memang mungkin terasa aneh, tetapi ini adalah kejadian yang wajar, kok!

Bisa jadi kamu dan mantanmu masih punya sesuatu yang belum terselesaikan, atau masih punya keinginan untuk memiliki kembali hal-hal yang cuma dimiliki mantanmu saja. Selain itu, mimpi ini juga bisa muncul dalam otak kamu karena sudah kamu hubungkan dengan pengalaman hidup kamu di masa lalu. 

Selain itu, melansir dari laman web Women's Health, seorang psikolog di Filadelfia mengatakan bahwa adanya mimpi jalan sama mantan nggak selalu berarti kamu masih gagal move on atau merasa kalau kamu lebih cocok dengan mantanmu dibandingkan pasanganmu saat ini.

Bahkan, bisa jadi mimpi tersebut malah sedang merepresentasikan dirimu, alih-alih mantanmu.

Jadi, yang mana arti mimpi jalan sama mantan yang relate banget sama kamu? Apapun maknanya, semoga kamu bisa segera berdamai dengan masa lalu dan menjalani hidup dengan lebih baik, ya!

Penulis : Aimee Mayza Aulia

Beri Komentar